KHT: Di Pesawat Tersedia Asbak, Tapi Dilarang Merokok

Kamu Harus Tahu (baca: KHT). Ini jadi catatan pertama saya untuk menginformasikan sesuatu, tentang alasan dan kenapa sesuatu itu terjadi atau dilakukan. Terkadang, tidak banyak yang tahu kenapa, bahkan ya termasuk saya. Untuk itu saya rasa perlu buat catatan seperti ini.

Jadi begini, pernahkah melihat asbak di dalam pesawat? Hmm, lebih tepatnya ada di toilet pesawat. Di sana terdapat asbak. Kita tahu, di pesawat kita tidak diperkenankan merokok, aturannya jelas "dilarang merokok". Nah lalu, buat apa ditempatkan asbak di sana? Bukankah sebuah ambigu?

Ternyata, penempatan asbak di dalam pesawat itu ada sebabnya, dan ada latar belakang ceritanya. Soal aturan yang melarang merokok itu adalah suatu kepastian, yups memang mayoritas maskapai penerbangan menerapkan aturan ini dan wajib dipatuhi semua pihak, penumpang, awak kabin, petugas bandara dan pihak lainnya yang terlibat dalam aktivitas penerbangan.

Jadi clear ya, ada asbak di sana bukan berarti dilegalkan merokok ya. Aturan tetaplah sesuai seperti yang tertulis.

Alasan penyediaan asbak di pesawat adalah hasil rekomendasi atas peristiwa kebakaran pesawat yang terjadi pada British Airways, tahun 2009 ketika penerbangan menuju Mexico City. Ketika itu ada penumpang yang nekad merokok, namun tidak ada asbak di toilet, akhirnya rokok dimatikan dengan cara yang salah dan hal ini menyebabkan kebakaran.

Itulah sebabnya, disediakanlah asbak di dalam toilet pesawat, jaga-jaga kalau ada penumpang nekad melanggar aturan dilarang merokok di dalam pesawat. Kemudian, ada aturan yang mengharuskan setiap pesawat harus memiliki asbak untuk dinyatakan layak terbang.

Baca juga beberapa fakta unik yang KHT mengenai pesawat, ada 39 catatan di sana, soal asbak ini ada pada poin ke-23, silakan klik tautannya di sini.

Terkadang kita sering menanyakan sesuatu atas apa yang kita lihat, namun terkadang belum tentu mendapatkan jawaban yang meyakinkan. Catatan ini setidaknya membantu saya memperoleh jawaban tersebut. -cpr-

Posting Komentar

0 Komentar