Sekilas Tentang Casey Stoner


Casey Stoner (171/58), pebalap muda asal negeri kangguru, Australia. Stoner terkenal diajang motogp. Casey Stoner merupakan pebalap muda yang berbakat.
Musim 2012 ini merupakan musim terakhirnya mengaspal di motogp. Keputusan yang mengagetkan banyak pihak. Kenapa? Karena ketika dia memutuskan untuk gantung helm, Stoner sedang berada di puncak karirnya. Musim 2011 lalu menjadi milik Stoner dengan kembali menjadi juara dunia. Sebelumnya Stoner pernah menjadi juara dunia bersama Ducati di musim 2007.
Alasan Stoner memutuskan untuk pensiun dini karena dia merasa sudah tidak ada motivasi lagi untuk membalap di arena motogp, menurut dia ada hal-hal yang sudah tidak sejalan dengan apa yang dia pikirkan. Banyak hal yang Stoner kritisi ketika menganggap motogp sebagai ajang balap motor prototipe ternoda aturan-aturan main yang sengaja disesuaikan menurut kepentingan tertentu.
Stoner lahir di Kuri-kuri, New South Wales, Australia, 16 Oktober 1985. Stoner memulai debut balap di motogp sebagai pebalap wild card di Sirkuit Donington Park, Inggris. Pada GP Inggris kelas 125cc di tahun 2001. Beberapa tahun Stoner berkarir di kelas 125cc dan 250cc, hingga akhirnya Stoner naik ke kelas para raja, motogp pada tahun 2006 bersama tim LCR Honda.
Pada musim 2007 Stoner hijrah ke Ducati Marlboro, dan bersama Ducati ini Stoner meraih hasil terbaiknya, menjadi juara dunia untuk pertama kalinya.
Stoner merupakan anak kedua, dari Colin Stoner dan Bronwyn. Ayahnya seorang tukang cat keliling yang sering menjadi pebalap motor amatir.
Stoner dan Adriana
Stoner sendiri telah menikah dan dikaruniai seorang anak perempuan bernama Alessandra Maria (16 Februari 2012) yang dikandung oleh Adriana Tuchyna. Bagi penggemar motogp sosok Adriana sudah tidak asing lagi, Adriana kerap menemani Stoner di paddock saat race. Adriana sendiri berasal dari Adelaide. Mereka resmi menikah di tahun 2007. Adriana merupakan salah satu fans dari Stoner kala itu.
Selama berkarir di dunia balap, Stoner sempat membela beberapa tim, seperti tim LCR Honda, kemudian di kelas 125cc motogp turun dengan motor Aprilia, pernah juga bergabung dengan tim Red Bull KTM. Pada musim gugur 2005 sebenarnya Stoner pernah dikabarkan mengantungi kontrak resmi bersama Yamaha sebagai pendamping Valentino Rossi di Yamaha pabrikan kala itu, namun Yamaha dikabarkan membatalkan jalinan kerjasama tersebut. Tidak berhenti sampai disitu, Stoner pun pernah berhasil bersama Ducati pabrikan di musim 2007 dan menjadi juara dunia pertama kalinya. Setelah selesai bersama Ducari, hingga sekarang Stoner bergabung bersama HRC, dan tahun 2011 lalu berhasil kembali meraih gelar juara dunia yang kedua kalinya.
Musim 2012 ini menjadi musim terakhir Stoner di motogp. Kepergiannya menimbulkan banyak komentar dari rekan-rekannya. Tetapi secara umum rekan-rekan pebalap memaklumi keputusan Stoner. Keputusan Stoner untuk pensiun pun akhirnya menjadi spekulasi, siapa pebalap pengganti Stoner di Repsol Honda. Meski pada akhirnya spekulasi itu terhenti ketika Marq Marquez resmi bergabung bersama Repsol Honda untuk musim 2013 dan Dani Pedrosa resmi memperpanjang masa kontraknya bersama Repsol Honda.
Musim 2012 sekarang sudah memasuki pertengahan musim. Penampilan Stoner memang terlihat ada perubahan, tidak ngoyo untuk mempertahankan gelar juara dunianya sebelum menutup karirnya. Tetapi saya pribadi masih sangat berharap sebelum pensiunnya ini, ada gelar ketiga yang bisa diraihnya. Biarlah semuanya berjalan seperti bagaimana adanya. Meski saya bukan fans setia Stoner, tetap saya mendukung jagoan pebalap di Repsol Honda untuk juara. Cpr.

Sumber :
Wikipedia. Casey Stoner | diakses 1 Agustus 2012
Rofingi. Casey Stoner Biografi dan Profil. Februari 2012 | diakses 1 Agustus 2012

Posting Komentar

0 Komentar