Jangan Panik Saat Saldo Hilang di ATM

Panik, biasanya yang terbersit saat melihat saldo kita hilang di ATM. Niatnya mau ambil uang (tarik tunai), eh ternyata uang yang kita tarik itu tidak keluar dan malah saat kita cek saldonya berkurang dari jumlah sebelumnya. Di pikiran kita langsung 'parno', takut kalau nanti kita keluar dari ATM itu uangnya akan keluar dan diambil orang lain. Tak jarang ada orang yang menunggu di depan mesin ATM itu, setiap ada orang yang mau ambil ATM diceritakan tentang nasibnya itu, berharap apabila ada uang keluar sejumlah uang yang hilang bisa segera dikembalikan.

Hal yang dilakukan tersebut sebenarnya percuma, karena uang itu sebenarnya terdebet secara otomatis, dan tak akan keluar. Itu menurut saya sejauh ini, karena saya awam.

Hal yang perlu dilakukan adalah, kembali pastikan cek saldonya, berapa rupiah uang kita yang terdebet itu. Lalu apabila waktunya masih memungkinkan (masih jam kerja) kunjungi bank yang bersangkutan dengan membawa buku rekening itu lebih baik (biar tidak disuruh bolak-balik alias antisipasi), lalu minta pertanggungjawaban bank tersebut. Laporkan keluhan yang terjadi, pihak bank pasti akan meresponnya dengan baik.

Biasanya saat di bank yang bersangkutan itu kita akan disuruh mengisi form klaim kegagalan transaksi. Kita isi form tersebut dengan lengkap, dan kemudian biasanya kita akan disuruh menunggu selama beberapa waktu untuk pengembalian uang kita langsung ke rekening, rekening kita pastinya.

Saya pernah mengalami hal ini di salah satu bank swasta Indonesia, dan juga beberapa teman yang mengalami nasib serupa. menjengkelkan memang, saat uang yang akan kita ambil termakan oleh ATM begitu saja, dan harus menunggu waktu yang relatif lama. Waktu untuk uang kembali itu berbeda-beda mungkin diantara masing-masing bank, namun waktu pengalaman saya, butuh waktu minimal seminggu, bisa lebih mungkin.

Semoga tips ini bisa membantu, sekedar sharing dan berbagi informasi. Cpr.

Posting Komentar

106 Komentar

  1. bagaimana jika uang hilang... karena kita mengisi pendafaran ebanking

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau hilang saat daftar e-banking sepertinya tidak deh, soalnya daftar itu free, kecuali kita daftar token, itu akan didebet saldo untuk pembuatan token yang biru itu, 10K kalau tidak salah. Tapi jika saldo hilang saat daftar e-banking itu rasanya tidak. Kecuali M-Banking itupun yang akan hilang pulsa per transaksi.

      Hapus
    2. saya baru saja mengalami seperti itu saldo di ATM hilang sendiri

      Hapus
    3. Berapa hilangnya? Saldo hilang kan sebabnya banyak, ada karena memang kita ambil tunai, ada yang karena mall function system perbankan, atau karena kriminalitas, atau memang karena sistem auto debet akibat pendafatran angsuran autodebet atau auto debet karena dapat klikbca atau lain halnya yang resmi.

      Nah pengalaman ini yang seperti apa ini?

      Hapus
    4. Jika penarikan gagal tp saldo berkurang bgimna mngurusnya?

      Hapus
  2. Saya baru mengalami kejadian ini hari ini kesel bgt mana malam lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menyebalkan memang, apalagi lagi butuh. Sebalnya karena tahu bahwa banyak hal yang harus dilakukan setelahnya, yaitu kontak call center, kemudian besoknya harus datangi ke bank penerbit kartu. Belum lagi kalau kejadiannya di akhir pekan dimana bank banyak tutup, enak kalau ada weekend banking, masih bisa dilayani, apalagi yang buka stan khusus di mall besar.

      Mau tidak mau ya hanya bisa bersabar dan lakukan langkah pencegahan agar account bank kita tetap aman.

