HRC Team Motogp 2012 : Honda RC213V

Musim 2011 telah berakhir, dengan kenangan Tim Honda (pabrikan-HRC) menjadi juara sebagai konstruktor dengan ketiga pembalapnya saat itu (Cassey Stoner, Dani Pedrosa dan Dovisioso) dan membawa salah satu pembalapnya menjadi juara dunia pada 2011. Cassey Stoner adalah sang juara dunia tahun 2011 lalu.
Tahun lalu merupakan akhir dari era motor 800cc. Honda tahun lalu menjadi tim yang benar-benar tak tertandingi, begitu kuatnya Honda sehingga lawan-lawannya saat itu terkesan keteteran menghadapi dominasi Honda.
Kini tahun 2012, era motor 1000cc dimulai. Dengan regulasi baru, serta bertambahnya tim-tim yang ikut serta dalam ajang motogp semakin mempersengit persaingan. Honda tetap berniat mempertahankan gelar dari tim-tim lainnya. Rival utama Honda tahun ini adalah Yamaha, yang semakin baik dalam pengembangan motornya. Dari hasil tes resmi pra musim 2012 yang dilakukan di Sepang, Malaysia beberapa waktu lalu menunjukkan bahwa tim Yamaha sudah siap untuk merintangi Honda di musim 2012. Bahkan petinggi Honda pun mengakui akan ketangguhan Yamaha.
Honda Repsol Team
[Sumber : Google]
Di musim 2012 ini Honda pabrikan atau Repsol Honda hanya akan menurunkan dua pembalap yaitu Cassey Stoner dan Dani Pedrosa. Dovisioso yang tadinya berada di tim Repsol akhirnya berubah bendera, hengkang ke tim Yamaha satelit, yaitu Yamaha Tech 3.
Sesi uji resmi telah dilakukan, meski Honda Repsol masih mendominasi dalam sesi itu, namun tim Honda tidak begitu saja yakin akan tes itu, ada kendala yang masih mengganjal. Namun hal itu tidak membuat masalah untuk Repsol Honda bersaing di tempat teratas di motogp.
Menghadapi musim 2012 Honda turun dengan motor baru 1000cc nya, RC213v. Maksud dari penyebutan RC213V menurut Wakil Presiden Eksekutif HRC, Shuhei Nakamoto  adalah pada angka 21 menunjukkan abad 21 (sekarang ini) dan angka 3 menunjukkan mesin generasi ketiga. Bahkan mesin dan chassisnya berbeda dengan tahun lalu. Motor baru Honda ini sudah diuji saat tes resmi pra musim di Sepang lalu, dan buat saya penggemar Team Repsol Honda cukup menyenangkan. Stoner masih menjadi yang teratas dengan motor barunya itu. Berdasarkan informasi yang saya baca, perbedaan mendasar RC212V dan RC213V terletak pada gigi kelima dan keenam. RC213V ini akan lebih cepat pada lintasan lurus.
RC213V
[Sumber : Google]
Tidak sabar menunggu race pertama musim 2012 di Losail, Qatar 1 April nanti. Dukungan saya untuk Honda agar tetap menjadi yang teratas dalam perhelatan motogp musim 2012 ini, sehingga gelar juara bisa dipertahankan. Mudah-mudahan tidak ada kendala untuk merintangi musim 2012 ini. Terutama untuk Dani Pedrosa yang belum sempat merengkuh gelar juara dunia di ajang motogp, semoga tahun ini lolos dari segala kesialan sehingga persaingan di motogp semakin seru. Bravo Honda! Cpr.

Sumber bacaan :
motogprace.wordpress. 30 Januari 2012. Luncurkan RC213V, Repsol Honda Tatap MotoGP 2012 Dengan Mantap. Diakses tanggal 9 Februari 2012

welovehonda. 13 Februari 2012. HRC : Perbedaan RC212V Dengan RC213V Terletak di Gigi Ke-5 dan Ke-6. Diakses tanggal 9 Februari 2012



Posting Komentar

38 Komentar

  1. Ralat,salah ketik.Motogp seri pertama itu dimulai tanggal 8 April.Di sana tertulis 1 April,postingnya buru2,jadi salah deh ... ªкªкªк =)) ªкªкªк =)) ªкªкªк =))

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Penggemar Honda Repsol juga?
      Memang TOP Honda,kita lihat pembuktiannya di sirkuit nanti.Mudah2n makin top,dan terbukti top lawan rival terberatnya Yamaha.
      ((y)ˆ ³Ë†) (y) siippp

      Hapus
  3. Hasil review 3 race sampe bulan Mei ini sudah 3 seri digelar. Pertama di Qatar, kedua di Spanyol dan ketiga di Portugal.
    Hasil seri pertama, Yamaha memimpin, dengan Lorenzo menjuarai seri Qatar. Performa Honda memang tidak buruk, berhasil podium, meski tak juara. Kendala chatter menjadi penyebab Honda belum maksimal.
    Namun di 2 seri setelahnya, Honda menjadi yang terdepan. Stoner berhasil memecahkan rekor pribadinya. Meski Honda masih menghadapi chatter pada motornya, namun hasil maksimal masih berhasil diperoleh.
    Pedrosa pun masih tampil konsisten. Podium masih bisa diraihnya.
    Saya berharap Honda tampil konsisten dan mampu memperbaiki masalahnya, kalau tidak Yamaha bisa memanfaatkan keadaan ini.
    Persaingan musim ini mungkin hanya untuk Honda vs Yamaha, siapa yang terbaik, kita lihat race berikutnya. Akankah Ducati bisa menyaingi keduanya di race selanjutnya? Saksikan saja 'drama' selanjutnya!

    BalasHapus
  4. Seri LeMans, Perancis bisa dibilang seri yang seru, daripada 3 seri sebelumnya. Untuk di motogp tentunya. Kenapa? Karena, VR46 sepertinya bisa menampilkan aksi overtacking yang dinanti-nantikan selama ini oleh sebagian besar fans nya.
    Race kali ini dengan kondisi hujan, VR46 bisa bersaing dengan mantan juara dunia tahun lalu, Stoner. Sayang, Stoner kurang greget, hanya beberapa kali aksi overtacking Stoner sudah bisa diasapi VR46. Kendala Stoner kali ini adalah di ban yang belum panas. Sama dengan yang dialami Pedrosa yang terus melorot ketika race, dan beruntung 2 rider Yamaha Tech 3 'jatuh', sehingga posisinya bisa naik sedikit.
    Seri kali ini dijuarai oleh Lorenzo, yang tampil konsisten memimpin dari awal hingga akhir.
    Tapi, untuk seri kali ini, man of the match jatuh pada VR46, yang menampilkan balapan menarik ala motogp. VR46 yang dulu 'takut air' saat di Yamaha, kini di Ducati, VR46 'giras' dibawah guyuran hujan.
    Seri keempat ini akan jadi modal yang baik untuk semuanya. Bagi Honda tentunya perbaikan untuk membalas kekalahannya, Yamaha untuk mempertahankan kepemimpinannya di klasemen sementara, serta Ducati dengan VR46 harus membuktikan kemenangannya layak untuk segala medan, bukan cuma beruntung karena hujan.

