Hari Libur, Harinya Pancasila!

Menyenangkan habis hari Minggu itu Seninnya libur. Berhubung hidup selalu seimbang, ada enak pasti ada tidak enak. Efek libur itu adalah potongan saat gaji bulan esok. Maklum, potongan kehadiran karena HK berkurang.

Terkadang, plus minus sih. Kalau libur tidak ada kerjaan itu mending masuk rasanya, daripada kehilangan potongan gaji dari uang harian. Lumayan lho, ya karena kan komponen tidak tetapnya besar, jadi sehari gak masuk itu berasa 'ruginya'.

Ya sudahlah, nikmati saja dan syukuri saja yang ada. Jangan melulu ngikuti keinginan 'daging', toh ya sekalian istirahat dan me time di kos.

Btw, di awal Juni ini libur apa sih? 1 Juni setiap tahunnya Indonesia selalu memerahkan tanggal di kalendernya. Peringatan apa sih?

Ilustrasi

Indonesia memperingati lahirnya Pancasila pada tanggal 1 Juni. Pancasila merupakan ideologi dasar bangsa Indonesia, guna mengakomodir berbagai ideologi yang dianut warga bangsa. Pancasila juga dianggap sebagai ideologi pemersatu.

Latar belakang Indonesia terbangun oleh berbagai keragaman yang luar biasa, baik dari agama, suku, ras, golongan, adat istiadat, bahasa, budaya dan banyak hal lain. Jika tidak dipersatukan dalam satu idiologi bangsa, maka akan mudah terpecah.

Kondisi saat ini saja, masih ada yang berusaha memaksakan kehendak menghilangkan Pancasila, dengan alih-alih ideologi keagamaan. Pendahulu bangsa kita untungnya sudah sadar akan 'batu sandungan' ini, sehingga konsensi Pancasila jadi solusi pemersatu, guna melunturkan ego.

Sejarah mencatat, peran Ir. Soekarno dalam lahirnya Pancasila ini. Dimana, konsep Pancasila ini lahir dalam rumusan pidato Ir. Soekarno saat sidang Dokuritsu Jonbi Cosakai (BPUPKI) pada tanggal 1 Juni 1945. Pidato ini sendiri disampaikan secara aklamasi yang akhirnya dipakai menjadi rumusan awal gagasan Pancasila.

Indonesia baru memberikan peringatan khusus hari libur nasional sejak 2017, sebagai hari lahirnya Pancasila.

Ya bersyukurlah, ada peringatan khusus. Semoga saja hari ini tidak sekedar hari libur biasa. Ada hal setidaknya yang bisa dilakukan setiap tahun pada peringatan ini, supaya dasar ideologi pemersatu ini ada dalam pola pikir warga negara Indonesia. Setidaknya jadi benteng ego, yang ingin memaksakan kehendaknya sendiri, ya seperti pola pikir kaum ekstrimis dan ormas-ormas keagamaan.

Selamat hari jadi Pancasila! Saya Indonesia, saya pro Pancasila! -cpr-

Posting Komentar

0 Komentar