Film : Life of Pi

[Sumber : Google Image]
Life of Pi, itulah judul dari film yang saya tonton kemarin malam. Ketika mendengar judul film ini yang tersirat adalah film tentang kisah kehidupan sesorang, tapi siapa dia? Seberapa pentingkah orang itu?
Ternyata setelah menonton film ini, Pi hanya orang biasa, kisah cerita dalam film ini diambil dari sebuah novel. Pi adalah nama panggilan dari tokoh utama di film ini. Dia bukan siapa-siapa, dia hanya laki-laki biasa. Yang diangkat dalam film ini adalah mengenai hubungan keyakinan antara manusia dan Tuhan, kemudian juga adalah soal harapan dan semangat hidup, serta juga memberikan pengetahuan mengenai hubungan manusia dan hewan.
Film ini dimulai dari India. Tempat dimana asal Pi (Pi Patel) yaitu di Pondcherry. Pi lahir di keluarga yang normal. Keluarganya mempunyai sebuah kebun binatang. Di kebun binatang itu ada banyak binatang yang dipelihara, ada macan bengali, ada kuda zebra, ada orang utan bahkan sampai ada heyna, masih banyak lagi binatang-binatang yang lainnya dipelihara di situ.
Pi lahir dan besar di tempat asalnya itu. Pi punya pemikiran-pemikiran yang menurut saya sedikit nyeleneh dan aneh. Di situ Pi ini punya keyakinan yang menyamaratakan agama, intinya adalah satu yaitu Tuhan yang dipanggil dengan sebutan yang berbeda. Ada tiga agama yang diceritakan coba dijalani Pi, Hindu, Katolik dan Muslim.
Cerita yang ditampilkan di film ini memakai alur maju-mundur. Pi dewasa tengah menceritakan pengalaman hidupnya kepada rekannya di Kanada. Masih merujuk pada hal yang saya bahas tadi, ada hal yang menggelitik ketika saya mendengar percakapan Pi dewasa dengan rekannya itu. Pi ditanya, kepercayaan apa yang Pi ini anut. Pi menjawab spontan "Hindu-Katolik". Saya langsung tersenyum, lucu juga. Mungkin bagi orang lain yang menonton bukan hal yang lucu, tapi lain bagi saya. Kenapa? Bagi pemikiran saya hal itu merupakan dua hal berbeda, tapi Pi mencoba menyamakannya, #unik.
Pi punya hewan yang membuatnya tertarik, yaitu seekor macan bengala. Macan dewasa yang cukup besar. Pi menganggap bahwa manusia bisa berteman dengan hewan, ketika itu Pi kecil masih berpikir seperti itu, sampai akhirnya ayahnya menunjukkan bahwa macan merupakan hewan yang berbahaya yang tidak bisa diajak untuk berteman. Jawaban itu akhirnya terbukti di akhir cerita, ketika setelah petualangan yang panjang di lautan bersama macannya berakhir begitu saja ketika macan itu meninggalkannya.
Kembali ke kisah Pi ini. Keluarga Pi memutuskan meninggalkan India karena saat itu sedang terjadi pergolakan politik. Ayahnya memutuskan untuk menjual rumah berserta tanah kebun binatangnya dan pindah ke Kanada. Hewan-hewan di kebun binatang itu diputuskan untuk dibawa sekalian ke Kanada.
Petualangan Pi dimulai di perjalanan saat berlayar menuju Kanada. Kapal yang ditumpangi Pi mengalami musibah ketika dihantam badai besar, hingga akhirnya mengkaramkan kapal yang ditumpanginya. Seluruh anggota keluarga Pi beserta hewan-hewan peliharaannya tenggelam, yang tersisa hanya Pi, seekor zebra, heyna, orang utan (diberi nama orange jus) dan macan bengala yang bernama Richard Parker.
Pi berhasil naik sebuah skoci untuk menyelamatkan diri bersama dari binatang-binatang tadi. Pada akhirnya hanya Pi dan macan bengala yang tersisa. Pi mengalami petualangan hebat diterpa hujan badai dan ombak besar dengan terombang-ambing di tengah laut tanpa tujuan. Di sana Pi berjuang bertahan hidup, berjuang melawan alam, berjuang melawan dirinya sendiri, dan berjuang menghadapi ketakutannya menghadapi macan bengala nya. Di situ kita bisa ambil pelajaran berharga.
Hal lainnya adalah mengenai keyakinan dan kepercayaannya pada Tuhan. Sempat Pi mengalami ketidakyakinan pada Tuhan, namun akhirnya Pi mempercayakan semua hidupnya padaNya hingga akhirnya Pi selamat.
Bila penasaran mengenai film ini cobalah untuk menontonnya. Pendapat saya mengenai film ini adalah menarik, menurut saya ada hal-hal menarik yang bisa dijadikan pelajaran. Hal menarik itu sedikitnya saya sudah sampaikan di atas. Ada catatan mengenai film ini, menjelang bagian akhir terasa sedikit membosankan, karena sedari awal kita disuguhkan action keganasan dari lautan lepas, pada akhirnya saat alur cerita mulai turun sedikit ada kebosanan.
Hal yang menarik lagi adalah setelah menonton film ini saya masih terngiang-ngiang adegan kengerian dari lautan lepas. Dulu saya melihat laut sebagai hal biasa, atau kalau terjadi hujan di laut ya hanya sebatas hujan. Tapi di film ini ditunjukan bahwa badai yang terjadi di tengah lautan lepas sangat mengerikan, dan itulah kenapa banyak pelayaran yang ditunda ketika terjadi badai di lautan.
Over all film ini menarik untuk ditonton ;)

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Baru2 ini ada pelaut yang sempat tertolong karena terombang-ambing di laut, hanya dengan menggunakan skoci kecil yang sudah dimodifikasi. Pelaut ini terombang-ambing ditemani kucing peliharaannya.

    Mirip seperti kisah di film life of pi, yang ditemani seekor harimau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://m.detik.com/news/internasional/d-3788373/pria-ini-selamat-usai-7-bulan-terombang-ambing-di-samudra-hindia?_ga=2.266160524.2020652972.1514187855-455181285.1506297971

      Hapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6