    BalasHapus
  5. Seri Catalunya telah usai digelar Minggu lalu, Lorenzo lah yang menjadi juaranya. Setelah berhasil memenangkan pertarungan dengan sesama Spain, Dani Pedrosa. Dani sepertinya tak mampu mengatasi tekanan dari rival senegaranya.
    Stoner pada race kali ini tidak terlihat gregetnya. Selepas start pun, terlihat Stoner tidak greget. Sempat tercecer dari posisi tiga besar, Stoner hanya puas finish di posisi empat.
    Naas justru dialami Spies. Pebalap yang diharapkan mampu menunjukkan performa terbaiknya di seri ini harus tersungkur pada lap-lap awal. Karena pengaruh kengototannya untuk fight justru membuatnya tersungkur di gravel, dan terpaksa harus finish kedua dari belakang.
    Penampilan terbaik justru diperlihatkan oleh Dovi. Mantan pebalap HRC justru survive dengan Yamaha M1 di Yamaha Tech3, bahkan berhasil menempati posisi tiga setelah bertarung dengan Stoner dari tim pabrikan mantan tim nya dulu. Bagi Dovi menjadi kepuasan tersendiri.
    VR46 yang tampail baik di seri sebelumnya, di sini hanya mampu finish di posisi enam. Tidak buruk memang, karena Ducati memang belum maksimal jika kondisi trek kering. Tapi VR46 mampu bersaing mempertahankan posisi tersebut, meskipun start dari posisi tak terdepan.
    Untuk seri selanjutnya adalah di Sliverstone, Inggris. Karakter sirkuit ini adalah di sektor cuaca yang sulit diprediksi, bahkan hujan kerap turun di sini. Keadaan ini justru menjadi peluang untuk Ducati dan VR46 kembali berjaya. Begitu prediksi yang coba diramalkan Bung Matteo saat ditanya prediksinya di seri berikutnya. Kita tunggu saja tanggal mainnya.
    Harapan saya tetap pada team HRC untuk kembali memimpin, karena perebutan juara dunia akan hambar jika team HRC tidak maksimal disetiap race nya. Hanya Stoner yang mampu mengkandaskan Lorenzo kembali merengkuh gelar juara dunia. Harapan saya tetap pada Stoner untuk mempertahankan gelar juara dunia, sebagai kado sebelum pensiun dini.
    Stoner, kembalilah bertarung! Kami menunggu mu di atas podium pertama!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ramalan Bung Matteo tidak terjadi, di kondisi race cerah terlihat Rossi kepayahan dengan motornya. Justru penampilan Hayden jauh lebih baik dengan motor yang sama. Kembali pertanyaan untuk Rossi, "Sampai kapan Rossi berada di posisi ini?"

      Hapus
  6. Peforma buruk kembali ditampilkan Honda Repsol. Sungguh sayang, di seri Inggris kali ini hasilnya sama. Honda tak mampu menunjukkan tajinya. Lorenzo kembali berjaya dengan mudahnya, dengan santai Lorenzo bisa memainkan indahnya balap. Sedangkan Stoner terlihat kepayahan, hanya beberapa kali over tacking Stoner sudah tak mampu menyusul.
    Secara keseluruhan melihat race ini sepertinya salute untuk Yamaha. Sy sebagai pendukung Honda cukup kecewa. Di seri kapan lagi HRC bisa bangkit?
    Hasil race kali ini : Lorenzo, Stoner, Pedrosa, Bautista dll.
    Harapan Rossi race kali ini hujan tidak terwujud. Akhirnya Rossi tidak mampu menunjukkan performa nya d race kali ini.
    Melihat race seri Inggris ini, sy sepertinya pesimis Stoner bisa pertahankan gelar. Kalau performa nya seperti ini terus, kado manis tidak akan tercipta d akhir karir Stoner. Meskipun pencapaian HRC tidak buruk, masih menempati posisi podium. Namun melihat performa Lorenzo yg konsisten di podium puncak, point demi point yg didapatkan akan sulit terkejar. Ditambah rasa percaya diri Lorenzo dan Yamaha yg tinggi.
    Ayolah Honda, bangkit. Taklukan Yamaha. "I need Honda back to first podium"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Info seputar motogp :
      Lorenzo akhirnya memastikan kontraknya dengan Yamaha. Sempat digosipkan akan berlabuh pada Honda, namun ternyata itu hanya strateginya menaikkan 'harga' nya. Yamaha tetap dijadikan tim yang akan membawanya menjadi juara.
      Posisi kosong di tim HRC menjadi posisi yang empuk. Rossi yang tk kunjung survive dg Ducati pun digosipkan akan kembali bersama Honda. Namun ada hal2 yg sepertinya akan menghambat proses tersebut. Rossi dan Honda sempat klash dahulu. Honda merasa sakit hati atas pernyataan Rossi dalam autobiografinya.
      Yang paling mungkin untuk ditarik HRC adalah Marc Marquez, pebalap dari moto2. Marquez dianggap pantas untuk menggantikan posisi Stoner di Honda, melihat performa Marquez yang luar biasa di moto2. Namun peraturan rocky tidak boleh masuk ke tim pabrikan membuat usaha Honda menarik Marquez sedikit terganggu.
      Tapi kemungkinan2 masih bisa terjadi, selama belum ada kontrak yang diteken, masih bisa terjadi. Siapakah pebalap yang akan menggantikan Stoner?
      Rossi kah? Marquez kah? Atau yang lain?

