Steven Seagal

Siapa yang tak kenal Steven Seagel, dia salah satu aktor film laga Amerika Serikat. Teknik bela dirinya yang unik dan mematikan memang berbeda dengan aktor laga lain seperti Vandame atau Stalone yang lebih banyak jatuh bangun.

Kebanyakan film laga yang dibintanginya pun tidak menampilkan perkelahian frontal, babak belur rusak sana-sini. Perkelahian pada film-film Seagel lebih terarah. Mungkin ini yang disebut perkelahian dengan teknik, berbeda dengan perkelahian gaya bebas. Tapi kan balik lagi, semua itu hanya film laga yang semuanya sudah diatur sesuai skenario tentunya.


Kembali ke sosok Steven Seagel. Pada awalnya dia termasuk salah dua aktor laga yang tidak begitu saya suka, selain Vandame. Karena cenderung filmnya bikin bete, karena terlalu banyak jalan cerita daripada actionnya. Wajar, karena film dari Seagel umumnya pandai membagi durasi action ditiap scene. Kalau film Vandame, kurang begitu suka karena kebanyakan film-film jadul, jadi kaya gimana gitu kalau nonton, berasa orang kuno.

Vandame sendiri sepertinya tidak begitu akrab dengan Seagal, Vandame dikabarkan tidak bersedia jika harus bermain satu layar dengan Seagal. Saya tidak tahu apa alasan pastinya, namun begitulah yang saya baca disalah satu media online (lihat di sini).

Namun belakangan, saya jadi sering menonton film-film yang dibintangi Steven Seagel ditelevisi. Dari sanalah saya mulai mengenal karakter dari film-filmnya, sehingga saya pun dibuat mengenal dan memahami karakter Steven Seagel, dalam memerankan setiap tokoh ditiap film.

Kemudian, hal yang saya amati adalah teknik bertarungnya yang mirip teknik wing chun Bruce Lee atau Ip-Man.  Saya sempat membaca, bahwa uncle Seagel memang pernah berguru untuk mempelajari wing chun, sehingga teknik beladirinya agak mirip teknik wing chun, meski dikombinasikan dengan teknik aikido. Memang Steven Seagel dikehidupan nyata adalah instruktur aikido. Uncle Seagle juga adalah pemegang sabuk hitam dan ke-7.

Uncle Seagal punya nama panjang Steven Frederic Seagel. Berkebangsaan awal Amerika Serikat. Uncle Seagal lahir di Lansing, Michigan, USA, 10 April 1951. Uncle Seagal lahir dari pasangan Samuel Seagal dan  Patricia. Uncle Seagal tidak hanya seorang aktor, tapi juga sutradara, penulis cerita dan produser film. Tambahan lain dia juga instruktur bela diri aikido di Jepang. Uncle Seagal punya beberapa panggilan seperti Chungdrag Dorje dan Takeshigemichi.

Uncle Seagal sepertinya cukup dekat dengan budaya asia. Itu kenapa teknik beladirinya berbeda dengan aktor laga lain, dimana teknik beladiri yang lebih dikenal di asia. Uncle Seagal mulai mengenal bela diri sejak usianya 13 tahun, setelah diajari oleh juru masak, ketika Seagal kecil bekerja di sebuah restoran.

Bela diri pertama yang diajarkan adalah karate, yang pada akhirnya Uncle Seagal geluti dengan belajar bermacam teknik bela diri lain. Pada tahun 1964, Uncle Seagal pernah beguru pada Harry Kiyoshi Ishisaka, pendiri Orange County Aikido School. Harry dikenal sebagai orang yang mempopulerkan aikido di California dan menjadi praktisi aikido yang penting di Amerika. Dari situ, Uncle Seagal merantau ke Jepang, untuk belajar bela diri lain di Jepang.

Uncle Seagal sempat menikah beberapa kali, diantaranya Miyako Fujitani (1975-1986), Adrienne La Russa (1984-1987), Kelly LeBrock (1987-1996). Dari beberapa pernikahannya itu, Uncle Seagal punya beberapa orang anak yaitu Kentaro Seagal, Ayako Fujitani, Annaliza, Arissa, Dominic, Savannah, Kunzang.

Banyak sekali film-film Uncle Seagal ini, sampai tidak ada habisnya diputar di televisi. Saya sendiri suka bingung sendiri kalau nonton filmnya, ini jadi apa, besok jadi apa, yang pasti uncle ini selalu jadi aktor protagonis. Lama-kelamaan saya sering menontonnya, akhirnya saya mulai menyukai film-filmnya.

Namun ada beberapa hal yang membuat saya heran, kenapa Uncle Seagal selalu muncul sendirian, dia nampaknya dikenal sebagai sosok yang "sendirian". Berbeda dengan aktor laga lain seperti Stalone, Arnold, Chuck Noris dll. Mereka lebih nampak akrab, bahkan aktor laga kawakan ini bisa bermain dalam satu layar. Ternyata hal ini ada sebabnya, karena memang Uncle Seagal berbeda karakter dengan aktor laga umumnya. Uncle Seagal juga diceritakan tidak punya hubungan baik dengan Stalone.

Beberapa film yang dibintanginya bisa dilihat di sini. Cukup banyak, sulit mengingatnya satu per satu, dan rata-rata film lawas semua, terbaru adalah Code of Honor (2016). Ya setidaknya itu yang saya ketahui dari membaca.

Pada Agustus 2018 lalu, Steven Seagal didapuk sebagai utusan khusus untuk hubungan kemanusiaan Rusia untuk Amerika Serikat. Kabar ini diinformasikan oleh Kementerian Luar Negeri Rusia. Seagal bertugas menfasilitasi hubungan antara Rusia dan Amerika Serikat  dalam bidang kemanusiaan, kerjasama budaya, seni, pertukaran publik dan pemuda. Tahun 2016 yang lalu, Seagal diberikan kewarganegaraan Rusia.

Akankah kita lihat filmnya yang terbaru ke depannya, di tengah kesibukannya sebagai pejabat sekarang? Kita lihat saja nanti. Sekian dulu catatan saya yang saya awali di awal tahun 2018 lalu, namun baru bisa diselesaikan setelah nyaris setahun. -cpr-


Sumber informasi:
Wow Keren. Profil Steven Seagal | diakses 23 Februari 2018
Tirto. Legenda dan Mitos Steven Seagal | diakes 6 Februari 2018
Wikipedia. Steven Seagal | diakses 6 Januari 2019









Posting Komentar

4 Komentar

  1. Balasan
    1. Yups, tak hanya aktor, cocok juga jadi duta besar. Aktor yang melakukan aktingnya di dunia nyata, hanya saja di dunia nyata tidak ada action laga kaya di film2.

      Hapus
  2. Di dunia nyata lebih pada action yang manfaatnya untuk lebih banyak orang ya, Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu baru namanya action ya, action yang sesungguhnya. Adakah artis peran yg jd pejabat sukses memainkan perannya sebagai pejabat di dunia nyata?

      Hapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6