Ip Man Master of Wing Chun

IP Man itulah namanya, nama yang unik ketika pertama kali saya membaca tulisannya, dulu saya membacanya sebagai "ai p man", yang berarti "laki-laki IP", tapi ternyata yang saya baca itu salah. Bacanya tetap "IP MAN". Saya mengenalnya melalui film mandarin yang ditayangkan di televisi swasta. Bahkan setelahnya masih di tahun ini juga ada filmnya di bioskop dengan judul yang sama. Siapakah IP MAN ini? Informasi yang saya tangkap dari menonton filmnya, IP MAN merupakan guru bela diri aliran "wing chun", seni aliran bela diri asal negeri China. Yang lebih terkenal lagi adalah seni bela diri ini juga dipakai oleh Bruce Leem aktor dan sekaligus orang yang memperkenalkan seni bela diri yang sama. Nah guru dari Bruce Lee ini adalah IP MAN. Jadi IP MAN bukanlah tokoh fantasi hayalan si pembuat film. IP MAN adalah tokoh nyata dan dia dikatakan sebagai legenda, katanya sih begitu. Berbekal dari rasa keingintahuan lebih tentang beliau saya coba browsing informasi untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

http://www.iwco.info/content/en/images/60.jpg
Berdasarkan informasi awal yang saya temukan di Google, ada sebutan nama yang berbeda, ada yang menyebut "Yip Man" di BLOGSERBA dan ada yang menyebut "Ip Man" seperti informasi yang saya peroleh dari Wikipedia. Untuk informasi catatan saya kali ini akan saya ambil dari mana saja, guna mendukung catatan saya ini, tapi dari Wikipedia yang akan saya pilih untuk penyebutan namanya. Alasannya adalah nama "Ip" merupakan nama keluarga dan yang pertama di China dan Hongkong. Nama Ip Man ini juga tercantum dalam paspornya, dan merupakan pelafalan internasional.

Ip Man atau Ip Kai Man lahir di Foshan, Provinsi Guangdong, China. Beliau lahir tanggal 1 Oktober 1893. Beliau lebih dikenal sebagai Guru Besar Ip Man, seorang praktisi ilmu bela diri China pertama yang bernama Wing Chun secara terbuka. Beberapa muridnya yang terkenal antara lain Lun Gai, Gwok Fu, Leung Sheung (梁相), Lok Yiu (駱耀), Chu Shong-tin(徐尚田), Wong Shun Leung(黃淳樑), Wang Kiu (王喬), Yip Bo Ching (葉步青), William Cheung, Hawkins Cheung, Bruce Lee, Lo Man Kam, Wong Long, Wong Chok, Law Bing, Lee Shing, Ho Kam-Ming, Moy Yat, Duncan Leung, Derek Fung (馮平波 Fung Ping Bor), Chris Chan (陳成 Chan Shing), Victor Kan, Stanley Chan, Chow Sze Chuen, Tam Lai, Ip Ching, Ip Chun, Lee Che Kong, Kang Sin Sin ( Kwong Sun Sun ) dan Leung Ting (梁挺).

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgkc5aKCYQMZpyLriS5RCsYNJWx93b6iv40FvuLlK4tbmGa8Yl4rMlNETFKZyJfuc2WQ1zpPK6u8O2pP0gzJhlM-zcyjMSIYmNRELRxQPaUbV8nmgtyo9NjXCbOnG1L6lcpVQEzgovfySU/s640/1.jpg
Ip Man dan Bruce Lee

Ip Man lahir pada masa pemerintahan Kaisar Guangxu, Dinasti Qing. Ip Man adalah anak ketiga dari empat bersaudara. Ayahnya bernama Ip Oi dan ibunya bernama Ng Shui. Kakak pertamanya bernama Ip Kai Gak, dan kakak keduanya bernama Ip Wan Hum. Informasi mengenai adiknya tidak diketahui. Ip Man lahir di keluarga yang berkecukupan pada waktu itu dan menerima pendidikan dengan standar yang tinggi.

Pada umur 9 tahun, Ip Man dititipkan ayahnya di sebuah perguruan bela diri, karena ayahnya akan berdagang di negeri seberang. Guru dari perguruan tersebut adalah teman ayahnya yang bernama Chan Wah Sun. (berdasarkan cerita dari film Legend is Born - Ip Man). Chan Wah Sun merupakan guru yang mengajarkan seni bela diri Wing Chun saat itu, Chan Wah Sun sendiri sudah cukup tua ketika Ip Man masuk ke perguruan. Chan Wah Sun sendiri sudah menurunkan tahta perguruannya kepada murid senior di perguruan itu yang bernama Ng Chungsok. Dari dialah Ip Man banyak belajar ilmu bela diri.