      Hapus
  7. Seri Assen, Belanda baru saja usai. Kalimat yang cocok saya buat "Podium motogp : Aus diantara final Euro 2012, Spain dan Italia". Mereka yang terbaik kali ini adalah Stoner, Dani, dan Dovi.
    Race kali ini Honda menang seperti tanpa halangan, karena penantang utama Honda, Yamaha tidak bisa berkutik tanpa Lorenzo. Nasib sial menghampiri Lorenzo, race baru saja mulai, saat di tikungan pertama, Lorenzo harus dtemprang oleh Bautista yang terjatuh, membuat Lorenzo ikut terlempar ke gravel.
    Otomatis race kali ini jadi milik Honda sepenuhnya, terutama HRC. Dani langsung melesat di depan diikuti Stoner. Posisi Dani di depan hanya berlangsung sampai beberapa lap, hingga akhirnya Stoner merebut posisinya. Hingga akhir race, Stoner tetap di depan.
    Hal menarik justru di perebutan posisi ketiga, Spies yang notabene di tim pabrikan tak kuasa dipecundangi Dovi, Dovi yang sudah menguntitnya, akhirnya bisa mengambil alih posisi ketiga. Kebanggaan bagi Dovi tentunya.
    Rossi kembali belum bisa kompetitif, Rossi kembali mengalami masalah dengan motornya, kendala sepertinya terjadi di ban belakang. Namun kendala ini hanya terjadi pada Rossi. Hayden dan Barbera tidak mengalami masalah tersebut. Setingan yang Rossi miliki berbeda, sehingga masalah yang timbul pun berbeda.
    Hasil akhir dari race kali ini adalah membuat posisi poin Lorenzo dan Stoner sama, hal ini membuat pertarungan juara dunia kembali seru. Bagi Lorenzo jelas peluang masih sangat lebar, performa Yamaha Lorenzo sangat baik, ditambah mental juara yang dia miliki sudah matang.
    Bagi saya, jatuhnya Lorenzo sudah skenario takdir, karena dengan begini apa yang terjadi nanti akan semakin sulit diprediksi.
    Go go go Honda, lanjutkan terus bersaing dengan Yamaha untuk juara dunia, harapan saya tetap pada Stoner agar dapat kembali merebut gelar juara dunia sebelum pensiunnya. Bravo Honda!

    BalasHapus
  8. Seri German, Sachsenring telah usai digelar. Juaranya adalah Dani, berhasil meraih podiumnya. Dani masih mampu menunjukkan tajinya sebagai penguasa Sachsenring, German.
    Seri kali ini saya tak bisa mengamati langsung. Saya hanya peroleh laporan pandangan mata secara tak langsung dari teman.
    Hasil race kali ini kurang memuaskan bagi Stoner, dari awal start cukup dominan, namun pada lap menjelang finis 3-4 terakhir mengalami crash, membuat Stoner tersingkir dari raihan podium dan poin penuh.
    Akhirnya podium terisi oleh 1,Pedrosa 2,lorenzo 3,cruthlow 4,spies 5,dovi 6,rossi.
    Tidak banyak yg bisa sy ceritakan di sini. Posisi itulah yg mencerminkan perhelatan seri German kali ini. Untuk tambahan informasi sy berikan menyusul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hasil kualifikasi motogp Italia, Mugello:
      1. Pedrosa
      2. Lorenzo
      3. Barbera
      4. Hayden
      5. Stoner
      6. Dovi
      7. Bradl
      8. Curtclow
      9. Spies
      10. Rossi

      Kejutan d tim satelit ducati bs d posisi 3, ducati pabrikan dibantu hayden bisa posisi 4. Rossi bagaimana?

      Hapus
  9. Seri Italia, Mugello telah usai digelar. Seri kali ini Yamaha berhasil meraih yg terbaik. Meskipun Dani sukses di pole, namun saat race hasil lain yg diperoleh.
    Di seri ini justru yg mengejutkan dari tim ducati oleh Rossi berhasil menduduki posisi kelima, meski tk podium, hasil ini cukup baik, dibandingkan seri sebelumnya.
    Hasil buruk dan sangat2 tdk greget diperlihatkan oleh Stoner. Entah kenapa, mungkin, hasil baik/ buruk sudah tk berarti krn musim ini adalah musim terakhirnya sebelum pensiun, sehingga tdk perlu ad pencapaian khusus.
    Ringkasnya hasil race kali ini : Lorenzo, Dani, Dovi, Bradl, Rossi, Hayden ... 9. Stoner
    Stoner rupanya tidak bisa diharapkan lagi untuk bertarung untuk perebutan juara dunia. Jujur sy kecewa sih melihat performa nya yg seperti itu. Tp sudahlah, untuk musim depan Honda sudah menatapnya mulai dari sekarang, Marquez jagoan moto2 sudah resmi ditarik ke motogp bersama HRC, dan Dani pun telah teken kontrak untuk tetap bersama Honda untuk musim depan. Sehingga spekulasi siapa yg akan menggantikan posisi Stoner terjawab sudah.
    Sy berharap masih, Honda bisa pertahankan gelar, untuk modal menyongsong musim depan. Karena kalau Honda gagal musim ini, sudah bisa dipastikan bila kondisi musim depan sama seperti ini, Yamaha akan mendominasi. Yamaha merupakan motor yg dianggap motor paling sempurna untuk berbagai karakter sirkuit berbeda. Kemudian, alasan selanjutnya karena Marquez perlu adaptasi. Dani sendiri sepertinya akan tetap konsisten di podium, tapi untuk jadi yang terdepan cukup sulit. Harapan sy masih pd Honda. Bravo Honda!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ralat :
      Posisi akhir Stoner 8, karena posisi 9 diraih Barbera.

