ASUS EeePC 1015 B Seashell Series (White)


Processor AMD C-50, Processor 1,00 GHz
10”
RAM DDR3 1,00 GB (749MB usable)
HDD 320 GB
Webcamera
Wifi
6-cell batteery
DOS
Rp 2.400.000,00
ASUS EeePC 1015B Seashell Series

Desain netbook Asus ini terinspirasi dari bentuk kerang. Posisinya agak menurun/ tidak datar seperti netbook Asus lainnya. Warna yang ditawarkan pada Seashell ini juga hanya warna putih. Hanya list pada frame monitor netbook bewarna hitam. Tombol on/off berada di sudut kanan atas sisi keyboard, meski begitu di sudut atas paling kiri juga terdapat tombol berlogo ‘petir dan lingkaran’, yang kalau ditekan saat netbook dalam keadaan mati fungsinya sama seperti tombol on/off. Saya sendiri masih bingung itu tombol untuk apa. Di sebelah kanan persis dari tombol petir tadi ada tombol untuk koneksi wifi. Masih pada panel keyboard, pada sisi keyboard bagian bawah, kanan bawah tepatnya, terdapat empat lampu indikator, dimulai dari paling kiri itu lampu indikator untuk power, kemudian indikator baterai, indikator kinerja prosesor dan yang terakhir indikator wifi.

Untuk slot-slot yang tersedia di sisi kiri dan kanan seashell yaitu, untuk slot USB tersedia tiga buah lubang, di sisi kiri satu dan di sisi kanan 2 slot berjejer. Slot yang tersedia di sisi kiri, kita mulai dari paling atas yaitu lubang power untuk charger, kemudian slot untuk projector, di sebelahnya ada slot USB (seperti yang sudah disinggu tadi), kemudian slot HDMI, dan yang terakhir itu lubang nafas/ angin. Dan untuk sisi yang kanan, slot yang tersedia antara lain, kita mulai dari atas, yaitu disediakan slot untuk LAN cable, kemudian lubang yang disediakan untuk lock (gembok netbook), kemudian secara berurutan dua slot USB, kemudian lubang untuk mic., dan sebelahnya lagi lubang untuk speaker (headphone), dan yang terakhir disediakan pula slot untuk card reader, tapi sepertinya yang untuk MMC, yang ukurannya lebih besar, kalau untuk micro sd sepertinya tidak bisa deh.

Performa Seashell menurut saya pribadi biasa saja, tidak ada yang spesial. Netbook ini dilego 4 April 2011, sampai sekarang ini tidak ada kendala berarti, dan untuk baterai sendiri masih cukup baik. Dalam keadaan full (100%) tertera waktu ... Bila digunakan untuk sekedar browsing dan menjalankan perangkat office baterai habis ± 4,5 jam, namun bila dipakai bersama perangkat pemutar audio lebih cepat baterai habis. Oh iya, ada yang lupa, seperti netbook pada umumnya, Seashell juga dibekali webcame, kualitas cameranya cukup baik, jernih, yang jelas 1,3MP yang dibekali masih lebih baik dibandingkan kualitas kamera serupa pada ponsel Cina.

Pada sisi bawah panel keyboard Seashell tertempel stiker tertera tulisan ‘7,5 hours battery life’, seashell ini dibekali Super Hybrid Engine. Ada pula tertera AMD Bazos APU Fusion of Power and Visual, Excellent Graphics Performance with DirectX 11, kemudian HDMI-Enjoy Full HD 1080p Movie playback, dan yang terakhir Ergonomic Chiclet Keyboard. Kalau dilihat dari tulisan labelnya, mungkin ini fitur-fitur yang diusung Seashell ini. 

Seashell ini hanya mau menerima OS Windows 7, waktu awal saya coba pasang Windows XP SP2, netbook ini menolak, sampai akhirnya dicoba juga dengan SP1 dan SP3 masih tetap menolak, akhirnya Windows 7 yang dijejali baru mau. Kata ‘ciko’ (cici dan koko penjual), ini netbook kan pakai AMD, jadi hanya mau sama W7, kalau pakai Intel mungkin masih mau, begitu katanya. Secara keseluruhan Seashell ini oke, harganya pun pas dan fiturnya pun tidak kalah, relatif. Dan yang paling membuat yakin dengan Asus adalah dari panas, netbook ini tidak mengeluarkan panas berlebih ketika dipakai berjam-jam, berbeda dengan netbook lain dari beda merk yang pernah saya rasakan.cpr

Posting Komentar

0 Komentar