Beberapa Spider-Man Selain Peter Parker

Dahulu saya pikir, di dunia hanya ada satu superhero yang disengat laba-laba mutant, namun ternyata cukup banyak Spider-Man yang ada di dunia yang berhasil diciptakan melalui komik.
Ilustrasi
[Sumber: Google]

Saya awalnya hanya mengenal Peter Parker sebagai karakter dibalik costum Spider-Man nya, namun ternyata saya salah. Beberapa Spider-Man yang pernah muncul karakternya antara lain:
  • Amadeus Cho
Diceritakan sebagai rival dari Peter Parker. Cho dikenal sebagai murid yang juga cerdas, bahkan termasuk manusia cerdas ketujuh di dunia disaat usianya masih muda. Cho menjadi Spider-Man tanpa digigit oleh laba-laba mutan. Costum Spider-Man nya diperoleh dari Tony Stark. Costum yang awalnya dibuat Tony untuk Peter, namun Peter merasa tak nyaman menggunakan suit ini. Suit ini akhirnya digunakan oleh Cho, dan dia berhasil menggunakannya dengan sangat baik. Meski begitu, suit ala Tony pernah digunakan Peter ketika CA Civil War, kala itu Tony memberikan suit yang sudah disematkan teknologi terbaru untuk mempermudah Peter beraksi ketika berkostum Spider-Man.
  • Miles Morales
Miles Morales diceritakan sebagai pemuda asal Brooklyn yang tanpa sengaja tergigit laba-laba mutan. Miles hanya ingin hidup normal seperti manusia biasa. Tujuannya berubah sampai ketika Peter Parker tewas ditangan Green Goblin. Miles akhirnya berusaha menggantikan Peter untuk memberantas kejahatan. Karekter Miles Morales merupakan Spider-Man pertama berkulit hitam.
  • Ben Reilly
Karakter Spider-Man satu ini muncul ketika Peter Parker tertangkap oleh penjahat yang bernama Jackal. Jackal merupakan seorang profesor, yang bernama Miles Warren. Sang profesor ini ternyata melakukan percobaan dengan mengklon Peter Parker sang Spider-Man, dan lahirlah karakter Ben Reilly ini. Pada awalnya Peter dan Ben sempat bertarung untuk membuktikan mana yang asli, sampai akhirnya Ben memutuskan untuk menciptakan personal yang baru dengan nama Ben Reilly, yang mana punya memory yang sama dengan Peter Parker. Nama Ben Reilly ini diambil dari nama paman dan bibinya (Reilly adalah nama gadis dari Bibi May).
  • Miguel O'Hara
Karakter Spider-Man kali ini adalah pecampuran antara Irlandia dan Meksiko. Miguel merupakan Spider-Man pertama berdarah latin. Diceritakan, Miguel menjadi Spider-Man karena terjebak oleh proyek perusahaan yang bernama Alchemax yang dipimpin oleh Tyler Stone. Miguel dijebak dengan diminumkan minuman halusinogen yang berikatan dengan DNA, dengan maksud agar Miguel tidak mengundurkan diri dari perusahaan Tyler. Untuk menghilangkan pengaruh obat dari minuman tersebut, berbagai percobaan genetika dilakukan sampai akhirnya DNA laba-laba bercampur dengan DNA miliknya. Berbeda dengan Peter Parker, dikonstum Miguel, tidak ada gambar laba-labanya di bagian dada. Spider-Man Miguel ini diceritakan jauh sebelum masa Peter Parker, dan diceritakan Miguel sudah bekerja sama dengan Thor mejaga bumi.
  • Pavitr Prabhakar
Dari namanya pasti bisa menebak, dari mana asal Spider-Man yang satu ini. Yups benar, India. Heran kan, karakter Spide-Man ternyata bisa muncul dari tanah Hindustan yang lebih terkenal dengan dancenya yang asyik. Diceritakan bahwa Pavitr merupakan pemuda miskin asal Mumbai, India. Pavitr tak sengaja memperoleh kekuatan super dari laba-laba dan pada awalnya dia tidak menyadarinya. Petualangan Pavitr ketika dia menangani penjahat bernama Nalin Oberoi. Kemudian menghadapi Doctor Octopus ala India. 
  • William Braddock
Berbeda dengan karakter Spider-Man sebelumnya, Spider-Man satu ini punya tugas untuk melindungi Spider-Man dari berbagai dunia (universe) dari serangan Inheritors. Braddock adalah Spider-Man multiverse. William ini mengumpulkan semua Spider-Man dari seluruh dunia dan membentuk Spider Army. Kostum Spider-Man Braddock ini tidak bergambar laba-laba, corak dari kostumnya menggambarkan gambar bendera Inggris (UK).
  • Hobat Brown
Spider-Man yang satu ini menurut saya lebih gokil, berbeda dengan Spider-Man lain yang benar-benar jagoan. Spider-Man ala Hobat Brown merupakan Spider-Man beraliran musisi. Untuk menghadapi musuhnya, dia punya senjata gitar ditangannya.  Aliran musik yang diyakininya adalah aliran Punk, rock metal. Dikenal dengan Spider-Punk dan The Arnachic Spider-Man.
  • Joseph Wade

Spider-Man kali ini merupakan Spider-Man dengan karakter jahat. Dikenal dengan Steel Spider, karena memang suit yang digunakan bertemakan perak. Spider-Man satu ini diceritakan sedikit bersingungan dengan Spider-Man Ben Reilly. Joseph Wade awalnya hanya penasaran dengan yang dilakukan Doctor Octopus dan Carolyn Trainer. Josep tertangkap dan dimasukan kedalam alat yang membuat dirinya menjadi hologram tiruan nyata dari Spider-Man Ben Reilly. Proses ini membuat Josep mempunyai sifat jahat. Sampai akhirnya alat yang membuat Joseph seperti ini rusak ketika Spider-Man Ben bertarung melawan Octopus. Hingga akhirnya Spider-Man Ben harus mengatasi Spider Steel.


Hmm, banyak kan ternyata Spider-Man ini, dan bukan hanya Peter Parker. Namun kesemuanya punya hubungan dengan karakter central yang lebih sering dikenalkan, bahkan yang dibuatkan beberapa filmnya adalah karakter Peter Parker. Pihak pembuatnya, Marvel menciptakan Spider-Man ini dengan dunianya masing-masing, meskipun  terkadang pernah mempertemukannya dalam sebuah bingkai yang sama. Dan ini belum seberapa, masih ada Spider dengan jenis kelamin perempuan lho ternyata. Ya mungkin lain waktu saya coba rangkumkan dan catat di sini.

Setidaknya, buat yang baru mengenal Spider-Man tidak dibuat bingung dengan manusia laba-laba yang bisa berkloning, kebeberapa karakter berbeda, karena memang masing-masing punya dunia yang berbeda. Catatan diambil dari berbagai sumber Google.cpr.




Posting Komentar

0 Komentar