      Hapus
  3. Bagaimana kalau memang uang yg setelah dikirim malah hilang setengah atau lebih, dan hal itu terjadi tiba2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentunya ya lapor ke bank terkait lah itu, kan ada pertanyaan yang tidak bisa kita jawab, jadi perlu ditanyakan ke pihak yang bisa menjawab. Masalahnya kegagalan sistem bisa saja terjadi. Selama kronologisnya kita paham dan dugaannya normal atau tidak kan kita sementara bisa kira2 sambil menanti jawaban pasti dari pihak bank.

      Kalau habis ngirim uang via rekening kita, lalu uang kita berkurang setengah atau lebih kan wajar, tergantung kita trf nya setengah atau lebih. Kalau habis trf pasti uang kita berkurang, karena uangnya pindah ke rekening lain, yang jadi masalah, uang berkurang tapi tidak masuk ke rekening penerima, nah nyasar kemanakah uang tersebut. Jawabnya, tanya bank. Selama proses dan prosedur sudah dijalankan dengan baik, bank pasti bisa kasi solusi #seharusnya hehehe

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Kemarin saya transaksi,,pertama saya lihat saldo 5ratus ribu sekian,,saya ambil maaf saldo kurang saya luhat lgi saldo jadi 3ratus ribu sekian saya ambil gk bisa lagi trus sya lihat saldo tinggal 100ribu sekian,,eh pagi"saya lihat tnggal 1,192 perak,itu gimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya harus segera lapor ke bank penerbit kartu, catat kapan jam transaksi, dimana lokasi transaksinya, dan ceritakan kronologisnya. Ada yang tidak beres itu. Masa iya ATM nya "bocor", kan aneh.

      Hapus
  6. Sya kmerin abis teranper setlah cek saldo uang hilang 1juta udh lapor nuggu tiga hari di cek ke atm ada 500 trs 500 lagi gimna itu bang?? Apa dikirimnya dua kali atau bgy mnaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw uang disaldonya berapa sebelumnya, transfernya berapa.
      - Kalau saldo 1jt, trf 1jt, ya habis pasti 1 jt.
      - Kalau saldo 2jt, trf 1jt, harusnya sisa 1jt, kalau sisanya nol, berarti ini gak beres.
      - Apakah yg dtrf menerima dana yang ditransfer itu?

      Kalau lihat dari itu berarti itu dananya dikembalikan parsial. Yang penting sih duit kita kembali dalam tempo yg gk lama stlh lapor, kalau gk dibalikin berarti kecurian dong itu.

      Banyak jg ya mslh ky bgni, sy kira bakal aman2 sj, trnyt rawan juga ya transaksi perbankan.

      Hapus
  7. Saya kemarin tepatnya hari Jumat tgl.26 Oktober 2018 saya melakukan penarikan uang tunai 2 juta 500 rupiah di ATM BNI Gegerkalong Girang Bandung jam 5 subuh, terus liat saldo sisa 12 juta lebih, sedangkan tabungan awal saya dibank yg berbeda di BSB Bank Syariah Bukopin 31 juta lebih, jadi uang saya yg hilang sejumlah 15 jutaan rupiah, ini bagaimana solusinya apa yg saya harus lakukan, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung ke Bank penerbit kartu ceritakan kronologisnya

      Hapus
  8. Saya semalam sktar jam 22.00 wib .
    Dibank BNI pasar dkt kca puri, awal nya saldo nya 6 juta 500 rbu ,
    Pas saya mau transfer uang tinggal 5 juta 250 ,
    Jadi ketarik sekitar 1 juta 250 rbu ,
    Jadi apa kah uang saya itu kesedot oleh mesin atm ,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segera pagi ini ke bank nya, karena hanya bank yang bisa penjelasan pasti soal hal ini.
      Mudah-mudahan tidak ada hubungan dengan tindakan kriminalitas.

