Tips Membuang Obat Kadaluarsa

Obat-obatan untuk diminum atau obat luar mempunyai masa berlaku. Masa berlaku maksudnya adalah masa pakai, karena bila obat-obatan yang digunakan setelah masa berlaku akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Efek penyembuhan dari obat tersebut justru akan memberi efek negatif bagi tubuh.
Obat-obatan baik yang terbuat dari bahan kimia atau bahan alami pada intinya mempunyai masa berlaku atau masa kadaluarsa. Masa kadaluarsa itulah yang harus diperhatikan. Apabila memang sudah melewati masa kadaluarsa sangat disarankan untuk dibuang atau diamankan agar tidak dikonsumsi.
Dalam membuang obat-obatan yang sudah kadaluarsa ini tidak boleh sembarangan. Mengingat jaman sekarang oknum di luar sana banyak yang 'kreatif' memanfaatkan obat-obatan bekas itu untuk diproduksi ulang alakadarnya untuk dijual kembali. Kemudian bila tidak mendapatkan penanganan khusus, beresiko obat tersebut terkonsumsi kembali secara tidak sengaja. Oleh karena itu obat-obatan yang akan dibuang itu harus diperlakukan hati-hati.
Berikut ini saya coba  berbagi  tips bagaimana membuang obat kadaluarsa ini. Obat-obatan ini dapat berbentuk pil/ tablet, bubuk/ puyer, atau berbentu cair/ sirup.
Penanganan untuk obat kadaluarsa berbentuk pil yaitu keluarkan obat-obatan yang berbentuk pil dari kemasannya. Kemudian campurkan dengan bahan-bahan yang tidak dapat dimakan, misalnya seperti ampas kopi, ampas teh. Masukan ke dalam wadah plastik, kemudian buang di tempat sampah. Usahakan buang di tempat sampah yang terletak di luar rumah. Bila di buang di tempat sampah di dalam rumah dikhawatirkan diambil oleh anak atau hewan peliharaan. Setelah itu, kemasan dari obat tersebut sobek labelnya atau kemasannya yang memuat informasi personal anda.
Untuk penanganan obat cair, biarkan tetap berada di dalam botol. Namun sobek label yang tercantum pada kemasan botol tersebut. Setelah itu tambahkan ke dalam botol itu beberapa sendok garam, tepung, bubuk bumbu yang menyengat tajam. Maksud pemberian zat lain agar cairan obat ini menimbulkan bau menyengat sehingga tidak akan diminum oleh orang atau binatang peliharaan yang menemukannya. Lalu buanglah obat tersebut di tempat sampah.
Obat lainnya yang perlu mendapat penanganan khusus yaitu obat untuk kemoterapi. Obat jenis ini sangat berbahaya dan butuh penanganan ekstra saat dibuang. Bertanyalah dengan pihak apotik bagaimana menangani obat jenis ini.
Membuang obat kadaluarsa atau obat yang sudah tidak digunakan ini tidak semudah membuah barang-barang lainnya. Oleh karena itu penanganan khusus seperti diatas sangat diperlukan. Sekian tips membuang obat, semoga bisa bermanfaat. Cpr.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. pembahasan yang menarik


    kunjungan pertama
    salam kenal
    Revolusi Galau
    ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Just share ;p Mengurangi 'kesempatan' bagi oknum2 yang tidak bertanggung jawab yang aan memanfaatkan obat2an bekas.
      Salam kenal juga mz bro ;p

      Hapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6