Sekilas Tentang Heckle & Koch MP5

MP5, senjata serbu yang biasa digunakan beberapa pasukan elit dunia. Kalau yang senang bermain game online, CS (counter strike) atau PB (point blank), pasti sering bertemu dengan MP5. Senjata serbu yang bentuknya simple, tidak panjang tidak juga pendek, cocok untuk digunakan di perang dalam gedung, jarak pendek. Saya sendiri kalau main game CS atau PB, cukup sering menggunakan senjata jenis ini. Di postingan kali ini, saya ingin mencatatkan sesuatu informasi tentang senjata ini. Senjata ini termasuk senjata serbu yang saya sukai selain M16 dengan berbagai versinya. Informasi saya peroleh dari Wikipedia dan berbagai sumber terkait.
MP5 sebenarnya adalah senjata dari keluarga pistol mitraliur (submachine gun), yang diproduksi oleh perusahaan senjata asal Jerman Heckler&Koch sekitar tahun 1960-an. Senjata ini dirancang oleh Tilo Moller, Manfred Guhring, Georg Seidl dan Helmut Baureuter. Senjata ini mulai diproduksi di tahun 1966.
MP5 sendiri ada beberapa jenis, beberapa yaitu MP5A2 (popor tetap) dan MP5A3 (popor lipat). Masing-masing mempunyai bobot yang berbeda, yaitu 2,54 kilogram untuk MP5A2 dan 2,88 kilogram untuk MP5A3. Panjang larasnya sendiri yaitu 225 mm. Jenis peluru yang digunakan 9 x 19 mm luger, dengan mekanisme blowback, bolt tertutup. Jarak efektif tembaknya 200 meter dengan kecepatan 270 m/s. kapasitas amunisinya atau magasennya adalah 30 atau 100 butir, magasen ganda 150 atau 500 butir.
MP5[Sumber: Google Image]