      Hapus
  9. Sya juga kena nasib sial seperti itu...baRu saja ketahuan..4hari yg lalu saya setor tunai 900ribu..awal saldo 56rb..jadi terjumlah 956rb saldo saya..saat itu juga sy belanja online ke toko pedia sejumlah 600rb..berarti uang sy sisa 356rb..setelah 4hari kemudian saya belanja lagi..pas mau setor tunai.coba2 saya cek dulu saldo ternyata saldo saya tggal 56rb lg..padahal sy tidak transaksi apa2..mohon pencerahanya pak..dan apa yg harus sy lakukan agar uang tersebut kembali lg..terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Print buku tabungan, di sana kan seharusnya tercetak transaksi yang baru saja dilakukan. Kalau ada klikbca, bisa dilihat dimutasi rekening, nah ketauan kemana saja transaksi dilakukan.

      Kalau ada hitung-hitungan matematika yang gak masuk diakal, langsung hubungi BCA terdekat, minta penjelasa, duitnya menguap kemana. Masalah anda solusinya tetap harus ke bank nya.

      Hapus
  10. Maaf sy jg begitu sewaktu cek saldo ada uang nya dan kerts print keluar. Tp langsung sy penarikan saldo tp tdk keluar uang tp mlh saldo hilang.bagaimana itu ya.... Sy ke kantor bank kt nya nunggu 20hr krja. Tp apakah uang itu bakalan beneran kembali atau tidak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembali jika masalahnya ada di perbankan, masalah sistem bisa saja terjadi

      Hapus
  11. Kesel bgt baru x ini ngambil uang ,uang nya g kaluar..
    D cek saldo ,saldo nya gha ada ketarik..
    Sumpah panik bgt.. :(
    Hari ini saya ke bank btn..
    Kata ny sekarang mah gha usah ribet" nunggu 3hari nnti uang kembali..
    Bener gha siii ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah dipastikan ke bank penerbit kartu ya kemungkinannya benar, masa bank resmi berbohong. Toh kesalahannya pada sistem perbankan mereka.

      Hapus
  12. Saya Ada tungakan pinjaman tapi saya Ada gaji mask tapi pas saya cek saldo saya tidak brtmbh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah dipastikan itu tagihan pinjaman itu tertagih dengan sistem autodebet atau tdk?

      Apakah gajinya sudah bener2 masuk apa tdk, pastikan bisa dari data transaksi mutasi rekening.

      Soalnya kan ada gajian, satu kantor, ada yang sudah dtrf dluan, ada yang menyusul. Saya pernah alami itu dan ya begitu itu, seharian tgl gajian itu, gaji karyawan dtrf parsial 3 gelombang, siang, sore dan malam. Jd yang sudah dtrf siang bilangny ya sudah gajian, tp yg masuk gelombang sore, pasti mau dicek kaya apa pun ya belum gajian, waktunya ya nanti sore. Begitupun dg yg malam.

      Jd pastikan itu. Memastikannya ya td lihat mutasi rekening. Kalau BCA kan simpel bisa via ibanking, klikbca.

      Hapus
  13. Kemaren sekitar jam 10
    Masalah saya sama seperti kronologi yg mas ketik
    Nah saya ngambil uang di indomaret
    Di indomaret itu kan bni atau bri ya mas sedangkan punya saya bca
    Itu saya ngurusnya nnt jam 9 tgl 14 februari 2019 bisa nggk mas
    Apa uangnya bakalan masih tersedia atau hilang?
    Dan apakah saya ngurusnya harus di dua cabang di bank bca dan bni/bri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengikuti kartu atm nya, kalau lokasi pengambilan yang diinformasikan ke pihak BCA. Soal itu atm mana, lebih ke soal administrasi perbankan, kecuali misalnya tertelan ATM nya. Kan sudah ada jaringan ATM bersama, mau ambil dimana saja bisa. Urusan saldo hilang tetap ke BCA yang menerbitkan kartu.

      Hapus
  14. Maksudnya tgl 15 februari 2019 ngurusnya mas
    Jeda 24 jam

    BalasHapus
  15. Saya yang lebih aneh. Uang d atm hilang 600 ribu. Setelah laporan di cek hasil data penarikan .
    Ternyata ada yg naris dari atm saya. Sedangkan kartu atm ada di saya dan gak ada yang tau pin selain saya.
    Kan aneh .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu coba dilacak lebih lanjutz takutnya ada tindakan kriminal di sana.