      Hapus
  10. Motogp seri Amerika telah usai digelar di Laguna Seca Senin ini. Juaranya adalah Casey Stoner. Stoner kembali menunjukkan tajinya. Stoner mampu bersaing dengan Lorenzo di posisi depan. Lorenzo sendiri memulai race sebagai pole.
    Pada race kali ini, cukup banyak pebalap yang bergelimangan. Hanya tersisa 14 pebalap yang berhasil masuk garis finis. Pebalap kawakan seperti Toni Elias, VR46 pun harus tersungkur di lintasan. Rekan setim Lorenzo pun mengalami nasib serupa.
    Race kali ini sebenarnya dari awal sudah didominasi Lorenzo hingga lap ke-21, memasuki lap ke-22 Stoner berhasil menekuk Lorenzo. Pedrosa aman di posisi ke-3, Pedrosa berhasil membuat jarak cukup jauh dengan pebalap di belakangnya.
    Hasil race seri kali ini : Stoner, Lorenzo, Pedrosa, Dovi, Curthlow, Hayden, Bradl, Bautista, etc.
    Hasil baik Stoner seri kali ini diperoleh karena strategi pemakaian ban. Dari pebalap terdepan hanya Stoner yang memakai ban belakang dengan kompon lunak. Wajar saja, dengan kondisi Lorenzo yang sedang powerfull, Stoner mampu menekuknya di sela lap akhir. Padahal keadaan beberapa seri yang lalu Stoner tak mampu berbuat banyak, karena memang Honda sedang tidak bagus dengan ban.
    Meski hasil baik Stoner di seri ini tetap tidak merubah posisi klasemen, Lorenzo masih bertengger di puncak, disusul Pedrosa, lalu Stoner.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Persiapan GP Indy. Minggu ini, 19/8 adalah saatnya race seri USA II setelah beberapa minggu lalu telah digelar di sirkuit Laguna Seca. Sekarang giliran Indianapolis dijadikan tempat petarungan rider motogp.
      Pada race kali ini kesimpangsiuran untuk kepastian musim 2013 sudah sedikit jelas. Rossi dipastikan kembali ke pelukan Honda. Sekarang tinggal kepastian siapa pengganti Rossi di Ducati. Akankah jatuh ke Dovi atau Carl. Mengingat Dovi merupakan pebalap yang sedikit kecewa melihat Rossi kembali ke Yamaha. Karena peluang Dovi masuk tim pabrikan akan sirna. Sekarang tinggal Ducati yang masih menyediakan satu kursi kosong.
      Kembali ke persiapan race gp USA. Pada free practice yang telah digelar, Honda memimpin di semua sesi. Bahkan sampai kualifikasi, Repsol dapat tempat baik. Hanya nasib sial menimpa Stoner yang mengalami crash cukup parah dan belum dipastikan apakah akan turun pada race nanti. Nasib serupa juga terjadi pada Hayden dan Spies. Kalau Hayden sudah dipastikan absen pada seri ini karena cidera akibat crash.
      Pole diraih oleh Pedrosa, disusul Lorenzo yang sepertinya PD untuk menghadapi seri kali ini, meskipun pada sesi latihan mendapatkan hasil kurang baik.
      Kita lihat bagaimana pertarungan di USA ini. Siapa yang akan jadi terbaik. Lorenzo yang kemungkinan besar jadi terbaik. Melihat performa Pedrosa yang konsisten, sepertinya sulit untuk fighting di depan. Pembuktiannya kita lihat race nya nanti.
      Meski begitu, harapan saya pada Repsol tetap, jadilah yang terbaik di depan. Bravo Repsol Honda.

      Hapus
  11. Race Motogp Seri Indianapolis telah selesai digelar. Juaranya adalah Pedrosa. Tampil cukup konsisten dan benar-benar tampil berani memaksimalkan motornya, meski sempat hampir jatuh. Mengingat Lorenzo terus membayangi. Lorenzo sendiri terlihat tidak dapat feel balapnya, Lorenzo terlihat main aman, karena gejala sliding juga dia alami. Hasil baik justru pada Dovi, dia bisa mengamankan podium ketiga dari Stoner.
    Sayang sekali nasib sial selalu menghantui Spies, sejak seri motogp 2012, Spies belum bisa menunjukkan kelasnya. Nasib kurang beruntung kerap mengikuti di setiap race, tak terkecuali race di kadangnya sendiri. Start awal cukup baik, Spies menyodok ke depan, dan bertahan cukup lama sampai akhirnya motor Yamaha M1 nya mengeluarkan asap, fail engine mungkin. Entah kenapa, infonya belum diketahui.
    Rossi sendiri sedari awal race hanya berada di grid tengah, tidak mampu berbuat banyak di race kali ini.
    Stoner pun tampil tak kalah baik. Stoner memang tidak dalam kondisi fit tapi bisa tampil konsisten, dan sempat beberapak kali overtacking, dengan Bradl dan Dovi. Meskipun Dovi lebih superior kali ini.
    Masalah ketahanan ban jadi prioritas, terlihat setelah race tinggal 10lap, performa ban para rider terlihat menurun, gejala sliding tak stabil sering terlihat saat tikungan.
    Sampai pada seri ini, tersisa 7 seri lagi. Bila Pedrosa ingin bertarung dalam perebutan gelar juara dunia, Pedrosa harus terus menang tidak boleh tidak. Itu kutipan dari Bung Matteo. Saya berharap salah satu dari Repsol Honda bisa memetik kemenangan terus, dan terus. Karena tahun ini kesempatan untuk Honda, karena untuk musim depan cukup sulit menghadapi materi yang dimiliki Yamaha Factory Racing. Ditambah kemampuan motor Honda bisa dibilang luar biasa. Hal ini bisa dilihat saat track lurus di seri kali ini, tenaga Honda superior sekali.
    Ayo Honda, bravo. Maju terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Informasi sementara :
      Motogp seri Amerika telah usai, tinggal menunggu seri Ceko, yang digelar tak lama setelah seri USA. Minggu ini seri Ceko akan digelar.
      Setelah Rossi memastikan posisinya di Yamaha Pabrikan, kini satu kursi lowong di kubu Ducati. Sementara ini hanya Hayden yang sudah resmi siap mengarungi musim 2013. Setelah Rossi siapakah penggantinya?
      Satu nama yang kelihatan mungkin untuk mengisinya adalah Dovi, yang juga pebalap Italia. Ketia Ducati menarik Rossi, harapannya adalah mengumpulkan potensi Italia dalam satu pabrikan senegara dan diharapkan dapat meningkatkan performa Ducati kembali ke kelasnya. Namun misi itu gagal. Tapi kali ini Ducati punya kesempatan itu, meski Dovi bukan the doctor, tapi Dovi adalah Italian Rider, jadi Dovi sepertinya cocok bersanding di Ducati. Meski awalnya ada Carl Crutlow yang bisa jadi pilihan.
      Dovi pun sepertinya sudah siap untuk masuk tim Ducati, mimpi Dovi adalah masuk tim pabrikan. Untuk saat ini hanya Ducati yang mampu mewujudkan mimpinya itu, setelah mimpi bersama Yamaha dan Honda sirna.
      Mengenai acc kontrak belum, tapi kepastian ke arah sana sudah ada.

