Tokoh: Robert Downey Jr.

Robert Downey Jr., siapa yang tak kenal namanya, apalagi minggu ini, namanya tambah terkenal ketika kita melihat aksinya dalam film “Iron Man 3” (2013). Memang bukan karena film “Iron Man 3” saja, sebelumnya Robert Downey Jr. sudah membintangi beberapa film tenar lainnya, seperti skuel “Iron Man” dan “Iron Man 2”, “The Avengers”, kemudian “Sherlock Holmes”. Karakter Robert Downey Jr. sangat menarik di dalam setiap perannya, selalu menampilkan pribadi yang menyenangkan dan humoris, itu komentar setelah melihat beberapa film yang dibintanginya. Tapi tahukah, bahwa ada banyak film yang telah dia bintangi selain film yang saya sebutkan tadi?

Kalau melihat namanya, Robert Downey Jr., berarti ada dong Robert Downey Sr., dialah ayah dari Robert Downey Jr. Mereka sama-sama menyandang nama Robert Downey yang membedakan hanya Sr. dan Jr. Tapi tahukan siapa nama aslinya dan bagaimakah karir sang pemeran Tony Stark ini, setidaknya secara ringkas bisa dibahas di postingan saya kali ini. Sebagai apresiasi saya terhadap dirinya atas suksesnya memerankan karakter Tony Stark di skuel Iron Man.

 

Nama panjangnya dalah Robert John Downey, Jr. Dia lahir di New York City, New York, United State of America, 4 April 1965. Sampai postingan ini dibuat umurnya telah menginjak angka 48 tahun. Tidak hanya terkenal sebagai aktor, Downey Jr. juga seorang penyanyi berkebangsaan Amerika Serikat yang memenangkan Academy Award dan Golden Globe. Downey Jr. sudah berkarir di dunia film sejak tahun 1970, sejak usianya masih 5 tahun. Film pertamanya di tahun 1970 berjudul “Pound” yang disutradarai ayahnya sendiri. Downey Jr. sebenarnya mulai terkenal di film berjudul “Chaplin” ketika berperan sebagai Charlie Chaplin.

Downey Jr. lahir dari pasangan Robert Downey Sr. dan Elsie Ford. Downey Jr. merupakan anak kedua dari dua bersaudara, kakaknya bernama Allyson Downey yang merupakan aktris dan penulis. Robert Downey Sr. merupakan sineas di perfileman Amerika Serikat,  ibunya Elsie Ford pun seorang aktris. Hubungan kedua orang tuanya tak berlangsung harmonis, pada tahun 1978 mereka bercerai. Jadi wajar ada darah seni mengalir dalam diri Downey Jr.

Downey Jr. mulai serius meniti karir sebagai seorang aktor, dia memilih bersekolah di Stagedoo Manor Performing Arts Training Center di New York. Downey Jr. sempat menempuh pendidikan di Santa Monica High School di California namun keluar dan kembali ke New York.

Perjuangannya di dunia aktor tidak diraih begitu saja, perjuangannya cukup berat, bahkan pernah dipecat karena aktingnya dianggap biasa-biasa saja, yang dianggap menjadi penyebab turunnya rating sebuah acara dimana dia bermain. Karirnya mulai menanjak sejak perannya di film “Chaplin” tahun 1992. Downey Jr. berhasil meraih nominasi pertamanya lewat penghargaan Oscar untuk kategori Best Actor, namun kalah oleh aktor Al Pacino lewat film “Scent of a Woman” (1992).

Hidup Downey Jr. tak semulus sekarang, Downey Jr. ternyata pernah terjerumus di dunia obat-obat terlarang sekitar tahun 1996- 2001, bahkan Downey Jr. berkali-kali ditangkap dan menjalani rehabilitasi. Bahkan Downey Jr. mengungkapkan bahwa dia telah mengenal obat-obat terlarang sejak usia delapan tahun, dikenalkan oleh ayahnya yang juga seorang pecandu. Tidak hanya itu saja Downey Jr. pun beberapa kali berurusan dengan berwajib atas kepemilikan senjata api ilegal dan sampai masuk penjara.

Perjuangan yang luar biasa pastinya untuk mengembalikan hidupnya menjadi normal, hingga akhirnya bisa mencapai karir seperti sekarang ini. Di tahun-tahun mendatang masih ada judul-judul film yang rencana dibintanginya seperti “Due Date”, “The Avangers 2”, “Sherlock Holmes 2” dll. Berharap karirnya tetap baik dan kita masih bisa menyaksikan aktingnya. Sebagai informasi untuk melihat film-film yang pernah dibintanginya, lihat di sini atau di sini.

Ada sepuluh film yang pernah dibintangi Downey Jr. yang dapat diperhitungkan, diantaranya adalah “Kiss Kiss Bang Bang” (2005), “Good Night and Good Luck” (2005), “A Guide to Recognizing Your Saints” (2006), “Zodiac” (2007), “The Soloist” (2009), “Due Date” (2010), “Tropic Thunder” (2008), “Iron Man 2” (2010), “Iron Man” (2008), “Sherlock Holmes” (2009). Untuk lebih jelasnya soal deksripsi masing-masing film bisa lihat di sini dan di sini.

 

Sumber informasi:

Wikipedia. Robert Downey, Sr. | diakses tanggal 30 April 2013

Wikipedia. Robert Downey, Jr. | diakses tanggal 30 April 2013

Wow Keren. Robert Downey Jr. wowkeren[dot]com | diakses tanggal 30 April 2013

Wow Keren. Film Robert Downey Jr. wowkeren[dot]com | diakses tanggal 30 April 2013

Wow Keren. Biografi Robert Downey Jr. wowkeren[dot]com | diakses tanggal 30 April 2013

Detik Hot. 10 Film Terbaik Robert Downey Jr. (1). Detik[dot]com | diakses tanggal 28 April 2013

Detik Hot. 10 Film Terbaik Robert Downey Jr. (2). Detik[dot]com | diakses tanggal 28 April 2013

Posting Komentar

0 Komentar