History
MP5 seperti yang sudah dibahas diatas tadi dikeluarkan oleh Heckler&Koch, awalnya diperkenalkan dengan nama HK54. Nama ini didasarkan cara penamaan lama, HK: “5” untuk pistol mitraliur dan “4” berarti berkaliber 9 x 19 mm. Nama barunya sendiri mulai dipakai ketika senjata ini resmi diadopsi oleh Jerman Barat untuk digunakan polisi dan penjaga perbatasan. Namanya berubah menjadi Maschinenpistole 5 atau MP5. Selanjutnya GSG-9 yang adalah unit anti-teroris penjaga perbatasan itu memperkenalkan MP5 ke satuan anti-teroris barat lainnya.
Heckler&Koch melakukan pengembangan diseri MP5, yaitu MP5 seri MP5SD, “SD” singkatan dari Schalldämpfer yang artinya “suara teredam”. Pengembangan jenis ini diperkenalkan tahun 1974. Model ini mempunyai peredam suara terintegrasi dan laras khusus yang melambatkan kecepatan peluru menjadi sedikit dibawah kecepatan suara. Hasilnya senjata ini tidak terdengar dalam jarak lebih dari 15 meter.
Ada lagi varian MP5K, “K” merupakan singkatan dari Kurz yang artinya “pendek”. Panjangnya hanya 325 mm, diperkenalkan pada tahun 1976 atas permintaan dari agen penjual senjata HK di Afrika Selatan. Varian ini digunakan untuk pelindung pribadi atau para bodyguard. Senjata jenis ini mempunyai pegangan depan vertikal untuk membantu menahan hentakan, alat bidik dibuat lebih kecil, bahkan disediakan tas khusus yang dapat digunakan untuk menembak.
Selanjutnya, Heckler&Koch melakukan kontrak khusus dengan Angkatan Laut Amerika Serikat untuk mengembangkan MP5N, “N” merupakan singkatan dari Navy artinya “angkatan laut”. Varian hasil pengembangan ini dibuat untuk satuan elit angkatan laut Amerika Serikat. MP5N ini merupakan MP5 standar yang dibuat dengan konfigurasi pelatuk angkatan laut, popor lipat, laras khusus yang bisa dipasang peredam suara dan komponen yang lebih tahan karat.
Varian MP5 lainnya adalah MP5F, yang merupakan varian terbaru. “F” merupakan singkatan dari “French” atau Perancis. Varian ini dikembangkan tahun 1999 untuk militer Perancis. MP5N mempunyai komponen internal baru untuk menerima peluru kaliber 9 mm yang lebih kuat. Perubahan eksternal pada varian jenis ini adalah penggunaan popor baru dengan karet penahan, lubang untuk tali selempang di bagian kanan popor dan dua cantelan untuk tali selempang di bagian depan.
Berikut ini beberapa varian MP5 yang ada atau pernah dibuat:
  • MP5A1 >>> MP5 dengan penutup popor, dengan konfigurasi Navy/”SEF”.
  • MP5A2 >>> MP5 dengan popor tetap, dengan konfigurasi Navy/”SEF”.
  • MP5A3 >>> MP5 dengan popor lipat, dengan konfigurasi Navy/”SEF”.
  • MP5A4 >>> MP5 dengan popor tetap, dengan konfigurasi burst 3 butir.
  • MP5A5 >>> MP5 dengan popor lipat, dengan konfigurasi burst 3 butir.
  • MP5ASFA2 >>> MP5 dengan popor tetap. Fitur otomatis dihilangkangkan, SF = single fire.
  • MP5ASFA3 >>> MP5SF dengan popor lipat.
  • MP5KA1 >>> MP5K dengan alat bidik dikecilkan, konfigurasi “SEF”.
  • MP5KA4 >>> MP5K dengan konfigurasi burst 3 butir.
  • MP5KA5 >>> MP5KA1 dengan konfigurasi burst 3 butir.
  • MP5K-N >>> MP5K dengan konfigurasi Navy dan laras untuk dipasang peredam.
  • MP5K-PDW >>> PDW = personal defense weapon, MP5K-N dengan popor lipat khusus, diperkenalkan tahun 1991.
  • MP5SD1 >>> Schalldämpfer, peredam suara terintegrasi, popor A1, konfigurasi Navy/"SEF".
  • MP5SD2 >>> Peredam suara terintegrasi, popor tetap; konfigurasi Navy/"SEF".
  • MP5SD3 >>> Peredam suara terintegrasi, popor lipat; konfigurasi Navy/"SEF".
  • MP5SD4 >>> MP5SD1 dengan konfigurasi burst 3 butir.
  • MP5SD5 >>> MP5SD2 dengan konfigurasi burst 3 butir.
  • MP5SD6 >>> MP5SD3 dengan konfigurasi burst 3 butir
  • MP5SD-N >>> MP5SD dengan konfigurasi Navy, peredam suara, popor lipat.
  • MP5/10 >>> Menggunakan peluru 10 mm Auto. Dibuat dari tahun 1992 sampai 2000.
  • MP5/40 >>> Menggunakan peluru .40 S&W. Dibuat dari tahun 1992 sampai 2000.
Dari informasi di atas, terlihat bahwa MP5 merupakan senjata serbu yang cukup banyak modifikasi dan pengembangan, tergantung peruntukannya. Di situ terlihat militer USA banyak menggunakan senjata jenis ini, begitu juga untuk militer Perancis. Fisiknya yang kecil, ringan membuatnya cocok digunakan untuk misi-misi kontra teroris yang umumnya untuk aksi di medan jarak pendek, mengingat jarak efektif senjata ini sangat pendek.
Sekian informasi yang bisa saya peroleh untuk mengupas senjata serbu MP5, senjatanya para pasukan kontra teroris. Simple, praktis, cukup mematikan, berdasarkan game CS dan PB. Kalau pakai langsung jelas belum pernah, dan kemungkinannya tidak pernah. Senjata tidak mematikan, yang mematikan adalah ketika senjata itu sudah digunakan oleh orang yang salah. Peace and love, without war ;)

Posting Komentar

0 Komentar