MMA Fight Shaolin Master vs Muathai Master

Sebelumnya saya iseng, browsing youtube, nonton video MMA melihat ketangguhan petarung beraliran shaolin melawan petarung MMA pada umumnya. Saya agak kepo karena, saya memang tidak terlalu suka MMA, dan tidak mengikuti perkembangannya.

Ilustrasi

Hanya saja, saya hanya tahu bahwa shaolin merupakan aliran bela diri yang sudah diakui ketangguhannya. Olah tubuh dan cara berlatih ala shaolin sudah terkenal. Nah ketika saya lihat judul video di youtube yang menunjukan kekuatan petarung aliran shaolin, saya jadi kepo. Coba lihat video dibawah ini:


Pada awalnya saya tidak begitu kenal sih, tapi karena kepo, biasalah saya cari tahu sedikit tentang profil Yi Long. Petarung shaolin yang dimaksud adalah Yi Long, lahir dengan nama kecil Liu Xingjun. Panggilannya Faquir Yi Long dan Shaolin Monk.  Yi Long (31) mengakui dirinya adalah seorang biksu asal negeri tirai bambu. Biksu yang menekuni olah tubuh bela diri. Yi Long lahir 1 April 1987 di Dezhou, Shandong, China. Sejak kecil memang sudah menekuni ilmu bela diri.

Yi Long cukup terkenal diantara petarung MMA, Yi Long pernah memenangkan pertarungan dibanyak negara seperti New Zealand, Korea Selatan, Amerika dan Thailand. Dia mempunyai teknik dengan sebutan 'Qigong Ironshirt Technique'.

Dari video yang saya lihat di atas, nampak ketahanan tubuh Yi Long sangat kuat, terutama kuat akan menahan pukulan, serta kuda-kuda yang kokoh, kekuatan tendangan dan pukulannya juga cukup kuat. Meski Yi Long nampak kuat, bukan berarti Yi Long tidak pernah kalah. Dalam pertarungan selalu ada menang dan kalah.

Kekuatan, kecepatan/ reflek dan ketahanan Yi Long, saya amati diawal pertarungan cukup kuat. Namun jika menghadapi petarungan kuat, dengan ketahanan baik, Yi Long nampak kewalahan.

Pertarungan Yi Long yang sempat viral ketika Yi Long menghadapi petarung MMA bernama Brad Riddell, meski diawal pertarungan Yi Long nampak kokoh, tapi pada akhirnya Yi Long harus kalah dari Brad Riddell.




Yi Long juga pernah kalah TKO. Saya juga sempat melihat videonya di bawah ini:


Pertarungan yang membuat saya terkesan adalah saat pertarungan Yi Long versus Buakaw Banchamek, seorang petarung muathai asal Thailand. Lahir 8 Mei 1982 di Thailand dengan nama Sombat Banchamek. Nama "Buakaw" adalah nama terkenalnya di atas ring. Sebutan lainnya adalah Black Gold dan The White Lotus.

Pertarungan Yi Long versus Buakaw pernah terjadi dua kali di atas ring, dengan kemenangan masing-masing. Pertemuan pertama tanggal 6 Juni 2015 pada pertarungan Fight of thr Century di Jiyuan, China. Kemenangan berada ditangan Buakaw. Videonya ada di bawah ini:


Pertemuan kedua tanggal 5 November 2016 pada pertarungan Fight of the Century 2 di Nanjing, China. Kemenangan berada ditangan Yi Long. Videonya ada di bawah ini:


Menariknya setiap pertarungan ini selalu ditandai tindakan fair play. Ya beda sih dengan pertarungan ala-ala film gitu, yang selalu dibumbui aksi kecurangan. Menonton pertarungan seperti di atas memang hanya cocok untuk yang sudah cukup umur, karena adegan kekerasan, meskipun bentuk olahraga namun menontonya perlu pendewasaan diri, karena takutnya sih jika anak-anak menonton tanpa bimbingan, akan berpikir bahwa bertarung adalah wajar, bertarung adalah untuk menang. Padahal tidak seperti itu juga.

Banyak sih pertarungan seru masing-masing, baik Yi Long dan Buakaw. Kalau mau lebih tahu, carilah di Youtube. Untuk melihat track record pertarungan yang sudah dilakukan masing-masing, bisa klik saja link tertaut pada nama Yi Long dan Buakaw.

Sekian dulu catatan saya, ya catatan hiburan sih, ya sesekali tahu-tahu dikitlah tentang olahraga extrim kelahi. Biar tidak kudet-kudet banget gitu. Sampai jumpa dicatatan saya lainnya.cpr.

Posting Komentar

0 Komentar