Ikan Belanak


Ikan belanak, ikan ini mempunyai nama latin Valamugil Sehel, Liza Melinoptera.  Merupakan jenis ikan laut tropis dan subtropis yang bentuknya hampir menyerupai bandeng. Ikan belanak merupakan jenis ikan pelagis (benthopelagic) yang bersifat katadromus, dapat hidup di perairan tawar seperti sungai, estuari dan laut dengan kedalaman sampai 120 meter. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai blue-spot mullet atau blue-tail mullet.  Ikan ini hidup di perairan tropis dan subtropis. Terkadang ditemukan juga di perairan payau, bahkan di air tawar. Di kawasan Pasifik ikan ini ditemukan di Fiji, Samoa, New Caledonia dan Australia. Sedangkan di Asia, banyak ditemukan di Indonesia, India, Filipina, Malaysia dan Srilangka.
Bentuk ikan belanak secara umum memanjang agak langsing dan gepeng. Sirip punggung terdiri dari satu jari-jari keras dan delapan jari-jari lemah. Sirip dubur berwarna putih kotor terdiri dari satu jari-jari keras dan sembilan jari-jari lemah. Bibir bagian atas lebih tebal daripada bagian bawahnya ini berguna untuk mencari makan di dasar/ organisme yang terbenam dalam lumpur. Ciri lain dari ikan belanak yaitu mempunyai gigi yang amat kecil, tetapi kadang-kadang pada beberapa spesies tidak ditemukan sama sekali.
Di perairan Cirebon, tepat sekitar pelabuhan Cirebon (berdasarkan pengalaman trip), banyak sekali ikan belanak, mereka sering bergerombol 5-8 ikan, dengan ukuran bervariatif. Terkadang ikan ini bermanuver,  sehingga membuat gemas, karena sulit sekali memancing ikan ini. Saya coba dengan udang mati, udang hidup, pelet dll, tak kunjung strike, ikan ini tetap berlenggang bebas berenang. Yang sering saya lihat di sekitar, untuk menangkap ikan ini biasanya menggunakan jaring insang, nelayan Cirebon selalu menggunakan jaring untuk menangkap ikan ini.
Karena rasa penasaran saya, saya mencoba mencari informasi bagaimana memancing ikan ini, umpan apa yang cocok digunakan untuk menarik perhatian ikan ini. Menurut pemancing sekitaran Merak/ Suralaya, belanak bisa dipancing dengan metode garong (seperti metode memancing ikan baronang), dengan menggunakan umpan roti manis.  Namun ada juga pemancing yang menggunakan irisan udang kecil pada mata kail kecil.  Bisa juga menggunakan umpan teri medan yang masih basah (bukan ikan asinnya), atau untuk ukuran besar pakai ikan makarel diiris 2 dan waktu memancing pada saat bulan purnama saat pasang pagi. Gunakan maka kail yang berwarna hitam.  Ada lagi metode yang digunakan pemancing sekitaran Cilacap, tepatnya di sekitar jembatan Serayu yang berada di perbatasan Desa Penggalang, Kecamatan Adipala dan Desa Slarang, Kecamatan Kesugihan. Di sana umumnya pemancing menggunakan joran tegek, dengan umpan satu kilogram terigu dicampur margarin. Umumnya pemancing memancing pada musim kemarau sekitar, bulan Juli hingga awal Oktober. (Namun berhubung musim tidak jelas, dipekirakan saja sendiri)

Sumber :
Wikipedia-Belanak diakses tanggal 7 Februari 2011
fishyforum.com-Cara mancing ikan belanak, 28 Mei 2008 diakses 7 Februari 2011

Posting Komentar

16 Komentar

  1. kemarin aku mancing dapet belanak wah enak bnget buta dibakar
    salam prahara.skynet@yahoo.co.id

    BalasHapus
  2. Wah, kalau saya sendiri strike belanak baru sekali. Memang gampang-gampang susah. Btw, mancing belanak dimana? Boleh share nie? Berbagi juga dong tips bagaimana bisa strike belanak. Memang belanak ikan yang enak. Dulu sy tak suka ikan, sejak gemar mancing, ikan jd santapan lezat, apalagi di bakar. ;p Mantab!

    BalasHapus
  3. nice info gan .. terima kasih atas infonya :)

    BalasHapus
  4. klo saya jaring selalu dapat tuh ikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau dijaring mungkin lebbih mudah untuk mendapatkan ikan satu ini, karena kan sukanya memang berenang sedikit ke permukaan air. Jadi kalau dijaring atau diserok kemungkinan terjaringnya kemungkinan dapat besar.

      Hapus
  5. bagi para pemancing belanak kawasan purwokerto,kapan2 mancing barg yuuu di penggalang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Purwokerto, Penggalang itu daerah mana ya? Sy pernah tinggal di sana, sepertinya tidak pernah dengar nama daerah itu. Lalu bukannya belanak itu hidup di air payau atau asin? Lalu lokasi yang memungkinkan ya cuma Cilacap kalau mau mancing ikan ini. Infonya dong.

      Hapus
  6. resep untuk mancing ikan belanak apa sih.
    pengen tau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sy belum tau pasti resep yang manjur apa, soalnya saya juga belum berhasil untuk itu. Di postingan itu kan ada umpan2 nya apa. Itu pun hasil sy brosing, coba sj masuk ke link yang tersedia di bawah postingan.

      Thx sudah mampir ;)

      Hapus
  7. thank gan infonya, soalnya daerah saya dekat pantai + banyak ikan belanaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah sekali mancing belanak kok ..tepung,margarin,Masako,garam,gula...jdi deh

      Hapus
  8. Itumah gambar ikan bandeng....
    saya terbanyak mancing belanak 42 ekor

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6