Rest in Peace Opa Stan Lee, Legenda Marvel

Bulan November tidak salah dipilih sebagai bulan arwah, meski tidak seperti yang saya pikirkan, bulan-bulan lain sebenarnya punya peluang sama, karena Tuhan tidak pernah mematok pada bulan kapan jadwal pemanggilan arwah secara khusus. Hanya saja, dibulan ini saya menyadari cukup banyak juga yang "terpanggil" oleh Nya.

Kabar duka kini datang dari luar negeri, dari kreator superhero Marvel yang selama ini karyanya yang diadaptasi ke layar lebar selalu kita nantikan kedatangannya di layar bioskop. Kabar duka datang dari kreator yang menciptakan Spiderman, Thor, Hulk, Iron Man, Doktor Strange, Fantastic Four, X-Man.

Siapa sih yang tidak kenal beliau? Bagi penggemar komik, kartun dan film Marvel pasti tahu. Apalagi kalau nonton film lansiran Marvel, Stan Lee kerap muncul sebagai cameo, entah jadi apa saja, yang pasti ada saja plot beliau muncul difilm-film Marvel.


Tanggal 12 November lalu, jadi hari terakhir beliau di dunia, beliau meninggal diusia 95 tahun di Los Angeles, Amerika Serikat.

Ucapan duka datang dari bintang-bintang Hollywood dan juga dari penggemar, bahkan dari semua superhero yang pernah diciptakannya dan superhero lainnya, hingga superhero DC ikut berkabung.

Sebelum sepeninggal Stan Lee, ketika umurnya masih 93 tahun, ada statement Stan Lee ketika ditanya bagaimana Marvel jika dia meninggal nanti.
"Tidak ada yang akan terjadi"
"Semua yang saya lakukan adalah pergi ke panel seperti ini, dan konvensi. Saya tidak membuat buku lagi. Mereka memiliki banyak orang jenius yang membuat buku hebat, dan film-film hebat."
"Saya akui, kita mungkin kehilangan dengan adegan cameo saya."


Stan Lee punya nama lengkap Stanley Martin Lieber. Lee lahir di New York, 28 Desember 1922. Lee dikenal sebagai komikus penulis, editor, penerbit, produser dan aktor.

Stan Lee lahir dari orang tua yang mana sebagai imigran Yahudi kelahiran Rumania, ibunya bernama Celia dan ayahnya bernama Jack Lieber. Beliau punya adik kandung bernama Larry Lieber. Lahir dikeluarga biasa saja, bahkan kalau dibilang ya apa adanya, tinggal di apartemen yang bisa dibilang kecil, bahkan hanya satu kamar dibagi mereka berempat. Ayahnya hanya bekerja sebagai tukang pemotong pakaian.

Usai tamat SMA, Stan Lee sempat bergabung di WPA Federal Theatre Project. Berkat bantuan pamannya Lee bekerja sebagai asisten di Timely Comics yang berada dalam naungan Penerbit Martin Goodman's.

Sebelum dikenal sebagai komikus, Stan Lee pernah terjun kedunia militer tahun 1942. Stan Lee bergabung dalam anggota korps penghubung. Tak hanya itu, Lee juga bertugas sebagai juru tulis tentara Amerika Serikat selama selama perang dunia ke-2.

Tidak hanya itu, pernah juga Lee bekerja paruh waktu sebagai penulis berita kematian (obituari) untuk kabar para selebriti, namun pekerjaan ini tidak membuatnya nyaman dan akhirnya Lee memutuskan berhenti.

Stan Lee menikah ditahun 1947 dengan Joan Clayton Boocock yang merupakan seorang model. Dari pernikahan tersebut dikaruniai dua anak, meski anak keduanya harus meninggal beberapa hari setelah dilahirkan. Anak pertamanya lahir tahun 1950 bernama Joan Celia J. C. Lee dan anak keduanya yang meninggal bernama Jan Lee lahir tahun 1953. Seperti diketahui bersma, istri Lee sudah meninggal lebih dulu ditahun 2017 diusia 93 tahun.


Stan Lee ternyata merupakan pria romantis, diketahui Lee hanya menikah sekali, karena alasan bahwa wanita yang dicintainya adalah gambaran imajinasinya yang nyata, sosok Mary Jane dalam komik Spiderman adalah gambaran sosok istrinya Joan Clayton Boocock.


Stan Lee pertama kali membuat komik tahun 1941, karakter komik pertamanya adalah Captain America. Pengalamannya di dunia militer mempengaruhi sedikit karya-karyanya, terbukti karya pertamanya ini merupakan karakter seorang soldier.

Jika melihat biodatanya di Wikipedia, tertulis Stan Lee pernah terlibat pada penulisan di komik keluaran DC Comics. Kita tahu bahwa DC Comics merupakan saingan Marvel. DC Comis sudah lebih dikenal sebelum Marvel. Tahun 1950 Lee pernah bergabung dengan DC Comics, di sana dia terlibat dalam penulisan karakter Batman.

Tahun 1960, Stan Lee mendirikan Marvel Comics bersama partnernya. Beliau bekerja sama dengan kreator lain seperti Jack Kirby dan Steve Ditko, melahirkan karakter-karakter seperti Spiderman, Hulk, Doctor Strange, Fantastic Four, Iron Man, Daredevil, Thor hingga Xman.


Stan Lee bisa dikatakan sebagai legendanya Marvel. Karena jika ditanya soal Marvel selain karakter heroesnya, yang kita kenal adalah Stan Lee.

Kini beliau benar-benar sudah menjadi legenda, meski beliau sudah tidak ada, karyanya akan selalu hidup. Stan Lee menghembuskan nafas terakhir hari ini, tanggal 12 November 2018, di Rumah Sakit Cedars-Sinai, Los Angeles, Amerika Serikat. Diduga penyebab kematiannya adalah karena gangguan pernafasan atau pneumonia. Sebelumnya juga dikabarkan Stan Lee juga punya masalah dengan penglihatan.

Selamat jalan Opa Stan Lee, karya mu akan terus ada dinikmati berbagai generasi, sekarang dan akan datang. Saya sih berharap, karya orisinil dari apa yang sudah dibuat sampai saat ini akan tetap seperti ini. Karena jujur saya pribadi lebih suka Marvel yang ada dulu dan sekarang. Mengingat ada informasi akan ada penyegaran pada karya-karya Marvel dimasa yang akan datang. Istirahatlah dengan tenang, Marvel = Stan Lee, itu sih yang akan selalu saya ingat, tanpa melupakan partner lainnya seperti Jack Kirby, Steve Ditko dan Bill Everett. -cpr-

Posting Komentar

0 Komentar