Trial Widget Sneeit, Top Commentator Blogging

Memang, blogwalking itu kegiatan menyenangkan, selain bisa interaksi dengan blogger di pelosok internet, nambah informasi, nambah ide, hingga nambah pengetahuan. Kebetulan, beberapa hari lalu, saya ada posting tentang topik 'komentar'. Kali ini, saya dapat widget menarik yang cocok dengan topik itu.

Jadi, ketika mampir ke blognya Abd Kadir Rusdi, dengan blognya Jalan dan Makan, saya dapat sesuatu di sana. Ada sebuah widget yang bisa menghitung top list pengunjung blog dengan komentar terbanyak.

Tentunya ini menarik, buat saya tentunya sangat menarik. Saya jadi bisa tahu, langganan yang sering masuk list kolom komentar di blog saya. Selain saya punya list Buku Tamu Blogger yang selalu update.

Satu hal lain yang ingin saya hitung adalah, dari list Buku Tamu Blogger, mana sih yang paling sering saya kunjungi? Adakah widget yang mampu meng-count traffic itu? Hmm, rasanya, tidak ada. Biar tak dikatakan pesimis, lebih baik saya gunakan kata 'belum ada'.

Kita lanjut ke bahasan tadi. Widget yang saya maksud itu bernama Sneeit. Seperti apa tampilannya, bisa dilihat dicapture di bawah ini.



Untuk menampilkan widget yang saya mau di blog saya, saya harus coba-coba sendiri. Pilih ini, itu, yang penting hasil akhirnya adalah seperti yang saya lihat di blognya Jalan dan Makan.

Setelah tiba di laman web Sneeit, langsung saja cari menu Widget. Di sana kita akan menemukan beberapa menu yang disesuaikan dengan beberapa platform blog, ada Wordpress, Blogger, Scripts dan Webmaster. Saya adalah pengguna blog dari Google, maka saya pilih Blogger, lalu pilihlah Widget.

Di sana munculah 10+ Blogger Widgets from Sneeit. Di sana terdapat banyak pilihan widget yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan kita. Coba saja satu-satu. Namun, berhubung topik yang saya bahas ini jadi saya memilih Top Commentators Widgets for Blogger with Avatars.


Di bagian atas dijelaskan mengenai maksud tujuannya apa. Nah di bagian bawah itu adalah caranya. Jadi isikan ukuran pixel lebar dan panjang ke bawah yang akan ditampilkan, kemudian berapa akun yang akan dirangking. Kebetulan, status Blogger saya sedang aktif ketika saya mengisi Sneeit, saat kita tekan Add Widget, maka akan langsung terhubung ke akun Blogger kita. Lalu langsung ke Tata Letak di dasbor Blogger kita.


Tinggal atur saja tata letaknya sesuai keinginan. Mau ditaruh dimana, ya sesuai selera saja, dikembalikan ke ide masing masing.

Lalu tampilan hasilnya seperti apa, bisa lihat di menu di sisi blog saya. Klik dulu bagian 'strip' 3 batang, nanti muncul itu menu-menu, carilah saja top list commentators, di sana munculkan listnya.

Hanya detail itu saja sih yang bisa saya informasikan. Sisanya ya silakan mencoba sendiri-sendiri ya. Karena saya tidak begitu fasih membaca dan mengartikan bahasa Inggris.


Baiklah, sekian dulu catatan dari saya. Semoga bisa menambah wawasan dan informasi, guna memperindah blognya masing-masing. Cu next time di informasi lainnya. -cpr-

Posting Komentar

2 Komentar

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6