      Informasi lengkapnya bisa anda lihat di link berikut ini :
      m.detik.com/read/2012/08/22/085002/1996058/81/dovizioso-memang-tertarik-ke-ducati

      Hapus
    2. Akhirnya, Dovi telah resmi bergabung bersama Ducati musim depan, setelah menandatangani kontrak 2 tahun. Dovi resmi menggantikan Rossi yang hijrah kembali ke Yamaha.
      Sebuah tantangan besar untuk Dovi, mengingat Ducati berada pada performa yang buruk akhir-akhir ini.
      Harapan Dovi untuk bergabung dengan tim pabrikan terkabul sudah. Tidak banyak harapan lagi. Buat saya, mudah-mudahan Dovi bisa seperti Stoner, ketika masuk Ducati bisa sukses membawa Ducati ke podium tertinggi lagi, untuk bersaing dengan pabrikan Jepang.

      Link terkait :
      m.detik.com/read/2012/08/24/055129/1997634/81/dovizioso-antusias-sambut-petualangan-barunya-di-ducati

      m.detik.com/read/2012/08/23/020042/1996600/81/dovizioso-dipastikan-pindah-ke-ducati-musim-depan

      Hapus
    3. Info menjelang seri Ceko :
      Setelah berhasil di sesi latihan bebas, Pedrosa tidak mampu mempertahankan dominasinya. Pada sesi kualifikasi hanya mampu menduduki posisi ketiga.
      Lorenzo yang memperoleh hasil baik, karena seting motor yang sempurna. Disusul oleh Crutlhow yang berhasil menduduki posisi terbaiknya sejak masuk di motogp. Di posisi keempat didiami oleh Spies, selanjutnya Dovi dan Rossi di posisi keenam.
      Posisi keenam merupakan pencapaian terbaik Rossi, yang sepertinya PD dengan performa Ducatinya.

      Info lainnya datang dari Tim Yahama Tech3 yang telah full tim untuk mengarungi musim 2013. Crutlhow resmi ttd kontrak baru dengan tim ini, dan mengambil pebalap jebolan moto2 Bradley Smith sebagai pengganti Dovi.

      Untuk hasil race nya kita tunggu nanti sore. Motogp Seri Ceko. Honda bravo!

      Hapus
    4. Moto2 Ceko :
      Melihat performa Marquez, sepertinya Honda tak salah memilihnya menggantikan Stoner di Repsol Honda.
      Di seri kali ini, Marquez vs Luthi, menjadi pertarungan luar biasa. Marquez layak disebut petarung sejati. Kesabarannya menunggu menguntit di belakang Luthi berbuah hasil di lap-lap akhir, dengan perjuangan dan nyali lebih tentunya. Marquez bertarung dengan minim kesalahan, sehingga bisa mencapai hasil yang maksimal sekali. Melihat aksinya di race ini sepertinya Honda tak salah menentukan pilihan. Meski suasana motogp nanti akan berbeda. Tapi ini akan jadi awal yang baik.
      Luthi hanya mampu mempertahankan posisi pertama hingga akhir-akhir lap, meski akhirnya podium utama jadi milik yang terbaik Marquez.
      Posisi ketiga diraih Pol Espargaro. Setelah berduel dengan Andrea Ianone. Hasil baik untuk Marquez. Mari kita tunggu race motogp.

      Hapus
  12. Catatan ini dibuat sambil menonton race, jadi saya tuliskan sembari menonton, hingga race usai.
    Selepas start dimulai, Lorenzo melesat di depan, disusul Pedrosa yang tetap mengutit di belakang hingga sisa lap 11 lagi, Pedrosa berhasil merebut posisi pertama. Lorenzo kini yang menguntit Pedrosa. Pertarungan ini terjadi diantara duo Spain. Berdasarkan speed standing, speed Pedrosa berada di posisi satu, hal ini menunjukkan power dari Honda punya peluang untuk menang di sini. Pedrosa bertarung lebih dari biasanya. Hingga lap menyisakan 9 lap, Pedrosa masih memimpin. Honda memang punya potensi lebih bila dipacu oleh pebalap fighter sejati. Saya berharap Pedrosa punya itu hingga mengakhiri musim 2012, dengan tujuan bisa menyaingi Lorenzo menjadi juara dunia.
    Kembali ke race. Lap menyisakan 4 lap lagi, Pedrosa masih memimpin, dengan dikuntit Lorenzo sangat dekat. Di posisi ini bila Pedrosa melakukan kesalahan sedikit saja, hapuslah podium utama Pedrosa.
    Kembali ke race, hingga race tinggal 2 lap terakhir jadi pertarungan luar biasa, inilah Pedrosa di peforma terbaiknya. Adu mental yang luar biasa, sempat disalip Lorenzo, tapi tikungan terakhir Pedrosa mengambil alih dan JUARA seri Ceko, mantab! Luar biasa.

    Nasib sial justru terus menaungi Spies, baru seri sebelumnya harus stop balapan karena masalah motor, kini Spies harus tersungkur ke gravel dan tidak bisa melanjutkan balap.
    Rossi pun mengalami masalah sepertinya. Race kali ini hanya untuk 2 pabrikan dan 2 Spanyol. Race yang mantab.

    BalasHapus
  13. Seri San Marino sebentar lagi akan digelar. Sesi kualifikasi rupanya berlangsung sengit. Kembali persaingan antara Lorenzo dan Pedrosa si sesi ini. Pedrosa mampu menekuk Lorenzo untuk posisi pole. Grid awal akan diisi Pedrosa, Lorenzo dan Carl. Hasil cukup baik untuk modal Pedrosa besok. Sebagai catatan, saat start Pedrosa jangan melakukan kesalahan dan berusaha konsisten lari dari kejaran Lorenzo. Mengingat sirkuit ini cocok pada Yamaha. Honda patut waspada.
    Rea yang menjadi pebalap pengganti Stoner hanya mampu start di posisi ke sembilan. Saya sih berharap debut Rea sebagai pebalap pengganti ini bisa 'mengigit', bisa naik ke posisi ata, untuk paling tidak merintangi pebalap lain. Karena Repso serasa pincang ketika Stoner cidera.
    Pedrosa keep fighting until end race. We pray for you! Sampai bertemu di hasil GP Seri San Marino.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang sekali race kali ini saya tidak menonton secara utuh. Hari ini jadi hari yang paling kurang beruntung bagi Pedrosa. Banyak hal yang membuatnya tidak bisa meraih poin di seri kali ini, ditambah jatuh akibat kesalahan pebalap lain. Poin yang seharusnya bisa didulang untuk memperkecil jarak dengan #99 semakin sulit.
      Race kali ini #99 berhasil mencapai puncak, disusul #46 dengan Ducatinya yang mengalami banyak perubahan di sana-sini, ketiga disusul Bradl, kalau itu tidak salah. Selanjutnya saya tidak mengingatnya.
      Untuk Rea yang menggantikan #27 sementara cidera tidak dapat berkontribusi banyak. Maklum saja Rea adalah pebalap Superbika yang notabene tidak bisa tampil maksimal di ajang motogp, seperti yang ditunjukkan #11.
      Jujur saya sangat kecewa di race seri ini. Jarak dengan pimpinan klasemen kembali jauh. Ini jadi sesuatu yang buruk, #26 harus berjuang 500% untuk bisa mengalahkan #99 di akhir musim nanti. Kembalilah #26 buatlah hasil maksimal di seri selanjutnya Seri Aragon, tanggal 30 September 2012 nanti.

