Ducati Team MotoGP 2018

Persiapan menuju musim 2018 MotoGP tinggal beberapa bulan lagi hingga seri pembuka di Maret 2018 nanti. Beberapa tim telah melakukan serangkaian tes dan persiapan untuk menghadapi musim yang baru. Baik kemampuan motor, livery motor, team dan rider semua disiapkan menyambut musim yang baru, dengan harapan capaian yang lebih baik dimusim 2018 ini.


Ducati Team MotoGP merupakan salah satu tim pabrikan yang diperhitungkan. Setelah musim 2017 diakhiri dengan hasil yang cukup baik, terutama dalam pertarungan hingga akhir demi perebutan title juara dunia. Meskipun kalah, Ducati menunjukan progres yang baik dari tahun ke tahun.


Tahun 2018, Ducati Team MotoGP masih mengandalkan line up rider yang sama seperti musim lalu, yaitu Andrea Dovisioso #04 dan Jorge Lorenzo #99.


Tahun 2018 tidak ada perubahan signifikan pada livery team. Ducati masih mempertahankan kombinasi warna merah khas Ducati dan warna putih. Untuk livery pada warepack pebalapnya, saya amati ada perbedaan, yaitu warna merah di bagian dada pebalap, entah nanti di sana akan disematkan sponsor apa, karena warna merahnya cenderung polos.



Sekedar informasi, bahwa dimusim 2018 ini regulasi soal warepack ber-airbag pun akan dilaksanakan, mungkin meski nampak sama warepack yang dikenakan Dovi dan Jorge saat launching team 2018 dengan yang dipakai musim lalu kemungkinan warepack tersebut akan ada tambahan airbag demi safety saat seri awal di Qatar nanti, guna meminimalisir cidera ketika terjadi crash.


Untuk livery di motor Ducati Desmosedici GP18 tidak jauh berbeda dengan musim lalu, meskipun saya akui livery-nya tampil lebih fresh, dengan beberapa ubahan. Ada aksen warna abu-abu, dengan garis 45 derajat. Untuk motor sendiri, ada tampilan unik di motor yakni firing tambahan sebagai pengganti winglet ala Ducati, yang sebenarnya di musim lalu juga sudah dipakai. Firing ini dikatakan cukup efektif untuk menambah downforce Desmo. Namun dengar-dengar, mode ini lebih cocok untuk gaya balap Jorge Lorenzo. Tapi entahlah, bagaimana Ducati menyikapi perbedaan gaya balap ridernya dengan skema spesifikasi motor untuk masing-masing rider nantinya.



Presentasi Ducati Team MotoGP ini berlangsung di Auditorium Ducati di Borgo Panigale, Bologna, Italia pada Senin, 15 Januari 2018. Informasi dari yang saya baca, pada launching kali ini sebenarnya Desmosedici GP18 tidak ditampilkan, yang ditampilkan adalah motor tahun lalu Desmo GP17 yang didesign untuk musim 2018. Karena Desmo GP18 masih akan dipersiapkan untuk sesi tes berikutnya.

Tampak hadir di presentasi ini ada test rider Michael Pirro. Kemudian CEO Ducati Motor Holding Claudio Domenicali, General Manager Ducati Corse Luigi Dall'Igna, Supporting Director Paolo Ciabiatti, dan Manajer Tim Davide Tardozzi.

Harapan saya, untuk musim 2018 bagi tim Ducati adalah semoga Ducati mampu mempertahankan trend positif tahun lalu, dan mampu jadi penantang serius perebutan gelar juara dunia sedari awal musim. Terutama untuk Jorge Lorenzo, semoga pengalaman setahun lalu bisa jadi masukan untuk pencapaian lebih baik, masuk lima besar rider yang diperhitungkan dalam perebutan gelar juara.


Masih ada beberapa waktu sebelum seri pembuka musim 2018 dimulai, hasil tes resmi terakhir pun belum dirilis. Mudah-mudahan, hasilnya positif dan jadi awal yang baik bagi tim yang bermarkas di Bologna, Italia ini. Sehingga cita-cita mengembalikan kejayaan Ducati dulu ketika era Cassey Stoner bisa terulang kembali. Forza Ducati!


Video presentasi Ducati Team MotoGP 2018 bisa dilihat di atas, sekian dulu catatan saya untuk tim Ducati MotoGP 2018, Ducati jadi tim pertama yang saya munculkan di sini, sebagai salah satu tim yang saya dukung di MotoGP. Proficiat buat Ducati atas acara launch tim MotoGP musim 2018.cpr

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sani Dewa Pelindung Saturnus, Sang Dewa Penghukum

Pengadilan dan Kejaksaan Negeri untuk Proses Ambil Sitaan Tilang