Blogwalking, Jalan-jalan yang Menyenangkan

Lagi musim beberapa tahun terakhir anak muda jaman sekarang travelling ke tempat-tempat baru, untuk refresing dari kepenatan. Saya juga senang jalan-jalan, tapi terbentur waktu, jatah cuti yang terbatas jadi tantangan tersendiri.

Namun, ada cara yang lain untuk merefresing diri buat saya, sama juga hubungannya dengan jalan-jalan, hanya beda dengan jalan-jalan dalam arti sebenarnya, yang saya lakukan adalah blogwalking. Sama juga jalan-jalan, tapi yang jalan adalah url, saya jalan ke url satu ke url lain. Url siapa yang saya kunjungi? Ya url nya para blogger yang masih eksis.

Dunia daring, di internet merupakan sebuah dunia 'lain' yang sangat luas, jadi wajar saja ada cukup banyak menampung banyak hal, termasuk 'rumah' para blogger, yaitu blog-blog mereka. Blogger itu sudah seperti 'rumah' atau 'toko' mereka di dunia daring. Sama seperti saya yang sudah punya beberapa slot di sana. Namun tidak semuanya digunakan aktif, ada banyak juga yang terbengkalai, diusir paksa karena domainnya karena tidak diperpanjang, ada yang baru buat tapi belum diisi apapun, ada pula yang sudah buat tapi belum sempat menata 'perabotannya' sehingga nampak berantakan dan banyak hal yang saya temukan ketika melakukan blogwalking.

Kita semua pasti pernah melakukan blogwalking, meski kita sendiri tidak punya blog. Karena, ketika kita melakukan pencarian di mesin pencari, ketika mengetikan kata kunci tertentu, akan dialihkan ke web atau blog-blog karya para blogger yang pernah menempatkan slotnya di sana. Kalau orang biasa saja pernah melakukan blogwalking, bagi blogger sejati pasti pernah melakukannya. Buat saya, blogwalking itu menyenangkan sekali, imajinasi saya terbawa ke blog dimana saya kunjungi. Misalnya, blog milik blogger Banyumas, Jogja, Sumatera dll, saya seperti dibawa ke daerah-daerah sekitarnya atau ke tempat yang banyak diulas di blognya itu. Begitu juga dengan blog-blog lainnya.

Seperti tertampil pada dokumentasi pada postingan kali ini, ada beberapa screenshoot view blog-blog yang pernah saya kunjungi dan membuat saya sering mampir ke sini untuk berkunjung. Banyak sih list url yang saya save di bookmark browser, tapi repot juga kalau ditampilkan semua.





Manfaat lain dari blogwalking selain refresing adalah saya memperoleh banyak pengetahuan dari apa yang saya tidak ketahui, tidak hanya itu saja, saya mendapati bahwa banyak hal yang bisa diangkat menjadi sebuah postingan, ide, gaya bahasa (bukan berarti kita harus meniru, tetaplah jadi dirimu sendiri dengan gaya bahasa yang kita miliki), tampilan blog (template), tamu-tamu yang pernah berkunjung, dan yang terpenting adalah adanya kolom komentar yang membuat kita bisa berkomunikasi dengan siempunya blog. Bonusnya adalah dengan kita berkunjung siempunya blog jadi tahu asal kita, dimana blog kita dan punya peluang blog kita dikunjungi pula.

Bagi blogger pemula, kegiatan ini adalah hal yang menarik untuk dilakukan, blogger pengalaman pun merasa perlu melakukannya. Jadi, jangan sungkan jalan-jalan mampir ke blog satu ke blog lain. Banyak hal yang bisa diperoleh, jadi tidak ada ruginya.

Catatan ini saya buat berdasarkan pengalaman nikmatnya melakukan blogwalking sebagai blogger personal. Karena sejauh ini, blogger personal masih saya jalani. Oke, saya cukupkan catatan saya kali ini. Oh ya, satu hal yang saya peroleh dari blogwalking untuk kemajuan blog saya, yaitu menambahkan "buku tamu", sebagai tempat blogger lain yang pernah berkunjung dan meninggalkan jejak. Baiklah, saya akhir catatan saya kali ini, sampai jumpa dicatatan yang lain.cpr.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Betul banget bang dengan BW kita bisa salin mengenal dari blogger satu keblogger lainya..intinya sopan dan komentar juga harus sesuai dengan artikel sehingga lebih berkesan menarik untuk dilihat..

    Meski saya sendiri terkadang jarang BW karena terkedala waktu serta pekerjaan jadi yaa!! Sehari kalau jalan2 cuma bisa mengunjungi 20 sampai 30 blog..😃😃😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Sat, sy sampai save bookmark url blog yg sy visit.
      Salam kenal mas Sat ;)

      Hapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6