Apa yang Dicari Ketika Blog Walking?

Sebagai seorang blogger aktivitas blogwalking tidak bisa dihindari. Seorang blogger harus bersosial dialamnya. Meskipun kesannya semua dilakukan sendiri, tapi hidup di alam maya kita juga punya dunia sosial, yaitu bersosialisasi dengan blogger lain.

Dari yang berplatform blogspot, wordpress, dll. Belum lagi soal perbedaan visi dan misinya. Keanekaragaman itu menjadi khasanah tersendiri dalam kehidupan sosial di dunia maya, yaitu di dunia per-bloggeran. Dunia yang saya bahas di sini yang tulis-menulis ya, soalnya kalau dunia video blogging saya tidak menggelutinya.

Ilustrasi | Source: prepona.info


Aktivitas blog walking bagi saya merupakan aktivitas sosial para blogger. Sama seperti kita di dunia nyata, bertetangga adalah umum, berinteraksi dengan tetangga, teman atau saudara. Di dunia blogger juga sama saja. Berkunjung ke satu blog ke blog lain, bertegur sapa atau sekedar berekreasi memahami apa yang dituliskan, dikisahkan dalam setiap post yang ada diblog yang kita kunjungi.

Apa saja sih yang biasa saya lakukan ketika melakukan blog walking itu? Tujuan utama saya melakukan blog walking yang utama adalah cari inspirasi. Dari mereka lah terkadang muncul ide, atau hal-hal lain yang tidak pernah terpikirkan. Belum lagi melihat tampilan blog para blogger lain juga menambahkan ide untuk mengkreasikan tampilan blog kita sendiri. Gaya penulisan dan bahasa yang digunakan juga bisa jadi inspirasi. Kemudian kita juga bisa belajar banyak dari blogger lain, terutama yang misalnya ada yang berprofesi sebagai guru, perawat, dokter atau lainnya. Mereka sering membagi ilmu tentang bidang yang mereka geluti. Bonus lainnya ya jadi tambah teman baru dan mengenalkan blog kita, wujud eksistensi sih.

Kembali ke pertanyaan saya tadi, apa yang biasa saya lakukan ketika blog walking?
- Baca 1-2 postingan terbaru;
- Mencari tahu siapa author atau penulis atau pengelola blog. Tak kenal maka tak sayang, begitulah kira-kira;
- Mencari tombol Follow, untuk berplatform Blogspot
- Baca postingan-postingan lampau;
- Meninggalkan komentar perkenalan dan komentar respon dari postingan yang sudah dibaca;
- Menandai link atau bookmark link blog tersebut dibrowser smartphone, supaya lebih mudah mengakses blog tersebut.

Saya agak tricky ketika berkunjung ke blog berplatform Wordpress, saya suka sulit menyesuaikan diri dari tampilan dan ketika mau berkomentar. Mungkin bagi blogger pengalaman justru inilah platform favorit, namun buat saya rasanya tidak deh.

Itu untuk blog-blog baru yang pertama kali kunjungan. Kalau blog yang sudah rutin saya kunjungi dan sudah pernah berinteraksi, biasanya saya masukan ke laman Buku Tamu Blogger yang saya miliki. Di sana saya mudah mengakses blog mereka. Kalau sudah biasa visit, pastinya saya tidak lupa meninggalkan jejak di sana, terutama pada postingan baru.

Hanya terkadang saya ini tipe pelupa. Saya selalu merasa melakukan hal baru, padahal sebenarnya kalau ada yang ingat, hal tersebut pernah saya lakukan sebelumnya.

Contohnya begini, saya visit ke salah satu blog, saya lihat ada judul postingan yang menarik, saya sudah membacanya saat itu dan meninggalkan komentar. Namun tidak semua blogger menerapkan rule dikomentarnya tanpa moderasi, sehingga komentar yang ditulis tidak bisa langsung terpublish. Lain waktu saya tidak sengaja kunjung lagi ke sana, karena melihat di sana belum ada komentar saya, saya berkomentar lagi. Karena saya merasa datang ke 'lokasi' yang baru. Lain cerita saya menemukan 'jejak' di sana, yaitu komentar. Meski kadang saya lupa pernah berkomentar di sana, jejak itu jadi bukti sekaligus pengingat. Hanya ya tadi, tidak semua blogger yang open terhadap komentar, mereka perlu melakukan moderasi terhadap komentar yang masuk. Repotnya kalau mereka jarang aktif, otomatis banyak komentar yang menumpuk tak terpublish.