      Dipastikan dulu dengan seksama, kalau memang tidak jelas, segera laporkan ke bank penerbit dan kepolisian, siapa tw murni kriminal

      Hapus
  16. Barusan saya mau ambil uang d atm tiba2 saldonya berkurang , padahal saya tidak melakukan transaksi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Transaksi autodebet bagaimana?

      Kemudian transaksi ibanking atau mbanking bagaimana?

      Kalau tidak melakukan itu semua, segera hubungi bank nya segera.

      Hapus
  17. kecewa dengan pelayanan perbankan
    tadi uang di saldo ATM say atidak bisa di tarik atau di transfer
    eh setelah di cek lagi saldo sudah terkuras
    bri saya ini anak kos
    hanya untuk uang makan kok di potong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya secanggihnya dunia internet banking, permasalahan seperti ini pasti jadi kendala tersendiri. Belum lagi kejahatan internet banking.
      Nah untuk kasus mall function dari sistem perbankan, bisa diselesaikan koq, hubungi bank penerbit kartu atm nya. Selama kesalahan sistem mereka pasti akan diselesaikan baik, hanya saja memang ya jadi bikin ribet kita.

      Hapus
  18. Ka ini juga terjadi malam tadi saya pake ATM BRI tapi saya transaksi di mesin ATM BNI pertama saya cek saldo masih 2.77.000 saya transfer 100 trus saya transfer lagi 200 trus tiba2 sudah berhasil saldo saya langsung tinggal 56. Lalu kemana 2.400000 nya ka ? Apa yg harus aku lakukan tolong sarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. BRI kayanya lagi trouble terus ya ...
      Satelit yang diluncurin beberapa waktu lalu gak berrarti banyak meminimalisir mall function begini x ya ...

      Segera hubungi BRI terdekat, untuk dikembalikan saldonya itu ,,

      Hapus
    2. Kak saya dpt transferan 5 jt, pdhl sya ga ambil 2,5 jt 2 x tp di rekening mutai kok 2,5 jt ke debet..pdhl sy ga ada angsuran apa2 duhh uang sya kemama, mana besook minggu mau diurus bagaiman

      Hapus
  19. Hari ini saya merasakan hal yang serupa. Td siang jam 13.00 lebih, saya tf dr bank O**C ke B** sejumlah 1.885.000
    Niatnya ambil uang di kartu B** sejumlah 1.8jt. Taunya uangnya ga keluar. Saya pikir saldo di mesin ATM tsb kurg. Jadi saya ketik dg jml yg lebih kecil sebesar 1jt. Tapi masih tidak keluar. Dan sy berpositif thinking. Saya coba lg dg nominal yang lebih kecil 500rb. Tapi disana tertera 'maaf saldo anda tidak cukup' why? Panik bgt kan. Oke saya cb di mesin ATM yang lain tapi masih satu bank. Saya cek saldonya tinggal 442.000. Lgsg auto blank ini kepala. Mau marah+nangis+panik bukan main. Lgsg tlp call center bank tsb. (Namanya tlp cees ya agak lama, dan perlu benar2 rinci apa yg kita alami sebelum dan sesudah uangnya raib tsb) dan hasilnya disuruh tunggu 1x24 jam. Smga masih rejeki saya dan kembali yg 1.4jt tsb. Minta doanya ya teman-teman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tw rasanya itu shock pas tw ky gtu, apalagi pas qt btuh. Entahlah, sistem perbankan qt sdg taraf menuju canggih namun ya ad kendala2 teknis sprti itu.

      Yg prtama emg hrs waspada y trhdp kjhtn perbankan berbasis IT, ya syukur2 sih bkn krn kriminal, jd murni sistem. Jd dana psti akan kembali. Yg dlakukan sdh tpat ya menghubungi CS resmi, hati2 terkecoh CS iblis / fake CS.

