Manfaat Dari Kesegaran Sirsak



Segarnya ketika siang hari tengah terik, kita meneguk segelas jus sirsak, dahaga dan kesegaran langsung terasa ditenggorokan, belum lagi sensasi kecut dan manis yang menyertai setiap teguk jus. Beruntung saya siang ini bisa menikmati satu gelas jus sirsak buatan nyokap. Jarang-jarang saya bisa pulang soalnya, maklum “karyawan rodi Jepang”.
Sambil meneguk jus sirsak ini terpikir di kepala soal manfaat dari buah yang saya nikmati olahannya dalam bentuk jus ini. Saya coba browsing untuk mencari tahu apa saja yang terkandung dari buah sirsak.

Sirsak, punya nama yang berbeda-beda di tiap daerah, namun secara umum ketika orang menyebut buah yang satu ini sudah pasti yang mendengar tahu, apa sih buah sirsak itu. Di Jawa dikenal dengan sebutan nangka belanda, di Bali dikenal dengan srikaya jawa,  di Madura dikenal dengan nangka buris, di Aceh dikenal dengan deureuyen belanda, di Nias dikenal dengan sebutan durio ulondro, di Minangkabau dikenal dengan durian betawi dan lain-lain.
Asal nama sirsak sendiri itu berasal dari bahasa Belanda, “zuurzak” yang artinya kantong asam. Memang sirsak itu punya rasa dasar yaitu asam. Sirsak masuk Indonesia ketika pemerintahan Kolonial Belanda.  Sirsak punya bahasa latin annona muricata L, berasal dari daerah Karibia Amerika Tengah dan Amerika Selatan.
Pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter. Di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 meter dari permukaan laut. Buah sirsak dapat mencapai ukuran hingga 20 -30 centimeter dengan berat mencapai 2,5 kilogram. Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam.
Zat gizi yang terkandung pada buah sirsak antara lain karbohidrat terutama fruktosa, kemudian ada vitamin C, vittamin B1 dan vitamin B2. Biji sirsak adalah beracun, bisanya digunakan sebagai insektisida alami.
Sirsak ini tidak hanya bermanfaat pada buahnya, tetapi juga ada pada daun dan pohonnya. Buahnya sudah kita ketahui manfaatnya atas gizi yang dikandungnya.  Daun sirsak ternyata mengandung banyak manfaat untuk bahan pengobatan herbal dan untuk menjaga kondisi tubuh.  Ada banyak zat yang terkandung pada daun sirsak, antara lain mengandung acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin. Kandungan senyawa ini punya banyak sekali manfaat bagi tubuh, bisa untuk obat penyakit atau meningkatkan kekebalan tubuh. Daun sirsak memiliki target yang efektif dan bisa membunuh sel-sel ganas bagi 12 jenis kanker, termasuk kanker usus besar, kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru dan kanker pankreas. Mampu meningkatkan energi di dalam tubuh, menambah stamina, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi yang mematikan, mampu mencegah radikal bebas dan masih banyak khasiat yang lainnya (mampu menghambat pertumbuhan bakteri, membantu menghambat mutasi gen, membantu menghambat perkembangan virus, membantu menghambat perkembangan parasit, membantu menghambat pertumbuhan tumor, membantu merileksasi otot, sebagai anti kejang, membantu meredakan nyeri, mampu menekan peradangan, menurunkan kadar gula darah, menurunkan demam, menurunkan tekanan darah tinggi, menguatkan saraf, membantu menyehatkan jantung, membantu meningkatkan produksi asi pada itu hamil, membantu melebarkan pembuluh darah, membunuh cacing parasit, mengurangi stres, menguatkan pencernaan dan meningkatkan nafsu makan).
Bila ingin mendapatkan penjelasan lainnya bisa kunjungi link terkait yang saya sediakan di bawah ini, sebagai sumber dari postingan yang saya tuliskan di sini. Semua informasi saya peroleh dari link di bawah ini. Semoga informasi yang saya rangkum ini bisa bermanfaat. Cpr.

Sumber :
Sirsak. Wikipedia | diakses tanggal 3 Januari 2013
Manfaat Buah Sirsak. Web Wanita | diakses tanggal 3 Januari 2013

Posting Komentar

0 Komentar