Menulis Blog Secara Offline Baca Buku Ini

Malam ini saya memanfaatkan waktu libur untuk pergi ke toko buku. Di sana saya menemukan buku yang menarik, buku yang sangat sesuai dengan hobi yang saya sukai, yaitu ngeblog. Buku ini membahas tentang tips dan trik ngeblog dengan offline. Buku ini tambah menarik ketika sedang mendapat promo diskon 50%, menarik bukan? Pastinya dong ;)
Judul buku yang buat saya tertarik itu adalah Trik Menulis Blog Secara Offline, Jubilee Enterprise, dari penerbit Elex Media Komputindo, publish tahun 2008. Dalam buku ini disajikan berbagai macam cara melalui beberapa aplikasi yang  bisa dijadikan pilihan untuk melakukan posting tulisan secara offline. Ada 11 aplikasi yang coba dibedah di buku ini. Apa sajakah aplikasi itu? Coba saja baca bukunya.
Saya sendiri memilih salah satu aplikasi untuk memposting tulisan secara offline, yaitu dengan aplikasi browser flock. Aplikasi flock ini bagi saya sudah tak asing, karena dua tahun lalu saya pernah menggunakannya. Aplikasi browser flock ini menurut saya cukup ringan, tidak seberat firefox yang selama ini saya pergunakan. Kebetulan sudah dua tahun saya melupakan aplikasi flock ini, karena kebetulan saya tidak memiliki softwarenya. Setelah saya membaca buku tadi, saya jadi teringat dan ingin menggunakannya, toh kebetulan ada yang ingin saya gunakan dari fitur yang ada dalam flock. Dulu saya tidak mengetahui kalau dalam flock disediakan fitur posting blog.
Sepulang dari toko buku, saya langsung membuka dan membaca buku ini, dan tentunya langsung saya praktekan. Saya buka langsung ke tujuan, "Bab 9 Flock". Pada awalnya saya harus mengunduh software nya terlebih dahulu. Filehippo jadi tujuan awal saya. Tidak lama untuk mengunduh file berukuran 10 Mb. Kemudian setelah itu saya instal dan saya sinkronkan dengan account blogger yang saya miliki. Akhirnya saya bisa membuat postingan ini, yang awalnya saya buat dalam kondisi offline. Hasilnya bisa dilihat sendiri.
Saya sangat terbantu dengan aplikasi ini, karena dengan adanya aplikasi ini saya bisa membuat draft tulisan, sebelum saya mempostingnya. Biasanya saya menggunakan MS Office Word, tetapi kadang saya kesulitan untuk menangkap atau menggali ide, karena tampilannya yang teramat kompleks. Bila saya langsung menulis via online blogger, terkadang sering terjadi masalah koneksi yang terputus. terkadang malah postingan yang sudah saya buat hilang begitu saja, karena menu menyimpan otomatis tidak bekerja dengan baik. Kini semua itu bisa diminimalisir, saya bisa langsung posting draft tulisan atau menyimpannya terlebih dahulu, kalau sudah siap tinggal Publish saja.  Lebih simpel. Sekian share dari saya, semoga bisa bermanfaat. Selamat ngeblog secara offline. Cpr.
Blogged with the Flock Browser

Posting Komentar

0 Komentar