Ayam Kodok Nama Makanan yang Ambigu

Hari ini saya dibuat bingung dengan sebutan salah satu menu makanan. Hmm, lebih tepatnya sih sebutan untuk lauk makan, namanya disebut "ayam kodok". Lha ayam ya ayam, kodok ya kodok. Mungkin sekedar istilah saja ya.

Kebingungan saya coba dijawab oleh @henywidawati, ayam kodok (ayko) merupakan istilah untuk menyebut lauk olahan dari daging ayam, terkadang bisa juga dari daging. Olahan daging ayam yang sudah digiling halus ini lalu kemudian dimasukan ke dalam kulit ayam, pada akhir proses finishingnya terbentuklah seonggok ayam utuh, yang dagingnya berisi tanpa tulang, pyur hanya daging saja isinya, ya daging ayam olahan gitu, yang sudah digiling halus.

Penjelesan lebih detail saya tentang ayam kodok ini saya peroleh dari salah dua blogger, cheff blogger sepertinya, dilamannya terposting proses dan bahan-bahan untuk membuat kuliner ayam kodok ini.

Saya tidak akan mempostingnya di sini, jadi biar kunjungi langsung saja lamannya di bawah ini:
Dari dua blogger cheff ini saya dapat cukup informasi tentang apa itu ayam kodok, sehingga saya tidak penasaran lagi.

Untuk rasanya ya jadi mirip seperti daging olahan, meat roll gitu deh rasanya, tidak seperti ayam, rasa ayamnya menurut saya hilang, mungkin kaya sosis tapi dengan tekstur agak lebih kasar dan tidak kenyal seperti sosis. Intinya ya jadi menyerupai bistik daging gitu, tapi daging ayam ya, bukan sapi. Maklum, saya berpendapat daging adalah sapi, kambing, kerbau. Kalau ayam ya, ayam. Sama seperti ikan, ikan ya ikan.

Oh ya, buat yang masih penasaran bagaimana membuatnya, tutorial video dari youtube di bawah ini bisa membantu. Bagi yang pengen mencoba membuat. Secara umum, ayam kodok ya seperti itu, untuk toping dan bagaimana menyajikannya di piring saji yang membedakan, sehingga tampilannya tergantung siapa yang memolesnya di piring saji. Saya hanya pilihkan secara acak tiga video, sebenarnya di youtube banyak sekali yang memposting tentang video tutorial mengolah menu makan satu ini, jika masih belum puas, silakan kunjungi youtube ya.





Baiklah, sepertinya rasa kepo alias penasaran saya sudah terbayar, perut pun sudah kenyang mencicipi ayam kodok, yang saya dapatkan hari ini sebagai bekal makan malam. Terima kasih yang sudah membagikannya kepada saya, jadi ngirit makan malam tidak perlu beli hehehe. Sampai jumpa dicatatan yang lain.cpr.

Posting Komentar

1 Komentar

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6