Pameran IndoDefence 2012

Tempat registrasi[Sumber : Dokumentasi cocoper6]
Pameran Indo Defence, begitulah tulisan yang tertulis pada sebuah undangan untuk umum, pameran apakah itu? Awalnya saya bingung ketika menbaca undangan tersebut pada majalah yang bergenre militer, pameran apa ya? Tertulis dari undangan yang tercantum pada halaman sebuah tabloid militer itu berisi bahwa ini adalah pameran teknologi pertahanan tiga matra, angkatan darat, laut dan udara, plus kepolisian Republik Indonesia.
Berdasarkan informasi yang saya peroleh itu menginformasikan bahwa pemaran ini berskala internasional, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. Tercantum tanggal pameran 7 – 10 November 2012 bertempat di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.
Setelah itu saya putuskan untuk datang ke pameran itu. Kebetulan pameran itu dibuka untuk kalangan umum, dan investor yang tertarik terhadap industri pertahanan. Hari itu tanggal 7 merupakan hari pertama pameran dibuka, ketika itu saya datang pukul 13.00, terlihat suasana di sana tidak begitu ramai. Namun tidak bisa bilang sepi juga. Pengunjung pameran itu kebanyakan dari orang-orang kantoran, pebisnis, serta kalangan militer baik militer lokal maupun dari luar negeri. Wajar saja karena pameran ini adalah pameran internasional yang pesertanya diikuti dari beberapa negara besar dunia. Ada Rusia, China, Korea Selatan, USA, Kanada, Brazil dan negara-negara Balkan dan masih banyak negara-negara lain yang konsen di industri militer berpartisipasi dalam pameran ini.
Pameran ini merupakan pameran kelima yang diselenggarakan oleh Kemenhan. Terlihat memang apa yang disuguhkan baik, terlihat berpengalaman. Awal saya masuk ke lokasi pameran, saya langsung menuju loket registrasi. Awalnya saya menduga acara ini dipungut biaya masuk, tapi ternyata tidak. Saya pun mengisi kertas formulir registrasi lalu untuk ditukarkan di loket dengan name tag yang dikalungkan, seperti name tag pesera seminar. Resmi sekali saya pikir ketika itu. Pameran di hari terakhir lah yang saya dapat kabar kalau dipungut tiket masuk, entah nominalnya berapa saya kurang paham.
Masuk ke area pameran, di halaman utama JIExpo di tampilkan kendaraan-kendaraan militer hasil produksi dalam negeri, PT Pindad. Kendaraan-kendaraan ini terlihat gagah sekali, berderet ada beberapa kendaraan. Kendaraan ini merupakan kendaraan tempur untuk angkut personel, mirip-mirip kendaraan tempur Anoa buatan Pindad yang cukup terkenal.  Ada pula kendaraan tempur yang memang buatan dari asing yang ditampilkan di sini, salah satunya adalah tank Leopard buatan Jerman yang rencananya akan dibeli militer RI. Penampakan kendaraan yang saya maksud itu bisa dilihat di gambar yang saya sajikan di postingan ini.
Di halaman dalam JIExpo Kemayoran[Sumber : Dokumentasi cocoper6]
Tank Leopard[Sumber : Dokumentasi cocoper6]
Tidak hanya di halaman saja, pameran yang sesungguhnya sebenarnya ada di hall di dalam arena JIExpo. Di dalam hall ini tersaji stan-stan perusahaan industri senjata dari berbagai negara maju di dunia militer. Stan ini mewakili nama perusahaan industri atau pabrikan berasal. Ada industri militer darat, udara, dan laut. Untuk matra darat ada yang menampilkan kendaraan-kendaraan tempur, amunisi-amunisi dari kaliber ringan sampai berat, sampai teknologi radar. Untuk matra laut ada sajian kapal perang, kapal selam bahkan ada kapal induk. Dan untuk matra udara tersaji juga helikopter, pesawat tempur sampai pesawat angkut penumpang sipil. Jangan berpikir terlalu tinggi dulu, karena yang disajikan di sana adalah bentuk miniatur saja. Meski miniatur kecanggihan dari apa yang ditampilkan itu divisualisasikan dalam video yang ditayangkan di masing-masing stan itu.
Suasana pameran di hall dalam JIExpo Kemayoran[Sumber : Dokumentasi cocoper6]
Komentar saya melihat itu semua adalah kekaguman, begitu pesatnya kemajuan teknologi pertahanan dan persenjataan negara-negara di dunia. Masing-masing negara mampu unjuk kebolehan sumber daya mereka dalam menampilkan industri pertahanan yang canggih dan mutakhir. Komentar miris pun saya lontarkan, bahwa semua itu dibuat pada kenyataannya digunakan untuk menghabisi manusia dalam perang. Harapan saya, apa yang ada di situ bisa digunakan untuk hal-hal positif, bukan untuk menghabisi sesama manusia dalam perang.
Tak ketinggalan Indonesia pun menampilkan sumber dayanya dalam industri pertahanan dan persenjataan. Ada PT Pindad, PT PAL, ada pula PT Sritex yang merupakan industri tekstil yang mensuplai pakaian serta perlengkapan militer dan masih banyak perusahaan lokal lainnya yang unjuk produk pada pameran itu.
Pameran yang menarik untuk melihat sejauh mana perkembangan industri militer negara-negara di dunia. Pameran ini pun membuat saya membuka mata, melihat berbagai macam orang dari luar negeri. Di sana banyak orang asingnya, karena masing-masing stan dari negara luar dijaga oleh ‘pemapar’ dari luar pula. Pameran yang menarik. Rekomendasi bagi pelajar atau masyarakat umum yang ingin menambah wawasan tentang dunia militer bisa datang ke pameran ini. Mungkin pada pameran di tahun berikutnya bisa datang berkunjung ke sini.
Sekian cerita singkat saya setelah datang berkunjung ke Indo Defence 2012. Semoga bisa menambah informasi bagi rekan-rekan lain yang mungkin belum pernah datang ke pameran seperti ini. Mungkin nanti tahun depan pada pemeran berikutnya bisa datang berkunjung, hanya sekedar melihat-lihat tidak masalah. Sampai jumpa di pameran berikutnya. Cpr.

Posting Komentar

0 Komentar