Time to Say Goodbye by Andrea Bocelli

Sering saya mendengar sayup-sayup musik orkestra dari lagu satu ini, saya tidak tahu siapa penyanyinya dan apa judul lagunya. Yang pasti kalau mendengarnya bikin merinding, dengar suara tenor dan soprannya yang melengking. Seiring waktu, dengan kemudahan informasi dan multimedia, saya jadi tahu siapa penyanyi aslinya dan oleh siapa saya familiar dengan lagu ini.

Lagu yang saya maksud ini berjudul Time to Say Goodbye. Judul lagu ini diambil dari album dengan judul yang sama, di Eropa dengan judul Timeless. Album ini merupakan album paling populer dari Sarah Brightman, yang dirilis 1997. Album ini bergenre Classical Crossover.

Kembali ke judul lagunya, Time to Say Goodbye yang sering saya dengar ini dinyanyikan featuring Andrea Bocelli. Dan malah melalui Andrea Bocelli lah saya lebih sering mendengar suara lagu ini dinyanyikan. Lagu ini sering dinyanyikan dalam bahasa latin berjudul Con te Partiro.


Sebenarnya, ada suara perempuan dengan suara sopran khasnya yang melengking, ternyata beliau ini adalah Sarah Brightman. Yang namanya saya sebut tadi di atas. Kadang lagu ini dinyanyikan solo oleh Andrea Bocelli dan terkadang juga dibawakan berduet, Andrea Bocelli feat Sarah Brightman, dengan perpaduan suara khas tenornya dan sopran yang khas.




Lagu ini mengisahkan tentang ucapan selamat tinggal. Maknanya bisa luas sekali, tergantung bagaimana memaknainya sih. Kalau yang awam, dan membaca judulnya, pasti mengartikan lagu ini tentang perpisahan, dimana ada waktunya akan berpisah. Dimana kebersamaan yang selama ini dilakukan bersama, pada waktunya harus berpisah. Lirik terjemahan ke dalam bahasa Indonesia cukup puitis, perlu imajinasi tersendiri untuk memaknainya.

Namun ada seorang blogger yang memaknai lain, dimana lagu ini katanya itu menceritakan tentang budaya orang Italia sana, dimana seorang ayah akan berpisah dengan anaknya yang akan pergi bersama suaminya. Waktu dimana perpisahan terjadi dan saat harus mengatakan selamat tinggal inilah yang kemudian dilukiskan dalam sebuah lagu ini.

Saya pun punya imajinasi sendiri ketika mendengarkan lagu ini dinyanyikan. Berhubung saya kesulitan menyanyikannya, mendengar jauh lebih baik sambil berimajinasi.

Di sini saya tautkan beberapa video klip yang saya dapat di youtube, dan sering saya dengarkan ketika sedang diperjalanan pulang kantor. Selamat berimajinasi memaknai lagu ini dengan cara masing-masing. -cpr-

Posting Komentar

0 Komentar