Masak-masakan untuk Berbuka Puasa

Sore hari ini, saya sudah sibuk-sibuk mempersiapkan untuk masak. Meski saya bukan kaum hawa, tapi saya ingin berkreasi mencoba memasak. Sore ini saya mencoba memasak sayur asem untuk santapan berbuka. Meskipun saya tidak berpuasa karena momennya pas dengan waktu berbuka, jadi ya sekalianlah.
Sebelumnya, siang menjelang sore saya sibuk berbelanja untuk bahan-bahannya. Dulu untuk memasak sayur sungguh repotnya, belum mempersiapkan rempah-rempah dan bumbu-bumbu yang harus diracik. Tapi kini, jaman sudah serba praktis, untuk membuat sayur sudah ada bumbu praktisnya, bahkan untuk bahan-bahan sayurannya sudah ada dalam bentuk paketannya.
Foto : prosesi masak sayur asem[Sumber : Dokumentasi cocoper6]
Setelah bahan-bahan siap, saya memulai memasak. Dengan mencuci sayuran bahan sayur asemnya, kemudian saya memanaskan air hingga mendidih, tinggal masukan sayur-sayurnya. Masukan terlebih dulu sayuran yang keras, seperti labu siam, terong, kacang panjang. Untuk sayuran hijau, tomat dapat dimasukan menyusul ketika sayuran keras tadi sedikit melunak. Setelah semua sayur masuk ke dalam air mendidih, masukan bumbu raciknya, kemudian aduk, tambahkan penyedap rasa sedikit saja, lalu garam secukupnya. Panaskan hingga semuanya terlarut dan tercampur, sambil cicipi sedikit apakah sudah pas atau belum.
Hasil sayur asem buatanku ini tidak lah buruk, lumayan untuk melepas dahaga. Saya pun terpuaskan dengan hasilnya. Ditambah lauk ikan asin dan nugget santap sore saya berasa nikmat.
Bagi yang ingin mencoba masak-memasak cobalah, sekarang semuanya serba mudah, kaum adam pun mampu melakukannya, meskipun kita bukan seorang koki. Selamat mencoba. Cpr.

Posting Komentar

0 Komentar