Bersin Ketika Berkendara

Beberapa saat lalu saya pernah membuat catatan seputar bersin yang berjudul Hal-hal Seputar Bersin. Di catatan itu saya hanya ingin membuktikan tentang apa yang ingin saya bagikan di postingan kali ini, bahwa “berhati-hatilah ketika bersin sambil berkendara”. Oleh karena itu saya coba terbitkan catatan tentang hal-hal seputar bersin sebelum saya buat postingan ini.
Nah, dalam berkendara sangat dibutuhkan konsentrasi yang penuh. Karena jika kita tidak berkonsentrasi resikonya akan fatal, yaitu kita akan kehilangan kendali atas kendaraan yang kita bawa. Sudah banyak laka yang disebabkan kurangnya konsentrasi ketika berkendara, baik motor maupun mobil. Saya membuat postingan ini karena didasarkan pengalaman pribadi.
Hal-hal yang menyebabkan ketidak konsentrasian kita ketika berkendara yaitu menggunakan ponsel baik sms atau telepon ketika berkendara, bercanda, mengobrol terlalu serius, mengantuk, merokok, bahkan sampai bersin. Soal bersin inilah yang akan saya bahas, kenapa bersin itu menyebabkan hilangnya konsentrasi.
Di artikel Hal-hal Seputar Bersin yang telah saya posting disebutkan bahwa ketika bersin mata kita akan terpejam sesaat, sampai bersin itu selesai. Nah saat mata terpejam inilah yang mengurangi konsentrasi ketika berkendara, ini yang patut diwaspadai ketika berkendara. Terutama ketika kita berkendara dengan kecepatan tinggi di lalu lintas yang ramai lancar. Ramai lancar ini maksudnya, kondisi lalin cukup ramai dengan jarak dekat namun mengalir cepat. Nah ketika kita bersin mata akan terpejam sesaat, nah saat itulah apabila kendaraan di depan kita bermanuver atau mengerem mendadak maka akan berbahaya bagi kita. Kita akan kagok dan bila jarak amannya berkurang bisa saja terjadi laka lalin, bisa saja kita menabrak kendaraan di depan kita. Nah inilah yang saya bilang berbahaya sekali. Sebenarnya tidak pada kecapatan tinggi saja, kecepatan rendah juga, apa bila kita kehilangan konsentrasi akan berakibat laka juga.
Oleh karena itu, ketika berkendara selalu siapkan jarak aman dengan kendaraan di depan kita atau di belakang kita. Bersin ini menurut catatan di Hal-hal Seputar Bersin diusahakan untuk tidak ditahan karena kurang baik bagi kesehatan, oleh karena itu ketika akan merasakan bersin pinggirkan dulu kendaraan ke tempat yang relatif aman baru bersin. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan kita dan pengendara yang lainnya. Hal yang sederhana namun penting. Jadi lakukan yang terbaik untuk menjaga keamanan kita dan orang lain ketika berkendara. Selamat berkendara dengan aman dan sehat. Cpr.


Posting Komentar

0 Komentar