Mandi Air Hangat

Siapa yang senang mandi air hangat? Siapa saja yang ditanyakan pertanyaan ini akan menjawab "Saya mau!" Karena mandi air hangat itu bisa buat badan lebih terasa rileks. Alasan orang mandi air hangat  bisa karena sakit, bisa juga tidak karena sakit, bisa juga karena ingin, dan bisa juga karena dingin, saya memilih mandi dengan air hangat. Mandi dengan air hangat juga sama menyenangkannya seperti mandi air dingin, asalkan ya tadi, sesuai dengan syarat yang disebutkan diawal paragraf.

Ketika sedang tidak enak badan (sakit) air hangat jadi pilihan saya. Karena menjaga kondisi suhu tubuh pada suhu tertentu akan membantu kondisi badan tetap stabil. Contohnya saat sedang sakit mriang, greges, flu atau sakit lainnya yang hubungannya kekondisi suhu tubuh. Air hangat bisa jadi solusi agar sakit tidak parah. Mungkin lain soal kalau kena penyakit kulit. Efek hangat yang ada diair itu bisa jadi sumber relaksasi alami. Lebih nikmati lagi kalau kita mandi atau berendam diair hangat yang bersumber dari panas bumi atau air hangat belerang.

Saya punya beberapa pengalaman mandi air hangat, baik buatan sendiri, dikelola swasta sampai yang alami. Pengalaman saya mandi air hangat yang sering si mandi karena air masak sendiri, air mendidih, lalu dicampur dengan air dingin di bak mandi. Dicampur sampai rasa hangat 'suam-suam kuku'. Setelah dirasa hangat barulah menyiramkan ketubuh untuk jadi air mandi. Pengalaman mandi air hangat lain yaitu dipemandian kolam air hangat buatan atau bisa dibilang kolam air hangat yang sudah dikelola dalam komplek hotel atau pemandian khusus. Yang saya ingat, saya pernah mencoba di daerah Kuningan, Jawa Barat dan di Tabanan, Bali. Untuk di Tabanan, Bali itu dikenal sebagai pemandian belerang. Pengalaman lain soal mandi air hangat itu saya pernah mandi langsung dimata air panas belerang alami, di daerah Hobatua, Ende, NTT. Di sana mata air panas benar-benar alami, karena air panas keluar dari sela-sela batu yang kemudian bercampur dengan air biasa. Mata air itu muncul di sebuah sungai kecil, ketinggian air juga relatif dangkal.

Itulah pengalaman saya seputar air hangat. Sebuah pilihan lain untuk mandi, terutama ketika kondisi tubuh sedang tidak fit. Air hangat ini juga bisa bantu untuk pemulihan fisik alias terapi pasien-pasien dengan sakit-sakit tertentu, bisa juga untuk pembersih luka. Jadi bukan hanya merilekskan, menghangatkan dan menyegarkan saja, air hangat juga bisa jadi sarana penyembuh. Bagi yang tidak suka dengan mandi air hangat ini sepertinya rugi deh, tapi sih itu semua pilihan, so up to you. Sekian corat-coret saya  see you next time.

Posting Komentar

0 Komentar