IT: Lima Vendor Komputer Terbesar di Dunia

Ada yang menari ketika saya memutuskan untuk mencari tahu informasi seputar merk-merk komputer TOP dunia. Mereka inilah yang merajai pasar komputer di dunia, baik untuk personal computer, laptop, netbook, tablet dan juga malah ada yang sudah ikut terjun ke pasar ponsel pintar.
Mereka bisa diakui di dunia karena performanya yang mumpuni. Mereka bisa tetap eksis karena yang mereka jual bukan hanya style mereka, tetapi kemampuan serta daya tahan. Terutama untuk pasar Indonesia, kemampuan daya tahan (durability) dan model jadi syarat dalam memilih perangkat komputer tersebut. Kemudian juga soal fasilitas purna jualnya. Hal lainnya ya juga soal harga, terutama untuk pengguna-pengguna pemula. Saya sendiri memilih kemampuan daya tahan paling utama, kemudian harga, karena saya termasuk pengguna pemula.
Menarik ketika membaca artikel di detik[dot]com, membahas tentang "5 Vendor Komputer Terbesar Dunia". Di sana disampaikan beberapa vendor komputer yang telah aktif di pasar komputer dunia dan sudah punya pengguna setia dari berbagai kalangan baik officer, gamers, atau multimedia user dll. Berikut ini beberapa vendor tersebut:
  1. Hewlett Packard (HP) | HP merupakan produsen komputer asal Amerika Serikat. Di kuartal I tahun 2013 ini HP menguasai pangsa pasar 15,7%, angka ini turun 23,7% dari tahun sebelumnya di periode yang sama. HP sudah lama menjadi produsen komputer terbesar di dunia. Hal ini didukung pemasaran merk Compaq.
  2. Lenovo | Lenovo merupakan produsen komputer asal China. Di kuartal I tahun 2013 ini Lenovo menguasai pangsa pasar 15,3%, angka ini tidak terlalu berbeda dengan periode tahun sebelumnya. Di negara salnya Lenovo meraih pangsa pasar yang signifikan. Saya sendiri pengguna Lenovo lho ;)
  3. Dell | Dell merupakan produsen komputer berbasis di Round Rock, Texas, Amerika Serikat. Dell memproduksi dan memasarkan perangkat keras kebanyakan klon IBM. Dell di kuartal I tahun 2013 menguasai pangsa pasar sebesar 11,8%, turun 10,9% dari tahun sebelumnya. Saya mengenal Dell sebagai prodesen komputer, laptop dan netbook yang cukup ternama. Harga yang ditawarkan serta kualitas produknya menurut saya cukup baik. Meski begitu, Dell yang didirikan Michael Dell tidak sejaya dulu.
  4. Acer | Acer merupakan produsen komputer asal Taiwan. Acer di kuartal I tahun 2013 menguasai pangsa pasar 8,1%. Jika dibandingkan tahun lalu, mengalami penurunan signifikan diangka 31,1%.
  5. Asus | Asus merupakan produsen komputer asal Taiwan. Asus di kuartal I tahun 2013 ini telah menguasai pangsa pasar 5,7%. Catatan ini menunjukan penurunan sebesar 19,2% dari tahun sebelumnya. Saat ini Asus menjual komputer, laptop yang berbasis W8, serta tablet pc dan gadget android. Tak hanya itu, saya sendiri mengenal Asus sebagai produsen motherboard untuk pc, dan namanya sudah cukup mendunia sebagai produsen motherboard berkualitas.
Melihat kelima vendor besar dunia itu terlihat bahwa Lenovo didaulat bisa mengejar posisi nomor satu sebagai produsen komputer dunia, karena market share Lenovo yang stabil dari tahun sebelumnya. Situasi berbeda ditunjukan oleh Acer yang mengalami penurunan yang signifikan, kemudian di susul HP, kemudian Asus.
Saya sendiri melihat pasar komputer tanah air terus menggeliat, banyak produk pengembangan terus dihasilkan. Terutama komputer hybrid, seperti laptop yang bisa dipakai sebagai tablet bisa juga sebagai laptop. Macam-macam inovasi yang dibuat masing-masing produsen, dengan segala kecanggihannya. Tetapi saya melihat kesuksesan Lenovo untuk menyalip HP karena harga jual Lenovo yang relatif bersaing, sehingga bagi pemula pengguna komputer pasti akan memilihnya, terutama untuk para pelajar yang mulai membawa sistem pembelajaran berbasis IT di sekolahnya masing-masing. Semoga perkembangan teknologi ini bisa bermanfaat bagi semua pihak, tidak menjadi sesuatu yang malah berefek negatif. (^_^)?


Posting Komentar

0 Komentar