DAMRI: Depok - Soeta PP dan Depok - Halim PP

Ternyata, ada lho transportasi pilihan beda PO yang bisa mengantar kita ke Bandara Soeta dari Depok atau sebaliknya dan juga Bandara Halim ke Depok PP. Selama ini saya hanya tahu HIBA UTAMA dengan ciri busnya berwarna putih berkelir kuning.

Iseng lagi duduk di salah satu restoran fast food di Depok Mall. Tiba-tiba masuk bus berwarna biru, berlabelkan Damri, saya lihat dibagian kaca tertulis Soekarno Hatta. Huah, ternyata ada alternatif lain nih angkutan bandara dari dan menuju Depok.


Sepertinya Damri memang bekerja sama dengan Depok Mall untuk hal ini. Saya tahu, Depok Mall merupakan mall dengan fasilitas cukup lengkap, ada hotel besar di sini Santika Hotel, dan juga Apartemen Margonda Residence 3 dan pusat perbelanjaan Depok Mall itu sendiri, belum lagi pusat pertokoan di kawasan ini. Pusat bisnis strategis sih.

Pantas saja, ketika masuk lobbi D-Mall ini saya lihat sebuah stand banner bertuliskan bus bandara tarif 30K dan 40K, hmm, saya kira hanya sekedar iklan atau apa, ternyata memang benar ada layanan jasanya, yaitu under Damri. Soalnya selama ini, Damri khusus bus bandara hanya melayani sampai Terminal Pasar Minggu saja.

Dengan adanya Damri ini setidaknya kedua PO ini bisa berkerjasama memberikan pelayanan 24 jam untuk transportasi feeder dari dan ke bandara dari wilayah Depok. Adanya bus feeder bandara ini cukup membantu sekali. Tinggal jam bisa diatur, jadi bisa setiap saat penumpang tak perlu khawatir dengan transportasi meski sudah lewat tengah malam.

Saya merasakan kekhawatiran beberapa waktu lalu, penerbangan delay membuat saya harus sampai Soeta mepet, mepet dengan jadwal terakhir perjalanan bus feeder ini, tapi beruntung saya masih dapat kesempatan bus terakhir. Coba, andaikan terlambat lebih lama, saya harus menunggu pagi hari untuk dapat angkutan besoknya. Moda lain memang banyak pilihan seperti taxi konvensional dan taxi online, tapi biayanya sangat mahal, dan tidak worth it jika saya memilihnya, bayangkan 300K untuk sekali jalan. Jika naik bus feeder, hanya 60K, berapa kali lipat?

Pada tanggal 26 Januari 2018, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) bersama Perum Damri meresmikan pelayanan Bus Jabodetabek Airport Connexion dari Depok Mall menuju Bandara Soeta dan Bandara Halim. Rutenya adalah sebagai berikut:

Cuplikan ini merupakan dokumentasi lama, rute yang saat ini tidak lewat rute di atas lagi, di Margonda bus via Juanda lalu masuk tol

Berdasarkan informasi yang saya peroleh tersedia beberapa jadwal keberangkatan menuju Bandara Soeta dan Halim dari D-Mall PP, sebagai berikut:

Source

Sekian dulu lah catatan saya, ya kurang lebihnya bisa ditambahkan dikolom komentar, mengingat harga tiket dan jadwal keberangkatan bisa saja mengalami perubahan ke depannya. Sampai jumpa dicatatan saya lainnya.cpr.

Posting Komentar

9 Komentar

  1. Halo, mau tanya. Kalau saya dari apartemen margonda residence, halte terdekat dimana y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dari Mares yang di depan Mang Kabayang itu nae 04 ja ke D Mall. Di sana itu bisa, karena itu bis mampir ke shelter di sana.

      Soalnya itu bus nanti lewat Juanda langsung masuk tol Cijago. Begitu ya

      Hapus
  2. Damri Dmall tetep lewat toll dalkot ya? Kirain lewat jorr, klo lewat dalkot mendingan hiba wlpn lebih mahal tp ngga lewat margonda,lenteng yg macet bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak lewat Margonda ke arah Lenteng koq, dia lewat Juanda, langsung masuk tol, begitupun arah balik ke Depok pun sama. Kalau lewat Margonda - Lenteng mah sama saja bohong, buang waktu itu.

      Hapus
    2. Itu yang ada ditampilkan itu, postingan lama, jadi mereka sudah memperhitungkan efektifitasnya koq. Soalnya saya menunggu bus Damri di depan Detoz tidak lewat, jadi kalau mau tunggu mending di Hotel Bumi WIyata.

      Hapus
  3. Jarak tempuhnya berapa lama ya mas kira2 sampe sotta?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung traffic nya sih, lalu lintas ibukota sulit diprediksi

      Hapus
  4. Klo ke halim dr depok pwst jam 5.40 keburu ga naik damri paling pagi? Takut ketinggalan pswt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayanya sih lebih aman naik kereta, misalkan sper waktunya mepet, karena pagi itu resiko macet, macet saat ini tidak bisa diprediksi.

      Hapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6