      Kalau msh gk yakin, bsk datangi bank penerbit kartu, jelaskan kronologi di sana, pastikan juga dimana case ny terjadi.

      Hal lain sih, klo mw menunggu, saat kejadian sprti itu jgn panik. Y antisipasi si, dugaan awal itu kriminal dl, liat situasi, y sp tw ad pnjhat mengintai. Pas kejadian, mundur sejenak, cri informasi by Google smbil amati situasi, sp tw ad org lain mengalami hal serupa. Tp tu pun harus hati2, sp tw ad pelaku kejahatan pura2 jd korban. Itu bs jg jd modus.

      Tunggu 1-3 org yg menggunakan atm trsbt ad yg brmslh apa gk, klo g da y mybe apes2 ja qt terkena mallfunction system.

      Semoga dana nya bs kembali lagi . Amin

      Hapus
  20. Knp ya ka uang di atm saya tiba2 jadi 0,00 tadinya masih ada 3,5 jt, kemungkinan uang saya bisa kembali ga ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama mall funtion sistem perbankan sih masih bisa deh, kalau kriminal yang sulit deh kayanya.
      Ke bank penerbit kartu saja, memastikannya

      Hapus
  21. Sya ada transaksi beli online. Biasa ny pihak bank ada pemberitahuan sms stiap sya melakukan transaksi tf /tarik tunai,,,

    Yg aneh nya lagi.
    Stelah transaksi itu.
    Sya tdk da trima informasi transaksi tsb. Dan yg aneh ny saya da melalukan transaksi sebanyak >10x dan total kerugian sya skitar 6jt. (Da sms msk sebanyak 10x /)smntara sya tdk da melakukan hal tsb...

    gt gmn mas solusi nya.!??
    😢😢😢😢

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah ada pihak lain yang melakukan hal tersebut tanpa sepengetahuan Anda?
      Apakah account ada digunakan oleh orang lain?
      Telepon saja bank penerbit kartu untuk memastikan transaksi yang diluar kendali Anda tersebut.

      Hapus
  22. Uang saya hilang 1jt di ATM BNI tiba2.
    Bagaimana caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah kontak ke BNI? Harus dikoordinasikan sama bank terkait.

      Hapus
  23. Ini waktu hari kamis sore saya kan narik uang dua juta 500 trus beberapa menit kemudian saya mau narik lagi dengan nominal yg sama tapi atm saya langsung keluar dan uang gak keluar kitir nya jg gak keluar lama saya nunggu gak keluar uang jg,nah bsok nya lagi di jam yg sama saya coba narik uang di atm yg sama disitu kelihatan kalo saldo saya hilang dua juta 500 nah saya harus nunggu sampai hari senin mau lapor ke pihak bank,apa kemungkinan uang saya akan kembali mohon pencerahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti kembali koq kalau masalahnya hanya sistem yg eror, kalau kejahatan kriminal ya agak susah.

      Tp yg pntg hubungi bank terkait

      Hapus
  24. Saya pakek rekening bri tapi kejadianya di atm bersama bni saya udah coba hubungi call center tapi disuruh langsung datang ke bank tapi saya hrus nunggu samapi hari senin karena sekarang masih hari libur apa gak knp ngelapornya udah lewat 3 hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok sama ya kejadian nya, di atm bersama bri

      Hapus
    2. Gpp kan mentok hari off dan bkn qt yg memperlama, bs dproses koq itu. Jgn kawatir, selama sistem yg eror.

      Hapus
  25. Balasan
    1. Amin bisa kembali, asl jgn uang hilang korban penipuan aja, ssh baliknya, apalagi korban rampokan, pencurian, dll. Sulit kembali, apalagi yg ngarep balikan sama mantan #lupain aja hahahaha

      Hapus
  26. Uang saya juga baru hilang semalam saya mau tarik tunai mlh uang saya belom keluar dh kepotong itu aja gk sesuai 2500

    BalasHapus
  27. baru baru ini tgl 11 april 2019 jam 14:55,saya pergi ke alfamidi, pas sya mau ambil di mesin atm mandiri kok tiba2 saldo hanya 13 rb, sedangkan sehari sebelumnya masih ada 825 ribu, kok bisa hilang begitu.. tolong minta pencerahannya. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adakah transaksi autodebet dari Bank Mandiri?
      Harusnya langsung cek mutasi, krn di sana akan terlihat karena transaksi apa. Jika gk da transaksi uang raib, berarti LAPOR!!!