Pada umur 15 tahun, Ip Man pindah ke Hongkong untuk meneruskan sekolahnya. Ip Man juga melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi St. Stephen di Hongkong. Perguruan tinggi itu dkenal sebagai sekolah untuk keluarga kaya dan orang-orang asing yang menetap di Hongkong. Meskipun tinggal di Hongkong ternyata Ip Man tetap mendalami ilmu bela diri yang dia peroleh di perguruannya dulu. Di Hongkong Ip Man bertemu seorang kakek tua, yang ternyata masih satu perguruan dengan dirinya. Kakek tua itu bernama Leung Bik. Leung Bik ini ternyata adalah anak dari Leung Jan, yang mana adalah guru dari Chan Wah Sun. Akhirnya dari tangan Leung Bik inilah Ip Man banyak belajar dan mendalami seni bela diri Wing Chun. Menginjak umur 24 tahun, Ip Man kembali ke Foshan daerah asalnya.

Di Foshan, Ip Man menjadi pengusaha dan tidak menjalankan perguruan Wing Chun secara formal. Meski begitu Ip Man tetap mengajarkan ilmunya kepada murid dekat, teman dan relasinya. Kwok Fu dan Lun Kai merupakan murid pertama Ip Man. Yang kemudian mereka berdua yang melestarikan seni bela diri Wing Chun di daerah Foshan dan wilayah Guangdong.

Pada akhir tahun 1948 terjadi penjajahan oleh Jepang. Ip Man memutuskan mengungsi ke kampung halaman Kwok Fu. Ip Man kembali ke Foshan setelah perang berakhir dan berprofesi sebagai polisi. Akhir tahun 1949, Partai Komunis China memenangkan perang sipil. Ip Man ketika itu menjabat sebagai pejabat dari partai oposisi Kuomintang harus memutuskan untuk melarikan diri ke Hongkong tanpa keluarganya. Di Hongkong, Ip Man menjadi tunawisma karena tidak punya uang sama sekali. Akhirnya Ip Man bekerja di sebuah restoran. Kemudian Ip Man berkenalan dengan Leung Sheung, yang akhirnya menjadi murid pertamanya di Hongkong dan membuka perguruan di Hongkong.

Usahanya membuat perguruan Wing Chun di Hongkong tidaklah mulus, Ip Man sempat memindahkan perguruannya dua kali, yaitu ke Jalan Hoi Tan di Sham Shui Po dan kemudian di Jalan Lee Tat di Yau Ta Tei. Akhirnya bela diri Wing Chun cukup dikenal, karena beberapa murid Ip Man membuka perguruan sendiri. Pada tahun 1967, Ip Man dan beberapa muridnya mendirikan Asosiasi Wing Chun di Hongkong, dikenal dengan "Hongkong Ving Tsun Athletic Association."

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhyAho8N4m1mU93rl6ISrhAK_LimAcezmnRRqEKAQvT7V5t1XhapgdR4GBP1P-y-kaV5bSAl1CjJLvXQVn_DBu2HvvMDwTs6Iw2pvlWSQ-EiwPHlT0NRoXRXplW85NdMmH82oEXaJdzowA/s320/bruce_lee_ip_man.jpg
Ip Man dan Bruce Lee sedang berlatih

Tahun 1972 Ip Man menderita kanker dan akhirnya meningga tanggal 2 Desember 1972 di umur 79 tahun. Ip Man menikah dengan Cheung Wing Sing dan dikaruniai empat orang anak, diantaranya dua orang putra yang sekaligus menjadi penerus seni bela diri Wing Chun, Ip Chun dan Ip Ching dan dua anak perempuan Ip Ar Sum dan Ip Ar Woon. Sebelum Ip Man meninggal, beliau berpesan kepada anaknya dan muridnya untuk membuat rekaman video Dummy Style Wing Chun yang diperagakannya sendiri. Alasan Ip Man membuat video ini adalah karena kekhawatirannya akan banyak muridnya yang akan mengadopsi seni bela diri Wing Chun yang salah.

Ip Man punya banyak murid, seperti yang telah disebutkan di awal catatan ini. Namun sebagai catatan, ada nama Samuel Kwok, dia adalah salah satu praktisi Wing Chun dari cabang Ip Man yang diturunkan dari Ip Ching dan Ip Chun, yang mana kedua putera Ip Man. Samuel Kwok menyebarkan Wing Chun sampai ke mancanegara seperti Inggris, Amerika, Eropa, Singapura, Australia, Indonesia dan Afrika.

Sekian catatan tentang profil Ip Man, tidak banyak bisa yang saya catat. Informasi yang saya peroleh terbatas dari hasil browsing di Google. Mengenai sumber informasi saya sajikan di bawah catatan ini. Semoga bermanfaat L(^o^)/

Sumber informasi:
Ip Man. Wikipedia | diakses tanggal 27 Juli 2013
The Legend is Born - Ip Man. Wikipedia | diakses tanggal 27 Juli 2013

Posting Komentar

0 Komentar