Itu sebabnya yang jadi alasan saya open komentar tanpa moderasi, siapa saja bisa meninggalkan jejak, sekalian membantu blogger lain seperti saya yang pelupa. Itu pula kenapa saya jadi blogger hingga saat ini, itu karena saya pelupa, dengan ngeblog ini jadi fasilitas saya mengingat hal-hal yang tidak semua bisa tersimpan di dalam kepala saya.

Macam-macam genre blognya, ada yang senang traveling, IT, beauty, review produk, sharing ilmu dan banyak hal lain. Untuk sementara saya belum mau mengklasifikasikan dulu, soalnya masih belum banyak list bloggernya, nanti kalau sudah banyak biar sekalian.

Ya itulah yang saya cari dari aktivitas blog walking. Kalau blogger lain, apa ya kira-kira yang dicari? Hmm, mesti tanya satu-satu nih. Adakah yang sudah meriset, nantilah pelan-pelan dicari tahu. Salam, selamat ber-blog walking. -cpr-

Posting Komentar

22 Komentar

  1. tulisan ini mengajak diskusi, menarik sekali, kalau saya jika mengunjungi blog baru, langkah pertama adalah cari halaman about me. Itu penting buat saya, kedua lihat daftar isi kemudian komentar tulisan yang paling menarik buat saya. Jadi tidak harus tulisan terbaru, tetapi kalau blog yang sudah lama saya kunjungi, ke halaman about me tidak dilakukan melainkan mencari tulisan paling menarik dan kemudian meninggalkan jejak komentar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menarik sx pak guru, pantas kemarin cari2 ya ttg about me ya. Yups, thx pak guru, sdh berbagi :p

      Hapus
  2. Kalo aku blog walking selain cari inspirasi untuk menulis juga untuk menambah persahabatan, syukur syukur di kunjungi balik jadi tambah visitor kang.😄

    Memang ngeblog tanpa blog walking rasanya sepi, aku pernah ngeblog sendiri tanpa blog walking selama dua tahun dan jenuh, setelah jalan jalan ke blog lain jadi semangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener bisa juga cari inspirasi.
      Soalnya kebanyakan berteman dengan blogger lebih membangun ketimbang disosial media seperti Facebook, IG atau lainnya, yang cenderung destruktif komentarnya.

      Terima kasih sudah mampir ya Mas Agus :)

      Hapus
  3. Pembahasan yang menarik dan jadi sumber inspirasi buat new blogger sepertiku, mas.

    Kalau aku bewe tujuannya dapat memperoleh informasi tentang banyak hal dan dapat menjalin persahabatan dengan blogger dari banyak negara.
    Kalau blogger lokal hanya tertentu yang ku bewe karena kebanyakan sikapnya pada arogan jadi males, hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa si Mas Hima ini newblogger, kayanya sudah pengalaman deh, oldblogger x. Postingan Mas Hima ini pasti diserbu pengunjung terus, itu TOP.

      Eh btw, blogger arogan ada ya, bahas dunia politik atau apa?