      Hapus
  28. Saya baru saja mengalami hal yg sama dgn mengambil uang dan uang itu tdk d keluarkan lalu saldo sya trpotong ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah laporkan? Siapkan bukti2 terkait itu dan laporkan ke bank penerbit.

      Hapus
  29. Saya jg ngambil uang di atm bank bjb tgl 1 april, uang tidak keluar tapi saldo terpotong.Sudah laporan pengaduan ke CS nya.Suruh nunggu 1-14 hari kerja, tp sampai sekarang belum masuk lagi saldonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perhatikan batas waktu, jika masih belum segera laporkan kembali.
      Emang menyebalkan si, apalagi disaat butuh banget, menunggu 14hari bukan sebentar, 1hari sj jika butuh berasa waktu yg lama.

      Hapus
  30. alhamdulilaah udh masuk barusan, di hari ke 14

    BalasHapus
  31. Iya ini juga disuruh nunggu 14 hari ini baru 7 hri berarti harus nunggu 7 hari lgi kok lama banget ya prosesnya ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Entahlah, kenapa 14H jadi waktu ideal mnrt bank menyelesaikan mslh mall function transaction, mybe bank hrs menelusuri yg eror dimana dan memastikan itu bukan kriminal. Ada banyak jenjang yg hrs memastikan case trsbtt adlah kesalahn sistem mrk sndiri.
      Mungkin begitu ..

      Ya brhrp ada org perbankan ikt komen, biar bs mencerahkan

      Hapus
    2. Klo pake sms banking apakah ada sms nya ketika uang kembali

      Hapus
    3. Kembali ke notifikasi selama ini, jika ada uang masuk apakah ada notifikasi? Kalau ada, kan sistem perbankan juga trf, seharusnya kalau biasanya ada notif ini juga ternotif sih.

      Sy sendiri tidak pakai sms banking, jadi kurang begitu paham

      Hapus
  32. Saya ambil uang di ATM BNI yang bisa ambil dan transfer, pengambilan pertama sukses tapi pengambilan kedua tidak keluar uang, tertulis di atm " maaf saat ini tidak melayani pengambilan tunai" . Saya cek lagi berkali kali ternyata sama jawabannya, tapi saldo saya terpotong, apakah emang uang kita tidak keluar karena mesin ATM eror atau uangu habis? Mungkinkah uang kita kembali ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uang akan kembali kalau lapor ke bank terkait ..
      Bisa saja keduanya krn uang habis atau eror.

      Hapus
  33. Apakah mungkin uang kita tersangkut dan kemudian ada orang yang menggunakan ATM tersebut setelah kita, uangnya keluar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya tidak deh kalau tersangkut, mesin ATM rasanya sudah baik mekanis nya, kalau eror by sistem yang sering terjadi.

      Hapus
  34. Apakah cctv di ATM bisa melihat semua transaksi orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. CCTV ATM paling hanya bisa melihat gerak-gerik orang, tidak dengan aktivitas dipanel ATM nya deh, karena kan itu termasuk melayalahi aturan privasi. Kalau gerak gerik selama di bilik ATM pasti terpantau, kan demi keamanan dan sebagai monitoring.

      Hapus
  35. Ka kalo aku baru bikin 3 hari yg lalu, trus blm aku pake apa" tbtb ilang
    Saldo awalnya 290rb
    Skrg Jd 265rb
    Kenapa ya ka?? Mohon bantuan jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya admin kali, atau itu biasa ada endapan yang harus mengendap. BCA saya itu 50 atau 100rb endapannya. Tiap bank bisa berbeda-beda sepertinya.

