Mi Band 2: Heart Rate Monitoring

Setelah sebelumnya Mi Fit membantu kita mengetahui pantauan aktivitas kita sehari, kemudian kualitas tidur kita. Kali ini saya akan menginformasikan fitur lainnya dari Mi Band 2, yang disinkronkan dengan Mi Fit versi 3.0.0.

Sama seperti fitur yang sebelumnya saya ungkap di sini dan di sini. Fitur kali ini juga mengalami perubahan penampilan dari versi sebelumnya. 


Mi Fit selalu punya tampilan resume dari tiap fitur, seperti yang saya informasikan ini dapat dilihat digambar. Di sana ditampilkan profil kita, kemudian di bawahnya ditampilkan angka heart rate yang dicatat pada tanggal dan jam berapa. Tampilan ini bisa dishare ke beberapa sosial media yang terafiliasi dengan Mi Fit, seperti Line, Twiter, Facebook, We Chat, Google, dan bisa didownload.

Monitoring catatan heart rate kita dipisahkan per hari. Jadi bisa terlihat jelas, dalam sehari kita mencatat berapa kali heart rate atau memang heart rate tercatat otomatis ketika kita beraktivitas.


Untuk keakuratan mengenai pencatat heart rate ini bisa dibilang cukup baiklah, untuk lebih jelasnya bisa dilihat di youtube untuk perbandingannya, karena sebelum saya membeli Mi Band 2 ini, saya sempat membandingkan keakuratan dari fitur ini apabila dibandingkan dengan wearable serupa atau alat perekam heart rate yang umum dipakai. Untuk mendapatkan hasil, cobalah lakukan pengukuran beberapa kali dan ambil rata-ratanya. Tapi memang Mi Band mengukur berdasarkan sensornya yang dipasangkan ditangan kita. Saya mencobanya ketika saya melakukan aktivitas senam atau berlari, catatan heart rate nya memang meningkat berbeda ketika kita dalam keadaan biasa (diam atau normal).

Saya pun pernah iseng mencoba memasangkannya pada tubuh anjing peliharaan saya, dan ternyata angka heart ratenya relatif tinggi, padahal anjing saya ini tidak dalam keadaan habis berlari. Ketika saya bandingkan dengan ketika saya ukur pada diri saya, angkanya jauh berbeda. Ini menandakan bahwa Mi Band 2 ini memang mengukur heart rate sesuai usernya.

Mi Band 2 ini dipakai di pergelangan tangan kanan atau kiri, sesuai user biasa memakai aksesoris saja nyamannya dimana. Seperti kita memakai jam tangan. Namun kalau dipakaikan seperti memakai jam tangan, terkadang sensor untuk mengukur heart rate ini tidak bisa mendeteksi, terkadang saya menggunakannya terbalik, seperti yang saya tampilkan di gambar. Cara pakai seperti ini membuat sensor Mi Band lebih mudah terhubung dengan denyut nadi kita, diharapkan pengukurannya jadi lebih akurat.

Sumber: doc. cocoper6

Fitur ini membantu kita untuk mengukur heart rate ketika kita beraktivitas. Ada baiknya apabila aktivitas yang kita lakukan relatif berat, kita ukur dan lihat, apabila angka heart ratenya cukup tinggi, diatas 150 BPM, lebih baik kita sedikit mengendurkan aktivitas kita, ini membantu kita memonitoring aktivitas tervorsir atau tidak. Tapi kembali lagi, alat ini hanya membantu, keputusan dan rasa nyaman tergantung dari kita sendiri. Kalau kita kuat, lanjutkan, jika sebaliknya ya turunkan tempo dan beristirahatlah.

Nah untuk fitur Mi Fit di versi 3.0.0 saya cukupkan sampai di sini, kalau ada tambahan-tamabah, bisa saya tambahkan di kolom komentar atau melalui postingan baru. Setidaknya ini bisa jadi catatan saya untuk membandingkan dilain waktu, apabila Mi Fit punya tampilan yang lebih baru lagi.cpr

Posting Komentar

0 Komentar