Operating System Original Version



Pembajakan di Indonesia tidak terjadi pada lagu atau karya seni saja, namun juga sudah dari dulu merambah ke dunia teknologi. Pembajakan terjadi karena alasan mahal, bila harus membeli software asli.
Sebenarnya manfaat yang diperoleh bila menggunakan software asli adalah soal security dari netbook atau laptop atau personal computer yang kita gunakan lebih terjamin; kemudian kit a juga akan terbebas dari yang namanya razia. Sebagai informasi, bila kita ke bandara untuk melakukan penerbangan, bila kita membawa netbook atau laptop akan dilakukan pemeriksaan akan software yang digunakan, bila kita ketahuan menggunakan software bajakan, jangan harap netbook atau laptop anda bisa anda bawa sebelum software itu dikosongkan. Informasi yang saya dengar ini sejauh ini baru sebatas dengar-dengar saja dari orang lain, saya belum pernah mengalaminya.
Membahas soal keamanan dari netbook atau laptop atau personal computer kita adalah, kita akan terbebas dari file virus yang sifatnya membajak data dari komputer kita. Sistem keamanan menyoal ini lebih terjamin. Karena software asli setau saya selalu mengupdate file terbaru dari web vendor operating system yang kita gunakan.
.
Selama ini saya memang masih menggunakan software yang tidak seharusnya, karena alasan mahal. Untuk mendapatkan OS yang asli saya harus mengeluarkan dana lebih. Itu alasan utama. Kemudian kalau soal keamanan, kebetulan netbook yang saya gunakan tidak untuk hal-hal serius yang membutuhkan keamanan tingkat tinggi. Tapi saya akan coba menabung untuk mendapatkan apa yang seharusnya. Oleh karena itu saya coba mencari tahu tentang OS original berikut harga dan informasi yang terkait.
Alasan kenapa kita harus membeli software asli karena bila kita menggunakan software bajakan, merupakan tindakan pelanggaran hukum, apalagi kita jadi pelaku pembajaknya. Ada aturan yang mengikatnya, yaitu Undang-undang No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta. Bagi pengguna software bajakan dapat diancam hukuman lima (5) tahun dan atau denda Rp 500 juta.
Masa berlaku OS original yang kita beliadalah berlaku seumur hidup, jadi ternyata bila kita beli yang asli itu cukup hanya sekali seumur hidup. Kecuali software antivirus yang biasanya dijual yang berlaku satu tahun. Nah Cuma yang jadi pertanyaan, bila kita beli OS versi lama, apakah akan ada terus update pengembangan dari OS tersebut. Bagaimana kalau nanti update nya dihentikan, apakah saat itu pula OS yang kita gunakan ‘pensiun’? Pertanyaan yang belum saya temukan jawabannya.
Nah, soal software asli ini ada hal-hal sederhana yang perlu kita ketahui. Software OEM, OLP, FPP, nah apakah itu semua? Infonya saya coba sadurkan di bawah ini.
Penjelasan
OEM
(original equipment manufacturing)
OLP
(open license program)
FPP
(full product package)
Merupakan lisensi yang melekat di pc/ netbook/ laptop. Lisensi ini tidak dapat ditransfer ke unit lain.
Lisensi ini akan melekat pada hardware yang ada di unit terinstal.
Produk key dalam bentuk COA (certificate of authenticity) harus ditempelkan di unit terinstal.
Lisensi ini diperuntukan untuk perusahaan skala kecil-menengah.
Minimal pembelian pertama adalah 5 unit dari produk aplikasi atau server atau system (bisa campur).
Lisensi OLP melekat pada organisasi/ perusahaan dan dapat ditransfer antar unit dalam organisasi atau perusahaan yang sama.
Lisensi melekat pada pembeli atau pemilik.
COA tidak usah ditempel pada unit, karena sudah tertempel pada bos pembelian. Box pembelianlah yang harus dijaga dan bukti pembeliannya.
Bila hardware rusak bisa dipindahkan ke unit lain.
Keuntungan : harga paling urah, ready stock,
Keuntungan :
Jika terjadi kerusakan pada hardware lisensi bisa dipindahkan ke unit lain; hak untuk membuat image standard dan menyebarkannya ke banyak unit.
Kekurangan : harganya yang 2-3 kali lebih mahal dari versi lainnya EOM dan OLP.
Kekurangan : jika anda mengganti hardware terutama motherboard maka kemungkinan aktivasi akan ditolak; tidak ada box/ buku
Kekurangan : harga lebih mahal dari EOM; tdak bisa dibeli satuan (min 5); tidak ada versi WindowsXP atau Vista yang tersedia hanya versi WindowsXP Profesional atau Vista Business versi upgrade (dengan catatan anda punya Windows asli sebelumnya, sebanyak jumlah unit yang ada).

Harga :
Windows 7 Home Basic Rp 861.960
Windows 7 Home Premium Rp 1.087.245
Windows 7 Professional Rp 1.459.455
Windows 7 Ultimate Rp 1.939.410

Office 2007 Basic (Word, Excel, Outlook) Rp 1.645.560
Office 2007 Small Business (Word, Excel, Outlook, Publisher, Power Point) Rp 2.252.850
Office 2007 Professional (Word, Excel, Outlook, Publisher, PowerPoint, Access) Rp 2.967.885
Harga :
Office 2010 Standard Rp 3.624.150
Office 2010 Professional Rp 4.926.885
Harga :
Office 2010 Professional Rp 4.770.165
Windows 7 Professional Rp 2.047.155
Windows 7 Ultimate Rp 2.174.490

Sumber : berbagai sumber

Sudah dilihatkan perbandingan harganya, cukup mahal memang. Tapi paling tidak kita bisa tahu berapa yang kita butuhkan untuk melengkapi perlengkapan netbook/ laptop/ pc kita dengan software yang asli. Pelan-pelan mari kita memulai menggunakan software yang asli. Kalau belum punya ya mending nabung dulu dah, mengingat harganya yang lebih mahal dari unit netbook/ laptop/ pc yang kita gunakan. Ironis memang, tapi sudahlah, itu menunjukkan harga sebuah karya cipta original adalah mahal. Cpr.



Sumber informasi :
Software Asli. FAQ | diakses tanggal 8 Desember 2012
Software Asli. Harga | diakses tanggal 8 Desember 2012

Posting Komentar

0 Komentar