      Selama situ tidak pakai untuk transaksi seharusnya duit tetap, kalau beda nominal paling soal endapan saldo yang harus mengendap, atau ada debit saat bikin token x

      Hapus
  36. Apakah ada sms banking ketika uang kita di kembalikan oleh bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembali ke notifikasi selama ini, jika ada uang masuk apakah ada notifikasi? Kalau ada, kan sistem perbankan juga trf, seharusnya kalau biasanya ada notif ini juga ternotif sih.

      Sy sendiri tidak pakai sms banking, jadi kurang begitu paham

      Hapus
    2. Soalnya udah 2minggu masih blum ada notifikasi nya

      Hapus
  37. Ada kejadian konyol, tapi serius butuh jawaban secepatnya. -,-

    Transfer dari atm trus ke rekening itu sendiri. Pas cek saldo udah berkurang, trus tiba-tiba DEG. Itu kan nomor rekening atm itu sendiri.

    SALDO BERKURANG :( Itu saldonya terkirim kmna??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm, mungkin perlu waktu, dia mencari rekeningnya sendiri yang dia transfer ..
      Saya malah baru ngerti bisa ya, trf ke rekening sendiri dari rekening sendiri (dalam arti rekening yang digunakan hanya 1). Kalau di klikbca itu tidak bisa deh kayanya.

      Hapus
  38. Batas lapor ke bank terkait berapa hari ya ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah kejadian ya langsung lapor, kalau itu rasa penting, jika mau diiklaskan ya ditunda-tunda juga gpp sih. Kalau penting, sesaat itu bisa telepon call center atau besoknya datang ke bank, jika terkait hari libur, ya pas hari kerja buka langsung laporkan, jangan ditunda-tunda.

      Hapus
  39. Ka.. Saya mau nanya, saya kan tdi siang nabung tuh ya di bank btn, sore nya mau saya ambil di atm mandiri.. Penarikan pertama ga bisa terus penarikan kedua tiba-tiba saldo tidak mencukupi sedangkan uangnya baru saya tabung, kira kira itu kenapa ya ka??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saldonya kepotong by sistem x itu, cb cek saldo kalau kosong berarti itu saldo kepotong sistem, ada kesalahan itu. Cb lapor ke bank asal, yaitu BTN, nanti saldonya akan dikembalikan. Banyak tuh yang mengalami kaya kamu di komen2 di atas. Hubungi saja bank terkait.

      Hapus
  40. Ka aku mau nanya, jadi kemarin tanggal 20 mei, aku tuh mau bawa uang lewat teller senilai 1jt, tapi pas aku di teller kata teller nya saldo aku ada 500rb, yaudah aku iyain aja. Diambil aja 500rb. Nah sampe rumah aku baru nyadar, ternyata di tgl 13 mei ada penarikan uang, kan aneh, sedangkan aku bawa uang nya baru kemarin. Terus juga kan harus pake kartu pelajar sama ktp asli nya, dan pas liat print out di buku tabungan nya baru di print tadi yg penarikan tgl 13. Kan harusnya kalo ada penarikan di tgl 13, seharusnya sudah terprint saat penarikan tgl 13. Itu kira kira kenapa ya ka? Dan apakah 500rb yg gatau kemana bisa kembali lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Transaksinya biasa pakai apa? Kartu atm atau tarik tunai via teller?
      Kalau case nya begitu sih, bukan soal ingat2, kalau merasa saldo nya jumlahnya tidak segitu, dan punya bukti setor atau lainnya, bisa dijelaskan ke CS bank terkait.

      Tgl 13 itu yang transaksi siapa?
      Kalau tidak ada yang transaksi uang hilang ya itu patut ditanyakan, yang jelas setiap transaksi pasti tercatat. Kalau tidak tercatat bisa komplain itu ke pihak bank. Jangan lama2 komplainnya, biar bisa lekas ditanggapi, alias tidka #basi

      Hapus
    2. Saldo saya hilang bos bagai mana cara mengetahuwi nya awal saldo saya ada 1450000 saya ambil 20000 trenper 250000 saya tr lagi 600000 pas saya mau ambil sald

      Hapus
    3. Pas mau ambil lagi saldo tinggal 580.000 ya bnr, duit ny ilang lah.
      Tapi ilang ny jelas kmn, yg melakukan transaksi kn anda sendiri atau diketahui.

