Tahun 2023, Resolusi Total, Ber-usaha!

Menjelang akhir 2022 yang lalu saya mendapatkan pemicu yang (+), disamping juga ada pemicu yang (-). Menjelang pergantian tahun lalu itu saya mendapatkan motivasi untuk Ber-usaha.

Belakangan tuntutan pekerjaan terkesan gak masuk akal, lingkungan bekerja saat ini berisi pimpinan² yang gak realistis, seakan-akan menginginkan semua hal ada digenggaman tangan dan terkesan memaksakan kehendak gak tahu kondisi. Bahasa kerennya adalah gak sadar diri!

Dari situ jadi penyemangat saya untuk mencoba hal antimainstream yang tidak pernah saya lakukan sebelumnya. Tahun 2023 ini akan jadi start saya untuk memulai sesuatu yang baru, dan jadi langkah saya ke depan.


Catatan ini mungkin jadi catatan awal untuk catatan selanjutnya, jadi penghubung catatan saya selanjutnya diblog ini.

1. Planning ber-usaha dimulai dipersiapkan awal Januari 2023.
2. Mencari lahan untuk ber-usaha.
3. Mencari hunian yang lebih luas.

Sementara saya akan buat capaian yang realistis untuk dicapai, sehingga tahun ini jadi awal yang lebih baik. Terlambat?

Kalau melihat kebelakang memang hitungannya terlambat. Tapi kalau kata orang enterpreuner atau motivator, "tidak ada kata terlambat untuk memulai". Memang benar, yang berbahaya adalah tidak memulai sama sekali.

Poin (1) ini sudah mulai saya lakukan. Tapi saya gak akan bahas dalam postingan ini, saya akan bahas dipostingan terpisah. Tautan linknya akan saya bagikan di bawah ini.

Baca juga: <post belum rilis>

Poin (3) ini akhirnya bisa terealisasi. Per hari Rabu, 4 Januari 2023 ini saya beruntung mendapatkan hunian baru, walaupun statusnya masih sewa, tapi saya bisa dapatkan hunian berstatus 'rumah' dengan harga setara kos-kosan.

Berawal dari DM chat bestie yang menginformasikan soal rumah kontrakan. Hari itu pula saya coba menghubungi dan janjian disore hari untuk melihat rumahnya. Sore itu pula langsung sreg dan eksekusi.

Jadi begini, itu adalah rumah kontrakan, dimana si empunya kontrakan (si penyewa) ini akan pindah hunian di Surabaya. Kontrakan ini baru dia perpanjang Oktober 2022 yang lalu. Sehingga rugi jika harus dia tinggalkan begitu saja, sedangkan dia sendiri nyaman tinggal di sana. 

Akhirnya hunian ini resmi dioperalihkan ke tangan saya. Harga hunian ini setahun sebesar Rp 5.000.000,-. Untuk oper alih ini saya hanya bayar Rp 2.800.000,- dan hari itu langsung dieksekusi.

Hari itu pula saya langsung ketemu dengan pemilik kontrakan, jadi oper alih sewa ini resmi diketahui si pemilik kontrakan dan saya langsung menambah melanjutkan kontrakan itu untuk periode Oktober 2023 - Oktober 2024, dengan biaya sewa Rp 5.000.000,-.

Oh ya, apa saja sih yang ada disediakan dari hunian sewa ini:
# tersedia halaman teras dan carport mobil, halaman juga sudah berpagar besi dan berkanopi.
# tersedia ruang tamu.
# tersedia dua ruang kamar tidur.
# tersedia juga ruang tengah (bisa digunakan sebagai ruang makan).
# tersedia ruang dapur.
# kamar mandi dengan kloset jongkok.
# tersedia halaman belakang.
# air menggunakan pompa, tersedia toren penampung air.
# listrik 1300 Watt.
# akses jalanan masih tanah, tapi mobil bisa masuk, parkir mobil jika ada tamu keluarga atau handaitaulan bermobil pun memungkinkan.

Seperti apa kira² situasi kondisi rumah 🏡 baru yang akan dihuni saya awal tahun 2023 sampai tahun² kedepan bisa dilihat divideo singkat yang dikirimkan si penyewa sebelumnya, ketika saya mau survei hunian ini.





Kepindahan ini tentunya akan mengeluarkan biaya yang gak sedikit, karena tentunya saya harus membeli perabotan seperti kasur sebagai alas tidur.

Beberapa hal yang mungkin dibutuhkan, antara lain:
- kasur.
- karpet.
- cat antibocor.
- cat interior dinding.
- lampu ruangan yang terang.

Sementara itu lah kira² catatan pertama dalam proses resolusi tahun 2023 ini. Semua akan coba saya catat diblog saya ini. Tahun ini kesempatan saya untuk berubah. Why?

Sepertinya Sang Pemilik hidup mendengar apa yang saya pikirkan dan mencoba membantu membukakan jalan, dengan niat yang ingin saya coba upayakan ini.

Dimulai dengan realisasi poin (3) dan dimudahkan untuk pencarian kebutuhan awal pada poin (1). Khusus poin (2) mungkin akan diproses nanti karena dengan poin (2) dirasa cukup untuk saat ini. Intinya tiap bulan harus ada progres hasil dari setiap rencana.

Baiklah saya cukupkan dulu catatan saya ini, akan berlanjut pada postingan² berikutnya ya. Karena tahun 2023 ini akan jadi babak baru cerita saya bagaimana memulai untuk ber-usaha, meredam dendam yang akan terus saya ingat, karena itu pula jadi salah satu pemicu saya ber-usaha. Apa yang buruk itu akan terus saya ingat, catatan itu semua ada di Catatan Pribadi, dan masih akan terus berlanjut catatannya. -cpr-

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Btw, ternyata rumah ini sudah pernah diposting di Google, dan dimasukan ditag location. Mungkin diposting oleh penyewa kontrakan sebelumnya.

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6