      Hapus
  4. Saya blogwalking itu selain untuk mengapresiasi tulisan yg sudah susah2 di tulis oleh blogger dengan cara membacanya juga sebagai cari teman dengan hobi yg sama hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, terima kasih sudah mampir, saya pasti mampir balik :p

      Hapus
  5. setuju mas, kalo wordpress biasanya kolom komentarnya juga beda.. agak bikin bingung sedikit..
    blogwalking ya tentunya mencari hal2 baru donk mas... dari mulai postingan baru, ninggalin komentar baru, sampe nyari tmn baru.. hehe.. blogwalking tuh asik kok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thx sudah mampir dan follow ya ...
      Sy akan kunjung balik tentunya
      Salam kenal ya autobots 😎

      Hapus
  6. Hai mas Coco :). Makasih udah ke bw ke blog ku juga yaaa. Jujur aja blogku memang dimoderasi utk komen, tapi aku udh punya jadwal khusus kapan membuka blog dan mempublish komen2 yg masuk. Kemarin itu komennya mas Coco masuk ke spam, tp aku punya kebiasaan juga utk selalu cek spam saat periksa komen blog. Krn bbrp kali kejadian temen2 blogger ada yg nyasar kesana komennya :D.

    Aku sendiri sukaaaa BW :D. Alasan utama Krn aku suka membaca. Banget..

    Membaca tulisan temen2 yg lain, yg berbeda Niche trutama, menambah ilmu terkadang. Dari cara menulis yg bagus, kosa kata, dll. Bonusnya, aku juga dpt banyak temen dr dunia Maya :).

    Aku sampe bikin jdwal BW harian sih, dan list blog temen2 yg aku suka. Trutama blog yg komen di aku, pasti aku BW balik. Ga peduli seperti apa blognya. Aku anggab itu kayak tamu yg datang ke rumah kita, trus kasihlah kunjungan balik terimakasih. Kalo blognya ternyata bagus, malah seneng kan, nambah lagi list blog favorit :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih ya :) senang dapat kunjungan balik dan ada sesuatu yang ditinggalkan. Seru emang kalau BW, banyak hal yang bisa jadi inspirasi.

      Soal moderasi kembali ke dapur masing² ya hahaha

      Ya memang sudah seharusnya seorang blogger merawat "rumahnya" :)

      Senang berkenalan dengan Mba Fanny 😇

      Hapus
  7. Gara2 blogwalking, saya bisa terdampar di blog keren ini nih... hehe... intinya blogwalking itu banyak sekali manfaatnya bagi para blogger ya mas... bisa nambah pengunjung dan temen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih udah dibilang keren, justru yang lebih keren banyak, ini mah hanya remahan peyek keinjek pacarnya gebetan.

      Saya pasti kunjung balik 👍

      Hapus
  8. manfaat blogwalking itu buanyaaaaaaaak sekali. Saking banyaknya mungkin saya gak bisa ngutarain disini semuanya, hehe... :D
    tp yg terpenting adalah mencari ilmu pengetahuan dan teman blogger baru. selebihnya disyukuri saja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mas bro ;p
      Pasti akan saya berkunjung balik sowan ke blog sampean.
      Keep blogging, and consisten always

      Hapus
  9. Tulisan yang menarik mas.
    Kalau saya blog walking untuk cari inspirasi dan juga informasi baru, tapi tipe yang jarang komen seringnya bookmark atau subscribe aja kalau disediain kotak subscribe hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, saya sengaja taruh di garis depan tulisan tentang ini, sebenarnya untuk menjaring yang bertamu, bisa meninggalkan jejak di sini, karena kalau iseng saya berkunjung balik ke mereka ya melalui kanal ini, atau komentar2 mereka di setiap postingan, semakin banyak yang komen, ya jadi banyak kerjaan saya untuk BW.

      Saya lebih senang ketika BW itu meninggalkan jejak, cuma kadang ada yang gak akomodir komen, atau ribet sistemnya, itu agak males juga sih. Mending kalau dia ada kolom Follow seperti yang dimiliki Blogspot, itu lebih senang lagi, meninggalkan jejaknya nyata.

      Hapus
  10. Dari blogwalking jadi banyak belajar, dan menambah pengetahuan juga dari orang-orang yang nulis artikel didalamnya. Bahkan referensi-referensi yang diberikannya bisa jadi pengalaman yang berharga jika ingin mencoba juga.. Jadi kesalahan-kesalahan itu bisa dihindari karena mendapatkan pengalaman dari blogger yang membagikan pengalamannya dalam mencoba sesuatu yang kita cari..

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6