Penamaan Rancu Polres Cirebon Kota atau Polres Kota Cirebon

Penamaan Rancu Polres Cirebon Kota atau Polres Kota Cirebon

Saya bukanlah ahli bahasa, namun saya menemukan penamaan yang aneh atau rancu ketika saya berkunjung ke sebuah intansi keamanan, yakni Polres, markas kepolisian yang ada di kabupaten/ kota. Karena menurut saya ada yang aneh dari penulisannya tersebut.

Pemahaman saya, penamaan suatu instansi itu sudah disesuaikan dengan tata tertib penamaan sesuai administrasi yang berlaku di suatu daerah, dan mungkin kalau saya tidak salah tata cara itu berlaku nasional, sehingga semua penamaan seragam tidak yang rancu. Saya merasa aneh, dengan penamaan Polres Cirebon Kota. Perasaan itu penamaan yang tidak sesuai dengan tertib administrasi. Di wilayah Cirebon ada dua wilayah, yaitu Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon, dan penamaannya tidak bisa dibalik-balik. Apa benar  penamaan Kota Cirebon dituliskan Cirebon Kota? Atau penamaan Kabupaten Cirebon ditulis Cirebon Kabupaten. Sedangkan sudah tertulis jelas pada kop. surat resmi pemerintahan kabupaten/ kota tersebut dituliskan Pemerintah Daerah Kota Cirebon atau Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon. Tapi koq aneh untuk instansi Kepolisian tingkat kabupaten/ kota ini dituliskan Polres Cirebon Kota? Menurut saya ini penulisan Polres Cirebon Kota yang rancu dan perlu diperbaiki, dan saya bingung alasan dan dasar penamaan itu, padahal tidak sesuai dengan penamaan sesuai tata administrasi di instansi lain.

Penjabaran saya ini mungkin tidak sesuai dengan aturan bakunya, namun saya merasa aneh saja karena tidak sesuai dengan logika yang ada. Untuk penulisan di Polres Kabupaten Cirebon tidak ada masalah, kalau mau ada keseragaman penulisan, misalkan mengikuti penulisan di Kota Cirebon, harusnya tertulis Polres Cirebon Kabupaten dong? Lalu kenapa penulisan nama instansi di Polres di tingkat Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon berbeda? Lalu mana yang baku? Jangan sampai rancu seperti ini, karena akan membodohi publik, terutama soal ketertiban administrasi.

Menurut saya penulisan yang benar adalah Polres Kota Cirebon, dan bukan Polres Cirebon Kota! Karena apa, Polres tersebut berada di Kota Cirebon, bukan berada di Cirebon Kota. Coba cari dimana pun penulisan resmi penamaan daerah itu Kota Cirebon, bukan Cirebon Kota, atau bukan Cirebon Kabupaten. Inilah penulisan yang salah dan selalu dilakukan dan dianggap benar. Bahkan seorang bupati yang dua periode memerintah Kabupaten Cirebon mengatakan hal yang salah disetiap pidato atau statementnya, padahal dia harusnya tahu dan sadar penamaan administrasi yang resmi seperti apa. Bupati itu adalah Dedi Supardi, yang sering sekali mengatakan "Cirebon Kabupaten", mengikuti apa yang sering terucap di Cirebon Kota. Jelas ini salah besar yang dilakukan oleh seorang pimpinan daerah yang harusnya tahu soal tertib admnistrasi daerah. Toh disurat resmi yang ditandatangani selama ini tercantum Kabupaten Cirebon bukan Cirebon Kabupaten.

Kalau mengikuti yang salah, berarti penulisan kop. surat resmi intansi tersebut akan berbunyi Polres Cirebon Kota? Apakah ini tidak rancu? Entah bagaimana dengan penulisan penamaan intansi kepolisian tingkat kota di daerah yang lain, apakah sama juga rancu atau hanya di Kota Cirebon saja yang aneh? Tapi kalau tidak salah, Polres Kota Tegal juga menuliskan nama intansinya dengan Polres Tegal Kota. Wah, kalau begini saya semakin bingung, penulisannya koq bisa kacau begini. Entah siapa yang bisa menjelaskan pertanyaan ini. Lalu kenapa kalau penulisan nama instansi di Polres Metro Jakarta Selatan benar, kenapa tidak diseragamkan sekalian menjadi Polres Jakarta Selatan Metro, atau Polda Jabar Provinsi. Ini yang saya anggap penulisan yang tidak seragam dan berlaku nasional.

Namun saya tetap meyakini pada apa yang saya yakini. Jadi ketika saya membuat postingan apapun tentang instansi tersebut yang saya tuliskan adalah Polres Kota Cirebon atau Polres Kota Tegal, atau Polres manapun itu berada di kota/ kabupaten tertentu. Polres Kota/ Kabupaten ... (nama daerah yang bersangkutan). Saya butuh penjelasan yang logis atas semua itu.

Posting Komentar

0 Komentar