      Hapus
  14. Melihat Highlight Motogp di Trans7 sy bisa menyaksikan review dari race moto2 kemarin. Pentingnya melihat race moto2 adalah melihat Marc Marquez, yang musim depan didaulat naik ke Tim Repsol Honda.
    Race di Misano kemarin menunjukkan Marc adalah pebalap yang pantas di rekrut Repsol Honda. Aksi overtack yang dilakukan Marc sungguh brilian dan bernyali. Sempat ditinggal pebalap lainnya, pada akhir lap Marc bisa menujukkan hasil terbaiknya. Marc bisa jadi pimpinan podium di race kali ini. Salute to Marc.
    Kini Marc jadi pemimpin klasemen pebalap di moto2. Jauh meninggalkan rivalnya. Marc dipastikan akan mulus menjadi juara dunia moto2 jika dia konsisten membalap dg cara ini.
    Ini sekaligus jadi modal baik untuk naik kelas ke kelas motogp nantinya. Harapan besar untuk menggantikan Stoner, untuk bersaing dg #99 dan #46. Ayo Marc, maju terus, kami tunggu aksimu di motogp musim depan.

    BalasHapus
  15. Menjelang race di Aragon, Spanyol :
    Free practice yang dilakukan, di sikon hujan, sebagian besar ditunjukan dengan penampilan impresif Pedrosa. Memang di free practice awal hanya diikuti beberapa pebalap saja.
    Pada akhirnya penampilan impresif Pedrosa berhasil ditutup oleh hasil positif JL. Lorenzo menutup sesi kualifikasi sebagai pemegang pole. Disusul Pedrosa diposisi kedua, kemudian Carl. Spies, Bradl, Dovi.
    Penampilan baik sy apresiasi u/ Rea, sbg pebalap pengganti Stoner. Rea bisa berada di posisi selanjutnya. Baru kemudian Rossi, Hayden dan Barbera.

    Kualifikasi hanya awal, karena pertarungan sesungguhnya akan terjadi esok sore waktu Indonesia.
    Harapan sy tetap pd Pedrosa u/ memperkecil jarak poin dri JL. Harapan sy, JL kehilangan poin di sini, u/ memperkecil jarak. But my hope it's bad for JL. I hope Pedrosa can do best tommorow, I hope so.
    Bravo Honda, fokus for team!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Marquez memang pebalap luar biasa, penampilannya sungguh impresif. Start di posisi yang tidak bagus, hingga saat sudah melewati tikungan pertama sempat tercecer di bawah lima besar, namun Marc bisa ambil alih posisi ketiga, dan akhirnya memperkecil gap dengan posisi satu dan menjadi yang terdepan.
      Timing yang dilakukan Marc selalu tepat, dan perhitungannya matang dibandingkan pebalap lainnya. Marc mampu memperkecil jarak ketika dia berada di posisi kedua. Marc berhasil memimpin hingga beberapa lap. Posisi Marc sempat diambil alih oleh #29, hingga Marc pun bisa merebutnya kembali. Aksi overtacking terjadi di sini, malah Marc sempat tercecer ke posisi empat.
      Inilah yang menarik dari Marc, dia punya gaya balap seperti Rossi. Marc selalu menampilkan aksi overtacking side by side di akhir race atau lap menjelang akhir. Teknik dan skill Marc memang terasah di sini, karena kemenangan yang memang dia peroleh adalah hasil dominasi yang impresif.
      Hingga lap tersisa 4 lap lagi, Marc masih tercecer di posisi ketiga. Marc terus menguntit dua pebalap di depannya. Sambil menunggu peluang. Sempat Marc naik ke posisi dua, namun tergusur kembali. Hingga pada 3 lap tersisa, Marc masih di posisi 3, memang sempat melakukan aksi overtacking dan pada akhirnya berhasil merebut posisi kedua. Meski begitu aksi side by side kerap terjadi untuk perebutan posisi kedua. Di 2lap sisa, Marc berusaha mengejar posisi pertama, namun jaraknya cukup jauh. Marc tetap menguntit, hingga pada last lap posisi Marc masih terancam untuk podium kedua. Gap yang cukup jauh di sisa lap terakhir membuat Marc kesulitan mengejar ketinggalan dari posisi pertama. Hingga pada akhirnya Marc berhasil mengamankan podium kedua.
      Sangat impresif yang dilakukan Marc. Waktu banyak terbuang ketika Marc sempat tercecer di posisi keempat. Meski bukan hasil yang buruk, apa yang dilakukan Marc ini menunjukkan skil nya sebagai pebalap dunia.
      Semakin yakin, pilihan HRC pada dirinya adalah tepat. Hanya butuh waktu penyesuaian dengan motor kelas 1000cc, if success, Marc adalah rival kuat dari jagoan Yamaha, Jorge Lorenzo.
      Untuk soal tunggangan, Honda pasti bisa berikan yang maksimal, ditambah skil Marc. Itung-itungan diatas kertas, Marc bisa bersaing di kelas para raja nanti. Bravo Marc!

