Perpindahan Jalur KRL Sehubungan Renovasi Stasiun Manggarai 2018

Sejak saya mulai aktif jadi komuter, hampir tiap hari melintas dan transit di Stasiun Manggarai. Stasiun ini merupakan salah satu stasiun transit terbesar di Jakarta. Memang untuk mengakomodir aktivitasnya sebagai stasiun transit ini, stasiun ini masuk ke dalam program infrastruktur strategis juga #mungkin.

Dari stasiun ini juga jadi start untuk kereta bandara, untuk itu perlu tempat lebih nyaman, demi itu semua stasiun ini dibenahi agar lebih modern. Saya amati, proses pembangunannya masih berjalan terus, karena juga tidak mungkin operasional stasiun distop demi proyek ini, karena akan mengganggu. Sehingga supaya semua bisa berjalan bersamaan perlu ada rekayasa.

Salah satu rekayasa yang dilakukan adalah rekayasa traffic. Pasti ada ekses dari rekayasa ini, waktu tunggu keberangkatan dan kedatangan kereta jadi lebih lambat pastinya. Hal ini perlu diantisipasi penumpang. Rekayasan jalur ini dimulai per tanggal 11 Agustus 2018. Untuk lebih jelas bisa melihat cuplikan gambar yang saya ambil dari Twiter @CommuterLine dan IG @krlcommuterline.

Source: @krlcommuterline 

Source: Twit @CommuterLine

Sabtu pagi ini saya sudah merasakan ekses waiting time beberapa menit sih, ya berhubung situasi penumpang dalam krl lengang, masih bisa dimaklumi menunggu. Tapi lain mungkin ketika kondisi krl full penumpang. Pasti bete sih menunggu, berdiri pula. Terus belum yang tunggu di stasiun, syukur kalau kereta yang datang lengang, lumayan terbayar rasa lelahnya, tapi kalau crowded, pasti agak mengesalkan.

Kalau buat saya, tetap pagi start dengan krl, karena saya berangkat lebih pagi itu sudah biasa, jadi ekses lebih lambat ini bisa dimaklumi. Tapi untuk arah kembali ke Depok sepertinya saya lebih baik pilih transjakarta saja. Kecuali kepepet y krl bisa jadi pilihan dan hari Sabtu, soalnya kalau sabtu transjakarta ke Depol tidak enak, pakai bus kecil sih.

Ya mudah-mudahan, proyek renovasi dan perluasan Stasiun Manggarai ini lekas selesai, jadi bisa menikmati fasilitas baru, harapannya supaya lebih nyaman dan waktu 'parkir' keretanya tidak terlalu lama.



Mau tidak ya #harapmaklum #harapsabar, karena hanya itu yang bisa dilakukan penumpang, wong moda transportasi pilihan paling baik untuk rute tertentu ya ini. -cpr-

Posting Komentar

1 Komentar

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6