Hibernasi

Istilah hibernasi sering saya dengar dipakai untuk hewan. Biasanya yang sering melakukan hibernasi itu beruang kutub, lalu hewan besar lainnya, yang menghabiskan masa hidupnya untuk tidur. Biasanya dipengaruhi oleh suatu musim hewan tersebut tertidur panjang. Tidak hanya untuk hewan saja sih, saya juga pernah dengar dipakai juga diistilah komputer, “hibernate”, komputer yang digunakan dalam mode standby, namun tidak sedang dipakai, namun kondisinya hidup alias nyala.
Kembali ke istilah hibernasi yang digunakan untuk hewan. Hewan yang suka tidur juga tidak dikatakan melakukan hibernasi. Contohnya kucing, kucing menghabiskan masa hidupnya untuk tidur, bahkan setengah umurnya digunakan untuk tidur. Tapi apa yang dilakukan kucing itu bukan hibernasi. Hibernasi itu yang saya pahami adalah lamanya tidur, bisa berhari-hari, bahkan hingga satu musim berakhir baru bangun kembali.
Pengertian hibernasi yang saya peroleh melalui Wikipedia yaitu kondisi ketak-aktifan dan penurunan metabolisme pada hewan yang ditandai dengan suhu tubuh yang lebih rendah, pernapasan yang lebih perlahan, serta kecepatan metabolisme lebih rendah. Hewan yang melakukan hibernasi berusaha menghemat energi. Hibernasi dilakukan terutama selama musim dingin, waktu dimana terjadi kelangkaan makanan. Selama proses itu, sumber pasokan makanan diperoleh dari membakar cadangan energi, lemak tubuh dengan perlahan. Hibernasi ini dapat terjadi selama beberapa hari atau minggu, tergantung dari spesies, suhu sekitar dan waktu.
Pada saat hewan melakukan hibernasi ini, mereka akan mencari tempat yang tersembunyi, aman dari predator atau pengganggunya. Hewan yang melakukan hibernasi akan memilih tempat yang hangat dan nyaman untuk mereka. Namun sebelum itu hewan yang akan melakukan hibernasi akan makan dengan begitu banyak, sebagai cadangan makanan di tubuhnya selama proses tidur panjang. Pada saat hewam melakukan hibernasi, hewan tersebut tidak akan terganggu oleh suara apa pun, gaduh atau ribut, karena hewan tersebut mengistirahatkan indera pendengaran, kecuali indera perabanya terhadap suhu. Inilah yang membedakan “tidur” yang dialami hewan-hewan lain seperti kucing. Kalau kucing, saat tertidur bisa dengan mudah terbangun dari tidurnya atau menggerakan anggota tubuhnya, dan dengan responsible yang relatif baik bila terjadi gangguan.
Badger
Sumber: Google Image

Hedgehog
Sumber: Google Image

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari Akses Dunia tentang Arti dan Fungsi Hibernasi Bagi Para Hewan, saya menemukan kata “hibernator”. Hibernator adalah hewan yang berhibernasi. Hibernator dari kelompok hewan berdarah panas antara lain spesies badger, hedgehog, kelelawar, elang nightwaks, ras tupai-tupaian, anjing padang rumput, hamster dan beberapa spesies khusus beruang dan swift. Sedangkan hibernator untuk kelompok hewan berdarah dingin antara lain jenis lebah, cacing tanah, kodok/ katak, kadal, kura-kura lumpur, keong dan ular.
Nah, sudah sedikit paham bukan soal hibernasi. Setidaknya kita manusia yang suka tidur kerjaannya bukan berarti kita berhibernasi. Pemakaian kata hibernasi rupanya tak cocok, tapi apabila hanya untuk sekedar ‘bercanda’ tidak apalah. Tetapi secara ilmiah sangatlah tidak cocok. Jadi intinya belum ada tercatat manusia yang melakukan hibernasi, kalau mati suri sih ada, tetapi beda konteksnya di sini. Sekian dulu informasi soal hibernasi. Postingan ini dibuat karena terkadang saya bisa menghabis waktu tidur sampai 24 jam lebih, bahkan dua kali matahari terbit saya bisa melakukannya, tapi memang dengan syarat tersedia makan-minum di samping saya. “Apakah itu hibernasi?” Ha3x, jelas hal yang berbeda dengan hibernasi pada hewan, dimana mereka tidak sama sekali makan ketika berhibernasi sedangkan yang saya masih bisa makan untuk memperoleh cadangan energi. Sampai jumpa diinformasi menarik lainnya. (^_^)?

Posting Komentar

1 Komentar

  1. mungkin bisa tinjau ulang : kalau mencari fakta teori hibernasi terhadap manusia maka kisah ashabul kahfi adalah salah satunya.. lebih dari 300 tahun mereka tidur tanpa makan dan minum tapi terbangun tanpa mengalami penurunan daya tubuh dan pengurangan usia

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6