Ruang SKCK Jadi Primadona Saat Pemberkasan Syarat CPNS

Menjadi pegawai negeri sipil masih jadi idaman bagi setiap orang, terutama warga negara Indonesia. Menjadi seorang PNS adalah sebuah mimpi yang ingin dikejar setiap orang, alasannya ya karena jaminan pekerjaan yang lebih layak dibandingkan dengan pekerjaan yang lain. Memang tidak semua orang juga yang mengamini hal ini. Untuk menjadi seorang PNS dijaman sekarang ini tidaklah mudah, harus dengan perjuangan yang ekstra keras, baik mental, itelegensia, dana dan keberuntungan. Saringan yang nampaknya begitu rapat diterapkan untuk menyaring orang-orang yang pantas. Meski tidak juga demikian, karena hal-hal yang punya kecenderungan negatif dilakukan pada proses penyaringan tersebut.

Sebelum menjadi seorang PNS ya saringannya cukup banyak, yaitu harus lolos seleksi administrasi atau pemberkasan syarat-syaratnya, kemudian lulus tes ini itu, sampai akhirnya bisa diterima menjadi pegawai negeri sipil. Nah salah satu yang ramai disiapkan calon-calon peminat PNS ini adalah soal berkas persyaratan, salah satunya adalah harus mencantumkan surat catatan kepolisian, yang sering dikenal dengan sebutan SKCK.

Pembuatan SKCK ini diserahkan pada Kepolisian RI melalui Polres yang ada di kabupaten/ kota di seluruh Indonesia. Tentunya syarat untuk pengurusannya cukup panjang, namun jika diikuti dengan baik nampak mudah saya. Di catatan saya Naturality ini juga sering membagikan pengalaman pengurusan SKCK ini. Coba saja browsing di google dengan mengetikan kata kunci "cocoper6 SKCK". Nanti akan muncul link terkait dengan topik yang dimaksud.

Pada masa proses pemberkasan syarat untuk CPNS ini, SKCK jadi salah satu syaratnya. Jadi semua orang pasti akan membuat SKCK ini. Sudah pasti di masing-masing Polres seluruh Indonesia punya kelebihan kerjaan, karena harus melayani kebutuhan masyarakat ini, karena jelas pasti berbeda jika pelayanan pada hari-hari biasa ketika tidak ada proses penyaringan CPNS. Kalau hari-hari normal pengurusan SKCK bisa lebih lengang, karena yang mengurus surat ini hanya untuk keperluan-keperluan tertentu, ya salah satunya untuk melamar pekerjaan atau untuk persyaratan lainnya. Situasi seperti ini sudah pasti tidak akan terjadi setiap hari. Tetapi ketika ada proses seleksi CPNS, sudah bisa dijamin loket pembuatan SKCK di tiap-tiap Polres padat dikunjungi masyarakat.

Salah satunya ya Polres Kota Cirebon. Saya juga termasuk bagian dari masyarakat yang membutuhkan surat SKCK ini. Tapi kebetulan saya tidak memakan waktu lama untuk mengantre pembuatan SKCK ini, karena saya sudah mempersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Kebetulan saya butuh untul legalisir SKCK, akhirnya ikut proses antrian yang cukup panjang. Melihat suasana hiruk-pikuk di loket SKCK ini membuat saya tertarik membuat postingan ini. Sekaligus buat catatan saya dilain waktu, ketika situasi yang sama terulang lagi.

Pihak Polres seharusnya sudah mengantisipasi kondisi seperti ini, agar kualitas pelayanan terhadap masyarakat tidak berubah. Untuk Polres Kota Cirebon yang saya amati, di loket SKCK ini tidak punya tempat memadai untuk menampung banyak orang yang datang. Karena berjubelnya masyarakat yang membutuhkan pelayanan ini akhirnya membuat proses antrian menjadi tidak jelas, karena semua ingin dilayani terlebih dahulu. Seharusnya pihak Polres menyiapkan tempat yang lebih baik, yaitu dengan memisahkan loket depan dan belakang. Depan untuk memasukan berkas, dan di belakang untuk pengambilan berkas yang sudah jadi. Dengan begini proses pelayanan jauh lebih cepat dan lebih tertata rapih. Mungkin keterbatasan tempat jadi penghalang untuk pelayanan yang lebih baik. Tapi saya masih yakin pihak Kepolisian RI akan berbenah, terutama ya di Polres Kota Cirebon. Untuk menciptakan SOP pelayanan yang prima kepada masyarakat tentunya.

Sekian catatan saya soal berita pembuatan SKCK di Polres Kota Cirebon. Ini catatan informasi saja, berbagi situasi dan kondisi. Toh suatu saat nanti situasi yang tercatat sekarang bisa jadi pembanding untuk situasi dan kondisi yang akan datang, apakah lebih baik atau malah lebih buruk. Semua itu bisa dibandingkan nanti. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

0 Komentar