Apa Arti Tulisan "Cirebon +4M" pada Plang Nama Stasiun

Jalan-jalan menggunakan kereta api sudah sering dilakukan sejak kecil, melintas ke stasiun satu ke stasiun yang lain pasti juga sudah sering. Saking seringnya, pasti pernah melihat tulisan pada plang nama stasiun jika mau memasuki stasiun tertentu, tertulis "CIREBON +4M". Apakah arti tulisan itu?

Dulu saya mengartikannya sebagai informasi bahwa sebentar lagi kita akan sampai di stasiun yang tersebut di tulisan itu "4 meter lagi". Tapi, lama-lama koq jadi tidak sesuai jika menemukan stasiun dengan angka berbeda.

Akhirnya saya mengira-ngira lagi, bahwa angka itu merupakan informasi panjangnya stasiun tersebut. Tapi ternyata, kalau dipikir-pikir tidak mungkin jika satuannya "meter", angka itu sangat kecil untuk panjang suatu stasiun.

Sampai akhirnya saya mengetahui bahwa angka yang tertulis itu merupakan angka elevasi atau ketinggian lokasi stasiun diatas permukaan air laut, atau singkatannya mdpl. Nah, dalam kasus yang saya amati di atas "CIREBON +4M" itu diartikan bahwa Stasiun Cirebon berada 4 meter diatas permukaan air laut.

Angka yang tertulis bisa bervariasi mengikuti kondisi geografis dimana stasiun berada. Ada yang (+) diatas permukaan air laut dan ada yang dibawah (-).

Fungsi dari plang informasi tersebut adalah sebagai patokan masinis memahami elevasi atau ketinggian jalur yang dia lewati antara dua stasiun, stasiun awal dan yang akan dituju, apakah menanjak atau menurun. Kemudian juga, kondisi elevasi atau ketinggian stasiun membantu masinis memastikan atas kondisi-kondisi tertentu. Misalnya, terdapat stasiun dengan kondisi "-2M". Masinis bisa saja menemukan kondisi stasiun yang terendam air, entah air laut atau air banjir, karena kondisinya di bawah permukaan air laut. Penggunaan lokomotif yang sesuai juga perlu diperhatikan, tidak mungkin kan kondisi seperti tadi menggunakan lokomotif elektrik, maka akan beresiko korsleting. Kemudian, apabila kondisi stasiun berada di elevasi tinggi misalnya "+818M", maka penggunaan lokomotif bergerigi bisa jadi pilihan.

Nah, sekarang sudah cukup paham kan ya soal tulisan di plang stasiun. Ya sekedar menambah informasi. Kita sebagai penumpang juga perlu tahu informasi ini. Sekedar tahu bolehkan? Ya bolehlah. Baiklah, saya cukupkan catatan saya, ya setidaknya menjawab ketidaktahuan saya selama ini. Sampai jumpa dicatatan saya lainnya. -cpr-

Posting Komentar

0 Komentar