      Hapus
    2. Awal start JL langsung mengamankan posisi pertama, disusul Dani di posisi kedua dan selanjutnya Spies.
      Hayden mengalami kecelakaan saat motornya keluar ke gravel, Hayden tak dapan mengendalikan laju motornya dan menabrak pembatas sirkuit dan terlempar. Entah bagaimana kondisi, namun sepertinya tidak parah. Mungkin juga malah membangkitkan cidera yang sebelumnya dia alami.
      Yang menarik adalah di posisi ketiga, terjadi aksi overtacking. Bradl dengan Spies terlibat persaingan, meski akhirnya Bradl harus terlempar keluar sirkuit.
      Posisi Spies diganggu oleh duo Tech 3 Yamaha. Rupanya posisi ketiga akan jadi perebutan pebalap di grid belakang. Dovi terlihat berusaha berebut posisi 4 dengan Carl di sisa lap 17 lagi.
      Dani sendiri masih berusaha memperkecil gap dengan JL di depan. Ambisi Dani adalah menang di tiap race, karena kerugian yang diderita saat kehilangan poin di race sebelumnya. Dani pun akhirnya bisa mengambil alih posisi pimpinan race dari JL di sisa lap 16 lagi.
      Posisi yang menarik adalah di posisi 3,4,5, masih terkadi perebutan posisi diantara spies, dovi dan carl.
      Di lap yang menyisakan 11 lap lagi, Dani berhasil membuat gap yang cukup jauh dengan JL. Wajar saja sirkuit ini dibukukan waktu terbaik oleh Stoner dua tahun terakhir.
      Di lap menyisakan 9 lap lagi Dovi berhasil mengasapi Spies. Meski begitu pertarungan diantara keduanya berebut posisi 3 masih sengit. Carl masih menguntit di posisi 5.
      Pedrosa benar-benar jauh meninggalkan JL dibelakang, Pedrosa berhasil membuat gap yang cukup jauh. Ini menunjukkan Yamaha tidak ada giginya di sirkuit berkarakter cepat.
      Lap menyisakan 4 lagi, posisi Pedrosa masih aman di puncak. JL masih berada di posisi dua mencoba memperkecil jarak, namun sepertinya sulit sekali. Gapnya hampir 7.2 detik, gila, cukup jauh. Honda sepertinya digjaya di sirkuit ini. Honda terlihat digjaya hanya pada motor utamanya, yakni Repsol. Karena di grid belakang JL diisi 3 pebalap yamaha.
      Kembali ke posisi 3,4,5. Spies akhirnya kehilangan posisi 3. Dovi sekarang memimpin di podium 3, disusul dengan Carl dibelakangnya, dengan persaingan yang ketat hingga di lap menyisakan 2 lap.
      Pedrosa hanya butuh tampil stabil untuk mengakhiri lap terakhir.
      Persaingan sengit terjadi di perebutan posisi 3, antara Dovi dan Carl. Jarak Carl dengan Dovi sangat dekat, apa saja bisa terjadi.
      Akhirnya race berakhir, pencapaian sempurna untuk Pedrosa, disusul dengan JL dibelakang, kemudian Dovi, lalu Carl, Spies, Bautista, Rea, Rossi.
      Selamat untuk Pedrosa, teruslah raih poin untuk juara dunia. Ayo Pedrosa, selesaikan sampai akhir musim ini.

      Hapus
  16. Menjelang motogp Jepang. Motogp seri Motegi akan digelar esok, Minggu, 14-10-12 pukul 10.00WIB.
    Free practice sudah digelar bahkan sampai pada kualifikasi.
    Pada sesi latihan bebas yang digelar, #99 memimpin di sesi pertama, kemudian Pedrosa mampu memimpin di sesi kedua dan ketiga.
    Namun pada sesi kualifikasi, Pedrosa hanya mampu mencatatkan waktu terbaik kedua, di belakang #99.
    Stoner sendiri yang baru turun setelah absen beberapa seri karena cidera akan start di posisi ketujuh. Posisi yang tidak buruk memang.
    Tidak banyak yang bisa saya sampaikan. Yang penting adalah hasil terbaik di race besok untik Pedrosa dan Stoner, itu yang terbaik untuk tim. Memangkas jarak dengan kompetiter adalah yang terpenting. Harapan akan #99 kehilangan poin di seri ini jujur saya harapkan, agar ada jarak yang tercipta lebih dekat.
    Bravo Pedrosa dan Stoner, semoga di race besok keberuntungan berpihak pada kalian. Kita bahas esok di race Motegi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Motogp Motegi sedang digelar. Race moto2 sudah selesai digelar. Juaranya adalah Marquez.
      Pebalap yang luar biasa menurut saya. Start dengan sangat buruk. Sepertinya Marquez lupa menekan tuas persneleng. Akhirnya saat start Marc tertinggal dg pebalap lainnya.
      Meski begitu, Marc mampu dengan meyakinkan menyodok perlahan ke posisi terdepan, dan bisa melibas posisi pertama, hingga finish Marc jadi yang juara di sini.
      Luar biasa, Marc pebalap muda bertalenta dan bernyali.
      Semoga di 2013 Marc dpt memenuhi ekpektasi pendukung2nya, termasuk tim Repsol Honda. Agar bisa kembali membawa Honda jadi yang tak terkalahkan di Motogp. Bravo Marc!

