Mi Band 2: Pemantau Tidur

Beberapa waktu lalu saya sudah posting tentang fitur Mi Band tentang pemantau aktivitas. Kali ini saya mau share tentang fitur Mi Band lainnya yaitu pemantau tidur. Tidak saja aktivitas ketika kita bangun, saat tidur pun Mi Band punya sensor yang memonitoring kualitas tidur kita.

Mi Band melalui sensor didalam unitnya, mencoba menggambarkan kualitas tidur kita ke dalam beberapa fase tidur sesuai dengan apa yang kita lakukan. Beberapa fase tidur light sleep, deep sleep bahkan ketika kita terbangun sementara (untuk minum atau ke belakang untuk buang air lalu kembali tidur), semuanya te-record dan bisa kita pantau melalui Mi Fit. Seperti postingan saya sebelumnya, tampilan pemantau tidur di Mi Fit versi 3.0.0 juga ada perubahan #newlook, lebih informatif tentunya.

Ketika kita dalam fase tidur tertentu, tubuh kita mengalami lumpuh, saat itulah tubuh kita dianggap tidak bergerak sama sekali, sensor pada Mi Band sepertinya masih dipengaruhi pada gerak tubuh si penggunanya. Namun untuk lebih detailnya bagaimana Mi Band ini merekam kualitas tidur kita saya tidak begitu paham.


Tampilan yang saya sajikan ini, menampilkan resume perekaman saat kita tidur. Di sana ditampilkan berapa point kualitas tidur kita, digambar tercatat angka 82. Angka itu dihitung berdasarkan perbandingan kualitas tidur saat kita light sleep (tidur tidak pulas) dan deep sleep (saat tidur benar-benar pulas). Di sana juga disebutkan presentase kualitas tidur kita dibandingkan pengguna yang lain, disana tercatat 59%. Angka itu saya tidak tahu diperoleh darimana tetapi sepertinya Mi Band mengkalkulasikan kualitas tidur kita dengan pengguna Mi Band lain yang terhubung dengan aplikasi Mi Fit tanpa kita sadari.

Ditampilan resume ini juga menampilkan jam berapa kita mulai terlelap Fell asleep, Wake up dan akumulasi berapa jam kita Deep sleep. Informasi ini pun bisa kita share ke beberapa sosial media yang terafiliasi dengan Mi Fit seperti Line, Twiter, Facebook, We Chat, Google dan bisa didownload tampilannya.



Tampilan utama dari pemantau kualitas tidur ini, selain tadi menampilkan poin kualitas tidur kita. Menampilkan pula bar rentang waktu saat kita mulai terlelap hingga kita bangun. Pada bar itu terdapat keterangan kapan kita hanya sekedar tidur light sleep atau deep sleep. Di sana juga menampilkan berapa jam kita Deep sleep, Light sleep dan Awake time. Tidak hanya itu, Mi Fit membantu menyajikan sebuah analisis Sleep quality analysis.

Turun lagi ke bagian bawah, ada data untuk membandingkan rata-rata kualitas tidur kita tujuh hari yang lalu.



Turun lagi ke bagian bawah, ada data untuk membandingkan sengan pengguna Mi Band lain, dimana posisi kita ini. Di sini juga ada pilihan yang bisa kita berikan untuk informasi apa yang kita rasakan hari ini, pilihan emoticonnya yaitu Exhausted, Sleepy, Good dan Energetic.



Di bagian paling bawah kita bisa memilih History, untuk melihat resume kualitas tidur kita dalam bentuk diagram batang, Harian, Mingguan, Bulanan. Informasi disajikan cukup informatif, dan bisa jadi petunjuk kita untuk hidup lebih sehat dan baik lagi, tentunya untuk meningkatkan produktivitas.



Tampilan ini semua lebih baik daripada tampilan Mi Fit versi sebelumnya. Memang saya tidak punya pembanding, karena saya memang tidak sempat mereview dicatatan saya sebelumnya. Saya buat catatan ini karena memang terkesan dengan tampilannya yang informatif setelah saya upgrade Mi Fit ke versi 3.0.0. Untuk sekarang, cukup sekian catatan saya ini, semoga bermanfaat.cpr.


Posting Komentar

3 Komentar

  1. Mi Fit baru saja rilis update package versi 3.0.1, untuk memperbaiki bug mereka. Diposting ini saya tampilkan gambar diagram batang, nah pada tanggal 5/7 tertampil diagram batang tidur saya hari itu tidak ada deep sleep sama sekali, padahal dari data yang saya lihat, ada beberapa jam deep slee tp ketika ditampilan diagram batang itu lost. Ini aneh, dan beberapa hari saya amati ada yg tdk beres dari versi 3.0.0.
    Akhirnya hari ini atau kemarin develop Mi Fit meluncurkan package baru, untuk memperbaiki bug nya. Dan setelah update, permasalahan bisa diselesaikan. Clear

    BalasHapus
  2. Rupanua masih ada bug, monitoring tidur sy ada awake beberapa menit. Namun tidam tertampil datanya di diagram batang kualitas tdr. Entah apakah,develop Mi Fit tw

    BalasHapus
  3. Beberapa bulan pemakaian, sepertinya 2 hari belakangan ini, sensor tidurnya seperti sudah mulai tidak akurat. Kapan terbangun dan kapan terlelap sepertinya diragukan data record nya.

    Sy bangun jm5:15, tp di data loger ny jm6.

    Hmm, perlu kalibrasi mungkin

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6