      Hapus
  41. Kak saya mau bertanya apakah kasus kehilangan uang di bank tahun 2017 bisa dibuka tahun ini karna ada yang aneh ditabungan saya pada transaksi 2017 lebih tepatnya uang saya hilang mohon penjelasannya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahwah, lama sekali, rasanya sulit ya.
      Lalu itu dpt info transaksi aneh tahun 2017 dari mana? Bukannya tarikan mutasi rekening itu dibatasi ya.

      Rasanya sih sulit untuk ngetrack sudah berlalu tahunan begitu.
      Jika jumlahnya tak lazim mungkin bisa, tapi jika hanya berapa % dari tabungan rasanya sulit untuk ditindaklanjuti kecuali case berjamaah. Alias korbannya banyak.

      Hapus
  42. Saya mau tanyaa dong,tadi saya abis ganti kartu,ko saldo saya tiba" berkurang yh?yang harusnya nya ada 6 juta ini malah ada 5 juta 5 ratus doang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm, masa biaya ganti kartunya mahal sekali ...
      Cek saja mutasi tabungannya, transaksi terjadi kapan? Kan bisa terlihat. Segera hubungi CS bank terkait

      Hapus
  43. saya hanya cek saldo ,tapi sehabis itu selang beberapa hari entah mengapa saldo saya berkurang tepat pada tanggal saya mengecek saldo ...padahal saya tidak menarik uang atm tepat pada tanggal saya cek saldo saya ,...mohon pencerahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Patut diwaspadai dimana di ATM dimana ambil uang ada tindakan kriminal. Tapi untuk memastikan ya kontak bank yang bersangkutan.
      Cek mutasi yang terjadi saat itu. Transaksi yang terjadi itu trf atau tarik tunai. Yang pasti sih hubungi bank penerbit kartu anda. Selalu hubungi pihak yang berkompeten ya ;)

      Hapus
  44. Kak.. Baru tadi sore saya cek saldo tab saya dan syokk bgt pas liat hilang 15 juta langsung buru2 menuju ke bank bri karna atm sama bank sebelaham tapi karna sudah melewati jam kerja sudah jam 5 sore jadi saya hanya di printkan bukti transaksi fan kaget bgt ternyata ada penarikan tunai di tanggal 21 november jam 10 malam dan 22 novrmber jam 4 subuh
    Ini bagimana ya kak apakah uang saya bisa kembali? Karna hari ini hari jumat saya hanya bisa tlv cs saja tadi sore

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu coba segera urus ke bank, itu sepertinya ada transaksi tidak beres, transaksi via atm bisa sj dibobol.
      Jika menggunakan buku tabungan, pastikan rek atas nama mu sndiri, jika an org lain, wajar sj, toh yg bs ambil tunai y si pemilik rekening meski atm nya dibawa.

      Segera dicari tahu, siapa tahu ini kriminal.

      Hapus
  45. Kak sy sempat setor tunai atm bri sukses 950ribu, lalu esoknya sy cek kok tiba² saldonya tinggal 400ribuan. Itu knp yaa ? Jd kepikiran trs, tiba² hilang gitu.. mau nabung lg jd agak takut :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa ada yang tarik tunai, coba saja dipastikan dimutasi transaksinya, kalau ada transaksi yang mencurigakan ya lapor segera.

      Hapus
  46. Uang sya di ATM hilang setelah cek transaksi bukti transferan dri orang setelah itu disuruh cek transaksi lagi tiba tiba saldo tdak cukup sya bingung kemn uang ku soal nya si tranfer pake aplikasi ovo saya tanya ke yg tranfer malah suruh donwload aplikasi ovo tatanya uang sya bsa kembali yg di ATM tp sampai skg sya sdah donwload aplikasi sdah daftar tpi msh dlm proses sampai beberapa hari bah kan sampai skg itu gmn ya apa sya kena tipu

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6