Kumpulan Pesan Status

Belajar dari pengalaman buat saya menjadi suatu yang menyenangkan daripada saya harus belajar dari sebuah buku materi. Meski pengalaman tidak pernah dibuat kedalam sebuah buku pasti, namun pengalaman memberikan banyak manfaat dan pelajaran yang bermakna bagi perjalanan hidup saya. Pengalaman ini tidak berarti hanya apa yang kita alami sendiri, tetapi pengalaman siapa saja yang pernah kita dengar. Itu kenapa, banyak pepatah mengatakan, "pengalaman merupakan guru yang sangat berharga." Nyatanya hal tersebut terbukti, terbukti dalam perjalanan hidup jika benar-benar memanfaatkan pengalaman itu dengan baik.

Tidak sulit sebenarnya belajar dari "buku pengalaman". Kita memerlukan kepekaan indera pendengaran, penghlitan, dan perasa dan atau peraba. Menyediakan waktu untuk mendengarkan cerita, keluh kesah teman, sahabat, pacar, keluarga, tetangga dll. merupakan sarana bagi kita untuk belajar dari pengalaman. Apa yang telah dialami mereka bisa saja kita alami kembali, bisa juga tidak. Entah nanti dialami atau tidak, paling tidak kita bisa mengambil pesan moral, inti atau makna positif untuk kita gunakan. Pengalaman baik atau buruk, semuanya akan sangat berharga untuk kita pelajari. Terutama untuk pengalaman buruk, kita bisa ambil makna mendalam dari sana, alih-alih agar kita tidak mengulangi hal yang buruk tersebut terjadi lagi. Kalau pun terjadi, kita bisa lebih siap menghadapi dan mengatasinya.

Di sini saya tidak ingin menceritakan sebuah atau banyak pengalaman. Tetapi saya lebih merangkum pengalaman yang terjadi dan pernah ada, dalam sebuah pernyataan-pernyataan yang bisa digunakan untuk menyindir atau motivasi kita agar kita bisa jadi lebih baik. Pernyataan-pernyataan ini ada yang muncul karena pengalaman pribadi atau hasil adopsi dari pernyataan yang sudah ada dan banyak berkembang.

Orang yang hebat itu, adalah orang yang bisa tertawa disaat dia menangis dan tersenyum disaat sedih. Karena mereka bisa menciptakan kebahagiaan dantara kesedihannya.

Kebahagiaan bukan dicari, tetapi diciptakan. Karena kebahagiaan yang hakiki ada pada pilihan masing-masing manusia.

Menyesal selalu datang diakhir kisah, aku tidak ingin kamu begitu. Tetapi jika itu terjadi, aku akan menunggumu diakhir kisah.

Apa yang kau tanam, itu pula yang akan kamu tuai. Jika kamu tanam yang baik, buahnya akan baik pula, begitupun sebaliknya.

Jangan pernah mencubit, jika dicubit itu sakit.

Realistis beda tipis dengan materialistis. Realistis yang dipahami dengan hati akan tetap realistis dalam memandang suatu hal.  Tetapi realistis yang tidak dipahami dengan hati akan menjadi materialistis.

Sabar buahnya manis, tetapi kulitnya pahit. Karena sebelum membuka buah kesabaran, kita akan menemukan kulitnya terlebih dahulu yang rasanya pahit.

Lihatlah seseorang dari bagaimana dia melakukan sesuatu, jangan melihatnya dari apa yang diberikannya.

Kamu akan selalu membutuhkan dia di dunia selain Dia, dia akan selalu ada disaat kita suka atau dua, saat kamu sendirian dia akan ada buat kamu. Siapakah dia? Dialah teman.

Ketika yang utuh terbagi, nikmatilah bagianmu, sampai kamu dapatkan kembali sisa bagianmu itu.

Keluarlah segera dari perangkap kebahagiaan! Karena kebahagiaan yang diperoleh dari sesuatu yang instan bukan melalui proses niscaya kebahagiaan itu tidak akan abadi.

...

Untuk sementara inilah yang bisa saya tuliskan di catatan saya ini, jika ada tambahan selama saya hidup dan belajar dari pengalaman, akan saya tuliskan kembali.

Posting Komentar

0 Komentar