Hal-hal Seputar Bersin

Bersin merupakan aktivitas kesehatan, begitu sih katanya. Bersin itu sih katanya menunjukan bahwa seseorang yang melakukan aktivitas itu berarti sedang mau sakit flu, kemudian juga bisa juga menunjukan orang tersebut mengalami alergi terhadap debu atau bau tertentu, bisa juga hanya karena kebetulan ada sesuatu yang mengganggu peredaran udara yang masuk antara hidung dan mulut. Itu sih pengetahuan yang saya ketahui seputar bersin. Nah kalau jawaban ilmiah bersin itu apa ya? Mari kita cari tahu.Ketika kita mengalami hidung gatel, rasanya ingin sekali cepat bersin “hatchiii”, nah kalau belum “hatchiii” pasti hidung berasa gatel sekali, tetapi kalau sudah selesai “hatchiii” rasanya cukup lega. Memang ada juga yang bilang kalau bersin itu bisa dicegah, yaitu dengan menutup atau memencet hidung sebelum bersin, nanti bersin tidak jadi bersin. Namun jadi kurang puas gimana gitu.

Bersin adalah keluarnya udara semi otonom yang terjadi dengan keras lewat  hidung dan mulut. Bersin itu terjadi ketika ujung syaraf dalam hidung mendeteksi adanya virus atau bakteri. Bersin juga bisa terjadi ketika syaraf hidung mendapat rangsangan mengejutkan seperti bau menyengat, udara dingin atau reaksi alergi. Bahkan ada yang jika terkena sinar matahari dapat bersin, namun itu karena faktor genetik saja. Bersin merupakan reaksi spontan tubuh yang dimiliki oleh semua orang.
Ada beberapa hal yang penting dicatat dari aktivitas bersin, yaitu:
  • Ketika kita bersin, ada  partikel-partikel (liur dll) yang dikeluarkan melalui mulut dan hidung. Berdasarkan penelitian ketika bersin kita mengeluarkan 100.000 kuman keluar dari tubuh, ada juga yang mengatakan ada 10.000 mikro organisme dan bercampur lendir. Jangkauan semprotan dari partikel yang dikeluarkan itu bisa mencapai 1,5 meter, dengan kecepatan 160,9 kilometer per jam.
  • Bersin melindungi tubuh anda dengan membersihkan hidung dari bakteri dan virus. Seperti yang dibahas di atas ketika bersin ada banyak partikel yang dibuang keluar. Oleh karena itu ada baiknya dan harus ketika bersin kita menutup mulut dan hidung, agar partikel yang berisi kuman-kuman itu tidak menyebar dan menjangkiti orang lain. Dari sisi etika juga memang ketika bersin wajib untuk ditutup.
  • Bersin yang terlalu keras dapat mematahkan tulang iga, memutuskan pembuluh darah di kepala atau leher dan bisa menyebabkan kematian.
  • Kita tidak dapat bersin dengan mata terbuka. Ketika bersin akan terjadi stres yang luar biasa pada tubuh, tekanan udara terjadi di sekitar mata. Tekanan tersebut memang tidak akan membbuat mata lepas, tekanan itu akan membuat mata tak nyaman, sehingga secara reflek mata akan terpejam ketika bersin sebagai bentuk perlindungan.
  • Kita tidak dapat bersin ketika tidur. Kenapa? Karena ketika tidur syaraf bersin kita pun ikut tertidur. Neuron tubuh dan gerak refleks tidak dapat dirangsang sehingga tidak dapat mengirimkan sinyal ke otak.
  • Ketika kita bersin, secara reflek otot-otot yang ada di muka menegang, dan jantung berhenti berdenyut untuk sementara sampai bersin selesai.

Seperti yang saya bahas singkat di paragraf pertama tadi, bila kita sudah mau bersin kita bisa mencegahnya dengan menutup atau memncet hidung. Cara itu sering saya gunakan ketika saya sedang melakukan aktivitas ketika bersin harus ditunda sejenak, misalnya ketika sedang cukur rambut di bagian yang sedikit sulit dijangkau. Tapi cara ini tidak boleh dilakukan sering, karena menahan bersin itu tidak baik. Menghentikan bersin ketika bersin terjadi pun tidak bisa dilakukan. Seperti yang sudah di bahas di atas, ketika bersin itulah sebenarnya cara tubuh mengeluarkan kotoran dari bagian organ hidung.
Menahan bersin akan berakibat pada kesehatan, antara lain saraf mata akan terganggu, pecah gangguan telinga, hidung berdarah/ mimisan, terganggu dalam pendengaran. Ketika kita menahan bersin, kita menahan tekanan bersin maka tubuh akan mengatasi perubahan akibat tekanan yang kuat tersebut masuk kembali ke dalam saluran pernapasan. Tekanan tersebut lah yang menyebabkan kerusakan pada gendang telinga, pecah pembuluh nadi di kepala dan leher bisa saja terjadi.
Sudah cukup tahu kan soal bersin. Nah apa yang dibagikan di sini bisa jadi informasi untuk kita soal bersin. Jadi bersin ternyata bukan aktivitas spontan saja, tetapi punya manfaat buat kesehatan bagian hidung, mulut serta saluran pernafasan. Oh iya, yang penting lagi, bersinlah dengan etika yang baik dan benar. He3x … Cpr.
Sumber:
Rizqi, Fathul. 10 Fakta Tentang Bersin. Pulsk[dot]com | diakses tanggal 27 April 2013
Cerita Unik dan Menarik. Fakta dari Bersin. unik-go[dot]blogspot[dot]com| diakses tanggal 27 April 2013
Downest. 2013. Tentang Bersin. downest[dot]com | diakses tanggal 27 April 2013
Joy Home Work. 2010. Fakta-fakta Mengerikan Tentang Bersin. joyhomework[dot]wordpress[dot]com | diakses tanggal 27 April 2013


Posting Komentar

0 Komentar