RC213V Produksi Massal Mulai Menjalani Tes

RC213V di ajang MotoGP merupakan motor andalan Honda untuk musim 2013 ini, dan motor ini sudah mampu dikatakan pesaing terberat tim pabrikan lain, Yamaha dan Ducati. Performa RC213V sangat luar biasa. Ducati yang dahulu diklaim sebagai motor yang berpower besar cukup kewalahan menghadapi dominasi RC213V di berbagai lintasan, bahkan untuk track lurus saja RC213V mampu mengimbangi power dari Ducati Desmos GP13. Begitu juga dengan Yamaha YZR M1 yang terkenal mempunyai stabilitas hadling baik di sirkuit yang berkarater tikungan pun kewalahan menghadapi RC213V. Dibuktikan di seri awal 2013 dimana sirkuit yang dikenal Yamaha sebenarnya mampu mendominasi mampu dipatahkan RC213V.
[Sumber: otomotifnet]

Melihat performa yang kompetitif ini HRC ingin mencoba membuat motor prototipe ini untuk produksi massal, dan juga plan Honda untuk membuat motor RC213V ini bisa dipakai di tim CRT. Disamping itu Honda ingin membawa atmosfer race MotoGP pada penggemar otomotif motor besar di seluruh dunia. Mengingat apabila untuk memroduksi motor RC213V membutuhkan dana yang sangat besar, untuk itu Honda mencoba membuat motor yang serupa dengan biaya lebih murah, paling tidak tidak mengurangi aspek performanya.
Beberapa waktu lalu, saya membaca artikel berita dari Otomotif[dot]net tentang informasi terkait dengan apa yang saya catat ini. Bahwa Honda mulai mengetes motor RC213V yang digunakan untuk produksi massal di Motegi, Jepang. Kebetulan pada sesi tes tersebut ada Suzuki dan Yamaha yang ikut tes. Suzuki saat itu tengah mengetes motornya yang akan ikut MotoGP musim 2014. Yamaha pun melakukan hal yang serupa di sirkuit tersebut. Mengenai spesifikasi dari motor replika RC213V ini pihak HRC belum mau menginformasikannya. Bravo Honda!!! Lanjutkan pengembangan mu. One Heart!!!

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Pengetesan intensif yang dilakukan oleh Kousuke Akiyoshi bersama tim Honda Racing Corporation (HRC) saat mengembangkan motor replika Honda RC213V, rupanya lebih baik dari pada ekspektasi awal. Selisihnya yang tidak terlalu besar dari motor prototipe milik Honda, membuatnya cukup masuk akal dipilih oleh tim-tim privatir yang sekarang masih menggunakan mesin dari manufaktur lain yang tidak berkompetisi di MotoGP.

    “Saya sangat senang dengan performa motor replika Honda RC213V yang kami uji coba di Sirkuit Motegi, Jepang beberapa waktu lalu. Hal yang cukup mengagetkan adalah karena performa motor bisa lebih baik dari ekspektasi awal kami. Meski demikian, motor ini masih perlu mendapat pengembangan agar performanya bisa lebih baik,” jelas Nakamoto.

    Adapun selisih yang ada dari motor prototipe sekarang ini yaitu sudah berada di bawah 5 persen, menggunakan test rider yang sama. Honda akan berupaya melakukan pengetesan menggunakan pembalap utama mereka, yaitu Dani Pedrosa dan Marc Marquez dengan target yang juga berada di bawah 5 persen. Jika itu tercapai maka, motor ini sudah terbilang sangat kompetitif.

    “Sementara untuk performa top speed di trek lurus, hanya terpaut 7 km per jam dari motor prototipe. Hal ini sesuai dengan ekspektasi. Tapi kalau berbicara tentang hasil balap dengan format seperti ini, ya pastinya akan kalah jauh, sebab motor prototipe pasti akan lebih cepat menyusul lawan,” bebernya.

    Kendala terbesar yang dihadapi para insinyur pengembang teknologi di motor tersebut adalah durabilitas mesin. Dimana temperatur air pendingin dan oli mesinnya masih terlalu panas. Jika Honda sudah menyelesaikan masalah ini, maka mereka akan menjual maksimal 5 unit musim 2014 mendatang. (otosport.co.id)

    Sumber:
    http://otosport.otomotifnet.com/read/2013/06/12/341678/56/17/Nakamoto-Girang-Performa-Replika-Honda-RC213V-Kompetitif

    BalasHapus
  2. Tawaran paket lengkap dari Honda Racing Corporation (HRC) terbilang cukup solid. Mengingat motor yang dikembangkan diujicoba sendiri oleh HRC. Proses pengujiannya pun terbilang cukup intensif, apalagi berada dalam pengawasan langsung manufaktur berlogo sayap mengepak itu. Paket lengkap ini akan dibanderol sebesar 800 ribu poundsterling.

    Sayangnya mesin yang dipasok oleh Honda berbeda dari mesin yang digunakan oleh tim utama dan tim satelitnya. Dimana replika Honda RC213V tidak akan menggunakan teknologi seamless transmission dan juga memiliki konfigurasi mesin yang berbeda. Meski demikian, Honda berjanji agar paket motornya bisa mendekati motor prototipe murni yang digunakan Dani Pedrosa dan Marc Marquez.

    Tim yang menggunakan paket ini, tentunya bisa menarik keuntungan besar karena punya literasi khusus dari Honda tentang setup motor yang terbaik untuk sebuah sirkuit. Tinggal menyesuaikan dengan karakter sang pembalap. Tapi mereka tidak punya pilihan lain untuk konfigurasi rangka. Kecuali jika mau mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk membelinya.

    Honda akan memasok maksimal 5 motor diluar 4 motor prototipe murni di musim kompetisi 2014 mendatang. Jadi totalnya akan ada 9 motor Honda di kelas MotoGP musim 2014.

    “Beberapa tim sudah menghubungi kami untuk menggunakan motor tersebut di musim 2014. Diperkirakan paket motor bakal selesai di akhir Bulan Juli. Kami juga ingin bahwa tim yang akan menggunakan motor kami menyelesaikan kontrak di akhir Juli juga,” jelas Shuhei Nakamoto selaku Vice President HRC.

    Mungkin HRC belum bisa memasok langsung 4 motor kepada konsumen mereka yang akan membeli motor tersebut di sesi tes akhir musim di Valencia nanti. Tapi HRC berjanji untuk memberikan pengalaman kepada 4 tim tersebut masing-masing 2 jam untuk para pembalapnya. Baru di sesi tes Sepang tahun depan HRC akan memasok motor yang bisa digunakan oleh tim-tim tersebut. (otosport.co.id)

    Sumber:
    http://otosport.otomotifnet.com/read/2013/06/14/341732/56/17/Honda-Tawarkan-Paket-Lengkap-Untuk-Tim-Privat-di-MotoGP-2014

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6