Review Tes Tahap I Seleksi Masuk Karyawan BJB Februari 2012

Pagi ini kembali saya menikmati mengikuti seleksi masuk karyawan Bank Jabar Banten (BJB), Minggu, 19 Februari 2012. Berlokasi di Gelanggang Remaja Pulo Gadung, Jakarta Timur. Sebenarnya pagi ini tak hanya di sini dilakukan tes seleksi, di STIA-LAN di Pejompongan, Jakarta Pusat juga diselenggarakan tes serupa.
Sebelumnya, di bulan-bulan awal tahun 2011 saya juga pernah mengikuti tes serupa, lokasinya waktu itu di STIA-LAN di Pejompongan, Jakarta Pusat. Ketika itu pada tes tahap pertama berhasil lolos, namun saya tidak bisa mengikuti tes tahap kedua.
Suasana di lokasi tes Gelanggang Remaja Pulo Gadung, foto diambil  pukul 07.00 Wib
[Sumber : Dokumentasi cocoper6]
Seleksi karyawan BJB ini masih dibantu pihak UI Consulting, sama seperti setahun lalu. Seleksi karyawan BJB ini dilakukan di dua tempat, Bandung dan Jakarta. Berdasarkan informasi yang saya dengar dari panitia, keseluruhan peserta yang mendaftar online  kurang lebih40.000 orang, namun yang berhasil terjaring seleksi administrasi hanya 25.000 orang.
Pagi ini di tempat yang saya ikuti tes, di lokasi yang sama sepertinya akan dilakukan tiga kali tes. Soalnya di kursi lipat yang duduki ada label yang berisikan tiga nama. Itu menunjukkan bahwa di kursi itu akan digunakan tiga orang.
Suasana pagi ini dirundung hujan, sehingga jam dimulainya tes sedikit disesuaikan. Pada sesi pertama ini banyak terlihat kursi yang kosong. Tidak semua kursi terisi.
Tes seleksi tahap pertama dilakukan dua bagian. Bagian pertama mengerjakan soal kemampuan numerik dan analogi yang berlangsung kurang lebih 45 menit. Bagian kedua langsung dilanjutkan dengan tes kemampuan umum dan pengetahuan perbankan yang terdiri dari 60 soal, yang dikerjakan dalam waktu kurang lebih 45 menit.
Pada bagian pertama mengenai kemampuan numerik ya seperti tes pada umumnya. Untuk bagian yang kedua yaitu kemampuan umum dan kemampuan perbankan ada beberapa hal yang saya catat, kebetulan menarik untuk diketahui. Hal yang saya catat itu antara lain :
  • Danau laut tawar di Indonesia terletak dimana?
  • Siapa penemu mesin cetak?
  • Lembaga yang tergabung dalam "Bretton Woods"?
  • Beruang madu berasal dari daerah mana?
  • Gedung tertinggi di dunia?
  • Siapa penerima nobel ekonomi tahun 2009?
  • Universitas Tadulako berada di daerah mana?
  • Sepertiga meter sama dengan?
  • Kantor pusat OPEC berada dimana?
  • Pengarang "Siti Nurbaya"?
  • Penemu lubang hitam?
  • Ketua Komisi Yudusial?
Catatan di atas hanya sebagian yang menurut saya menarik perhatian. Untuk mencari lebih jauh mengenai jawabannya, cobalah browsing di google, dengan membaca/ mencari tahu sendiri membantu kita mengingat apa sih sebenarnya jawaban yang tepat.
Sekian share dari saya, mungkin di tahun depan akan dilakukan tes serupa, sehingga informasi ini bisa bermanfaat bagi kawan-kawan yang mau mempersiapkan tes seleksi agar lebih mapan dalam menghadapi tes tersebut. Cpr

Posting Komentar

1 Komentar

  1. wah ternyata beda2 ya per kloter..
    saya kmren tes yg kloter 3 alias jam 13.00, pertanyaan diatas ga ada tu...
    yg ada badai wasi terjadi dimana, propinsi termuda, hari antikorupsi, danau terluas di indo, produsen cpo no 1 dan 2 dunia dll

    good luck bro

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6