Driver Lenovo IdeaPad S100c

Lenovo, merk netbook yang kini jadi pegangan saya untuk menemani bekerja. Tidak terpikir untuk menggunakan merk ini. Secara, sudah terbiasa mengenal produk asal Taiwan, Asus. Seperti pada postingan sebelumnya, Lenovo ini saya peroleh ketika ada promo elektronik di swalayan besar. Awalnya saya lihat spesifikasinya cukup lumayan, tidak kalah dengan Asus yang saya incar, karena mereka sekelas. Yang membuat Lenovo ini jadi pilihan karena harganya yang cukup terjangkau dengan budget saya yang pas-pasan.
Awalnya saya berpikir netbook ini sama saja seperti netbook lainnya yang pernah saya pakai, yang saya ikuti sendiri proses instal operating systemnya sendiri. Ternyata Lenovo ini cukup merepotkan saya. Bahkan sampai saat ini saya buat postingan ini, netbook yang saya pakai ini belum maksimal dari sisi graphic layarnya. Masalahnya adalah saya kesulitan menemukan driver yang cocok atas hardware yang tersemat dalam netbook Lenovo tipe ini, Lenovo IdeaPad S100c.
Seperti yang saya utarakan pada postingan sebelumnya, dalam paket pembeliannya tidak disertakan driver pendukung. Sehingga saya harus repot untuk mengunduh drivernya di website resmi maupun dari browsing google. Masing-masing driver ini berbeda untuk operating system.
Pada awalnya saya memilih Windows 7, namun setelah saya instal, saya mempunyai masalah pada driver Graphic yang tidak bisa terinstal, dengan alasan bahwa hardware yang tersemat tidak support dengan driver yang terinstal. Kemudian adalah pada driver Management Power pun tidak bisa bekerja maksimal. Kemudian driver lainnya yang harusnya bisa maksimal tidak bisa digunakan atau tidak bekerja. Hal ini membuat saya frutasi, saya berkali-kali mencari driver yang saya maksud itu namun tidak berujung hasil. Sampai saya menghubungi kontak support Lenovo, namun link yang disampaikan tak berbuah manis.
Pada Windows 7 ini tampilan layar yang tidak terinstal graphic yang sebenarnya membuat tampilan layarnya menjadi besar. Ikon-ikon aplikasi program yang ada jadi lebih besar. Saya lihat resolusi yang tersedia, hanya tersedia 800x600, sedangkan yang saya butuhkan lebih dari itu. Kualitas gambarnya pun menjadi tidak tajam. Hal ini yang membuat saya risih, karena mata saya jadi lebih lelah jika berada di depan netbook ini. Hal berbeda saya lihat pada netbook demo dengan tipe yang sama di swalayan dimana saya memperoleh netbook ini. Di sana tampilannya cukup maksimal.
Akhirnya saya memutuskan mengganti OS, menggantinya dengan Windows XP. Pada Windows XP ini sedikit berbeda, layar yang ditampilkan memang otomatis dengan sendirinya berubah menjadi lebih kecil, meskipun sama saja kualitas gambarnya tidak tajam dan membuat mata lelah. Namun hal ini cukup menghubur saya, meskipun saya masih tidak puas. OS XP ini jelas sudah ‘jadul’, secara sekarang banyak perangkat netbook atau laptop menggunakan Windows 7 bahkan ada yang telah menggunakan Windows 8.
Apa yang saya alami ini menjadi catatan saya, sekaligus menjadi pekerjaan rumah saya untuk mencari setting yang maksimal untuk netbook saya ini. Saya coba share di postingan ini barangkali ada rekan-rekan yang mengalami hal serupa, jadi bias memberi masukan. Karena saya harapkan dari contact support Lenovo sendiri hasilnya sama ‘nihil’ Atau mungkin ada rekan-rekan yan mau berbagi permasalahn yang serupa di sini. Saya tunggu komentarnya di bawah ini.
Bila dalam waktu dekat ini ada perkembangan yang signifikan mengenai masalah yang saya hadapi ini, akan saya sampaikan juga di kolom komentar yang ada, sekaligus menambah informasi dari postingan ini. Cpr.

