Tahua, Pasar Pandaan

Setiap pagi saya melintas Jalan Urip Sumoharjo, Pandaan, menjelang pasar Pandaan itu ada di kanan jalan penjual makanan dengan gerobak motor, di sana tertulis Tahua. Pada awalnya ya saya anggap biasa saja, sampai ada rekan sekantor sering beli. 

Akhirnya saya coba mampir dan membelinya. Ternyata, Tahua ini adalah kuliner seperti kembang tahu yang ada di Jawa Barat, yang biasa dijual keliling dengan 'dondangan' yang dipanggul. 

Tapi ada hal yang membedakan adalah cara penyajiannya. Kalau kembang tahu, yang saya tahu itu hanya mencampur kembang tahu dan air jahe panas, dengan additional kacang, untuk pewanginya ada dari daun pandan. 

Sedangkan tahua ini pun sama, menggunakan kembang tahu juga, jahe yang digunakan tidak sepakat jahe kembang tahu Jawa Barat, kuah jahenya seperti ada campurannya. Yang membedakan lagi adalah soal kacangnya itu di sini sudah direbus dan empuk, lalu ada campuran seperti aci gitu dengan toping beberapa remahan kacang atau apa saya kurang tahu juga.

Kuliner ini pas dinikmati pas cuaca sedang hujan, dingin, karena jahenya bisa jadi penghangat. Sebenarnya nikmat lagi disantap ketika kuah jahenya masih panas.

Segitu saja deh sharing saya tentang kuliner yang orang sini menyebutnya Tahua. Mungkin ada makanan sejenis seperti ini di daerah lain? Share di kolom komentar ya. -cpr-

Posting Komentar

0 Komentar