Evaluasi Naturality Selama 2018

Tahun 2018 baru saja terlewati, kini menatap tahun yang baru, dengan tantangan dan tujuan yang baru pula. Ada pula yang masih menyelesaikan tujuan sebelumnya ada juga yang tujuan baru.

Kebetulan pas baru awal tahun, saya mau melihat ke belakang, selama tahun 2018 apa yang sudah dijalani blog pribadi saya, Naturality. Sebuah rumah online saya yang saya buat sejak 2009. Mungkin baru 2018 ini ada progres yang lebih baik dari sisi PV (baca: page view) dan visitor.


Bisa dikatakan ini sih evaluasi, bisa juga melihat kecenderungan grafik PV dan visitor blog ini seperti apa. Memang sejak 2018 pertengahan tahun, saya mulai aktif untuk kelola blog ini lebih intens. Waktu saya lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya.

Tepatnya sekitar bulan Mei 2018, ada anomali yang terjadi terhadap blog saya. Setelah sebelumnya selama beberapa waktu, saya kurang paham juga sejak kapan, blog saya disisipi oleh iklan, link iklan yang saya ketahui ternyata dari template yang saya gunakan.

Selama 2018 saya sempat berganti beberapa template memang, mungkin dari situ ada template atau gadget yang linknya disisipi iklan dari developernya. Akhirnya saya bisa lepas dari link gelap itu dan sejak setelah itu, saya menggunakan template standar bawaan blogger, dan berimbas pada meningkatnya traffic kunjungan terhadap blog saya.

Menjelang akhir Mei 2018, tanda-tanda peningkatan dari visitor dan PV itu meningkat drastis. Setelah empat bulan sebelumnya sejak awal tahun 2018, max visitor hanya 106 paling tinggi di April 2018, sisanya dibawah itu, PV pun tidak pernah mencapai 500. Saya pernah mencatatkan keanehan itu pada catatan sebelumnya.



Ada satu judul postingan saat itu jadi trend topic, yaitu Sani Dewa Pelindung Saturnus, Sang Dewa Penghukum. Itu jadi sumbangsih meningkatnya traffic. Karena pada bulan Mei - Juni - Juli 2018, serial itu masih tayang di televisi.


Tapi saya pikir setelah itu trafficnya akan menurun. Saya coba amati dan memang benar, di Agustus 2018 itu sempat drop 50% dari traffic bulan sebelumnya. Saya pikir bakal drop terus. Tapi demi menjaga itu, usaha tetap saya lakukan, rajin post dan melakukan blogwalking. Memang ada kontribusi dari usaha yang saya lakukan itu, selain menambah relasi pertemanan didunia blogging.

Bulan September 2018 itu agak stabil naik lah pelan, bulan berikutnya juga naik ya trendnya positif hingga kemarin akhir tahun 2019 ditutup dengan tren positif, ditutup diangka 12.067 untuk visitor per month, diawali 195 visitor per month di Januari 2018.

Ya buat saya sih bagus lah, itung-itung sekedar blog pribadi, bukan profesional. Ada keseruan tersendiri sih mainan grafik dan angka begini. Untuk visitor tertinggi memang dibulan Juli 2018 sebanyak 15.416 dan PV 18.243 pengaruh serial Sani. Sebenarnya sih angka yang penting jadi patokan itu bounce, sayangnya saya belum bisa membuat angka itu berada dikisaran stabil 60%. Pernah sih diangka 54,3% tapi dengan kondisi traffic yang rendah.

Ditahun 2019 ini saya akan coba eksperimen lagi dengan rumah online saya ini. Eksperimennya ini dalam rangka memantabkan hati, suatu saat nanti saya coba menggunakan domain berbayar. Untuk sementara ini, saya masih nyaman dengan blogspot yang memberikan spacenya untuk saya mengolah kebahagiaan.

Sepertinya segitu saja deh evaluasi grafik blog saya yang seperti gado-gado ini, ini memang blog utama saya. Usaha yang sama akan saya terapkan diblog saya yang lain. 

Menyenangkan sih mengelola beberapa 'rumah', karena rumah ini akan lebih abadi, bisa menyimpan banyak hal yang mungkin sempat terlupakan dari mesin pengingat alami yang bernama otak. Sampai jumpa dievaluasi tahun depan. Tentunya semoga masih diberi kesempatan. Bye. -cpr-

Posting Komentar

0 Komentar