Posting Komentar

18 Komentar

  1. coba ke sini http://www.driveridentifier.com/scan/download.php?item_id=652295210&scanid=3D169F5D470C401884BF7C48C4D6F8C6&hardware_id=PCI%5CVEN_168C%26DEV_0032%26SUBSYS_3119185F saya juga punya masalah yang sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thx atas kunjungannya.
      Kalau boleh tau netbook bro/sis tipe yang sama? Lalu sekarang bagaimana? Apakah sudah berhasil mengatasi masalahnya?
      Saya sudah coba mengunjungi link yang brp/sis kasi itu sebelumnya, namun hasilnya sih masih sama saja. Sampai saat ini tampilan nya masih 'besar'.

      Hapus
    2. tipe berapa mas bro yang gak suport mungkin kita bisa membantu

      Hapus
  2. http://kebalkebul.blogspot.com/2012/11/driver-lenovo_4.html
    tak perbaiki mas linknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga sudah coba masuk ke link ini, tapi tetap saja sama. Driver khusus untuk graphic tidak support dengan hardware nya.

      Hapus
  3. Sy juga sudah mencoba instal Driver Magician, Easy Driver sampe Driver Indentifier, smw aplikasi yang sy sebut itu berbayar. Sehingga tidak maksimal digunakan. Memang bisa mendeteksi driver apa saja yang belum terinstal. Namun untuk download otomatis driver yang sesuai atau cocok disitu yang sulit. Apakah ada yang bisa?

    BalasHapus
  4. sudah coba di link ini? http://www.driverstools.com/ibmlenovo-drivers/driver-lenovo-ideapad-s100c-notebooks-for-windows-7/ saya sdh pakai bisa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bernahkah? Kalau untuk driver OS XP SP3 ada juga? Saya soalnya pakai XP SP3. Thx infonya, saya akan coba deh.

      Hapus
    2. Rekan Anonim, thx ya, akhirnya Lenovo saya bisa dipakai seperti yang saya mau. Thx
      Setelah disarankan di atas, saya coba langsung buka link yang disampaikan. Saya download disesuaikan dengan OS yang saya gunakan, dan setelah didownload saya instal akhirya bisa juga.

      Hapus
  5. saya pakai win 7 tapi lom dapet driver VGA yang cocok..
    minta pencerahanya agan2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk yang memakai W7 saya belum pernah mencobanya, soalnya, awal saya sempat coba pakai W7 tapi masalahnya sama seperti yang anda alami, akhirnya saya ganti ke WXP dan akhirnya bisa setelah meningkuti saran dari rekan yang komen di postingan ini. Cobalah saja ikuti link dari rekan yang komen di postingan ini.
      Waktu saya coba di WXP pun tidak lantas berhasil, setelah saya coba berkali-kali akhirnya berhasil juga.

      Hapus
  6. Balasan
    1. Owh gitu ya? Perasaan di sini gak bahas soal XL deh, ini kan bahas soal Lenovo. Salah baca atau gimana ya .. #bingung
      Ya terima kasih deh sudah mampir, walau "jaka sembung bawa golok"

      Hapus
  7. malam gan, saya masih belum bisa conect ke wifi di w7 kalo drivernya sudah berhasil dan masih belum bisa di power energy nya, mohon bantuannya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya permasalahan kita sama, saya juga masih belum berhasil

      Hapus
  8. punya saya juga lenovo s100c,,klo driver grapicnya gak da masalah cuma driver LAN WIFInya yg g suport,,,,,sy pakai windows 7

    BalasHapus
  9. Mas @M.Alim, nasib kita sama persis. Saya cukup lama mengalami itu. Akhirnya masalah saya ini selesai setelah saya bawa netbook saya ini ke teknisi komputer, dan sudah dua bulan ini wifi saya aktif kembali.

    Kebetulan saya habis instal ulang semua karena virus. Setelah "direstorasi" wifi lan nya bisa berfungsi, dan di sini saya reply via wifi lenovo s100c. Mungkin dicoba seperti yang saya alami, siapa tahu bisa. Karena masalahnya sama.

    BalasHapus
  10. Gan, masih pake laptop Lenovo s100c kah? Pas petama beli emang enggak ada OSnya ya? Berarti enggak ada fungsi one key restore atau sejenisnya?

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6