      Hapus
    2. Race motogp dimulai, bendera start telah naik. #99 langsung menyodok ke depan, sempat sedikit Pedrosa ingin ke depan, namun #99 masih di posisi aman.
      #11 berada di posisi ketiga saat lap awal, namun sayang sekali, nasib sial kembali menaunginya, saat ditikungan, dia bablas keluar sirkuit dan membentur sisi luar gravel. Posisinya kini diisi oleh Carl untuk sementara, disusul Bautista kemudian Stoner di belakangnya.
      Lap terisa 21 lap lagi, posisi Pedrosa masih di belakang #99. Pedrosa rupanya kesulitan merebut posisi utama dari #99. Mesin Yamaha M1 milik #99 kali ini terlihat sempurna, dari sisi powernya kali ini cukup mumpuni.
      Problem getaran pada Honda mungkin yang membuat Honda tidak bisa maksimal seperti di sirkuit lalu. Masalah getaran ini muncul di sirkuit tertentu sejak pergantian kompon ban. Kompon ban yang selama ini Honda pakai sudah diseting dengan motor yang sempurna. Ketika terjadi pergantian regulasi pada ban, jelas hal ini akan mempengaruhi performa Honda yang nota bene selama ini setting motor dengan ban lama.
      Sampai lap tersisa 14 lap lagi, posisi masih belum berubah. #99 masih di depan, disusul Pedrosa, Carl, Bautista, Stoner, Dovi, Bradl, Rossi.
      Akhirnya di lap tersisa 13 lap lagi, Pedrosa berhasil overtake #99. Mudah-mudahan posisi ini berlangsung hingga akhir race. Entah Yamaha bermasalah, atau JL sengaja bermain aman. Saya menduga JL bermain aman, mengingat posisinya dalam perebutan juara dunia akan tetap aman, asalkan dia bisa terus mendulang poin. Suatu hal berbeda ketika melihat Marc yang sudah di posisi pasti juara masih ngotot untuk mendulang poin.
      Kini Pedrosa sedang berusaha membuat gap dengan JL, mengingat Honda mampu melakukan ini.
      Di lap sisa 10 lap lagi, terlihat battle seru antara Carl dan Bautista. Dua tim satelit berbeda pabrik ini saling berduel sengit. Bautista sekarang jauh meninggalkan Stoner di belakang. Mereka berdua berhasil membuat gap jauh.
      Pedrosa sendiri pun sedang membuat gap, begitupun JL pun sengaja membuat gap dengan bermain aman. Yah, pilihan sebagai pebalap yang sudah matang, bermain aman saat posisi sudah di puncak. Tapi jelas bukan pebalap sejati.
      Posisi Stoner sendiri berhasil direbut Dovi. Kini Dovi berada di depan Stoner dan mereka berebut posisi.
      Over all, terjadi beberapa battle : pertama adalah Pedrosa dan JL, kedua Carl dan Bautista, ketiga Dovi dan Stoner. Namun untuk battle pertama sepertinya bukan battle, karena JL rupanya resmi mengalah pada Pedrosa. Itu pendapat pribadi saya. Karena sangat tidak mungkin penampilan impresif Yamaha di awal start hanya sampai di situ, ini bulsyit! Jelas, ini strategi JL bermain aman untuk gelar juara dunia, seperti yang dilakukan Hayden saat gelar juara dunia 2006.
      Di sisi lain ternyata ada battle keempat terjadi, antara Hayden dengan pebalap Yamaha M1 dengan kelir hitam, entah siapa dia. Hayden berada di posisi memimpin di battle itu.
      Di battle kedua, Bautista akhirnya bisa memimpin Carl. Tak lama, Carl mampu merebut posisinya dari Bautista. Tidak lama pula Bautista kembali memimpin. Sunggu battle yang seru antara dua tim satelit beda pabrik. Satelit Honda terlihat lebih mendominasi didukung dengan penampilan sempurna Bautista. Carl pun tak buruk, hanya saja berada di motor yang relatif kurang kencang.
      Sampai dua lap menjelang finish posisi nya masih Pedrosa, JL, Bautista, Carl, Dovi, Stoner, Bradl, Rossi.
      Hingga pada akhirnyanya, last lap, battle antara Bautista dan Carl dimenangkan Bautista. Carl terlempar saat ditikungan. Ternyata karena kehabisan bensin.
      Posisi terakhir adalah juara di seri ini, Pedrosa, JL, Bautista, Dovi, Stoner, Bradl, Rossi.
      Meski juaranya Pedrosa, salute untuk Stoner yang mau turun di Motegi ini, meski tidak bisa maksimal, tapi apa yang ditampilkannya sangat maksimal buat Honda! Bravo Honda! Selamat Pedrosa!

      Hapus
  17. Menjelang MotoGP Sepang, Malaysia 2012. Sebentar lagi motogp Sepang di gelar. Saat sy memposting ini pun moto 3 sudah race.
    Tahun lalu, motogp Sepang jadi motogp dengan penuh kedukaan. Motogp kehilangan pebalap muda Super Sic #58, yang meninggal setelah insiden kecelakaan bersama beberapa pebalap.
    Musim 2012 ini, motogp juga sekaligus mengenang masa itu, mengingat kiprah Super Sic di ajang motogp.

    Kualifikasi motogp Sepang telah usai digelar. Posisi pole diisi #99. Posisi selanjutnya disusul Dani, Dovi, Stoner, Carl, Spies, Barbera, Bradl, Hayden, Bautista. Rossi sendiri berada di posisi ke-11.
    Mengenai hasil race akan sy sampaikan di postingan setelah ini.
    Harapan sy tetap pada duo Honda Repsol, Dani dan Stoner. Posisi 1 dan 2 mudah2an bisa diraih. (ˇʃƪˇ) for Honda! Bravo Honda!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Catatan dari race Moto 2 :
      Race moto 2 dilangsungkan dengan kondisi basah, hujan yang mengguyur membuat race sedikit didelay.
      Pada race kali ini cukup banyak pebalap yang terpaksa harus tergelincir dan keluar race, pada awal race sudah dibuka oleh pebalap Jepang yang tergelincir ketika posisi memimpin di tikungan pertama.
      Bahkan Marc yang sedianya akan merayakan gelar juara dunia nya di Sepang bila dia berhasil finish dan mendapat poin, terpaksa harus gigit jari. Marc tergelincir dan jatuh k gravel. Kecewa sekali terpancar dari raut muka Marc. Namun ini bukan masalah, karena ini hanya juara dunia yang tertunda.
      Menarik sekali adalah penampilan pebalap wild card Malaysia, Syahrin. Start dari posisi 27 berhasil mengakhiri race di posisi ketiga, bahkan sempat memimpin posisi pertama saat race dan beradu overtacking dengan pebalap dunia. Karena hujan yang kembali mengguyur Syahrin akhirnya melorot dan aman di posisi keempat. Posisi yang fantastis untuk pebalap wild card. Publik Malay terhibur dengan penampilannya itu.
      Karena hujan mengguyur semakin deras, red flag terpaksa dikibarkan, padahal batle sedang terjadi di posisi 1 2 3. Namun apa dikata, hujan yang semakin deras memaksa penyelenggara menghentikan race. Akhirnya posisi juara diraih De Angelis, Antony West, Gino Rea.
      Race Moto 2 ini luar biasa ... Mantab ;) saya sendiri puas menontonnya karena race tidak monoton. Bravo Moto 2!

      Hapus
    2. Catatan dari race motogp :
      Start dimulai, #99 langsung ke depan, disusul Pedrosa dan Stoner, Bradl, Rossi. Posisi ini hanya sementara.
      Lorenzo terlihat mulai membuat gap dengan Pedrosa di belakangnya. Menarik di posisi keempat, Rossi sepertinya berusaha menyodok ingin melewati Bradl. Stoner masih di posisi ketiga, kemudian disusul Bradl dan kemudian Rossi.
      Akhirnya Rossi mampu menyalip Bradl dan berada di belakang Stoner.
      Lorenzo sendiri berhasil membuat gap dengan Pedrosa.
      Terlihat battle antara Rossi dan Dovi untuk posisi keempat. Dan sementara Dovi memenangkannya untuk posisi keempat.
      Posisi Lorenzo masih di tempat yang aman, terpaut gap yang cukup dengan Pedrosa. Stoner sendiri pun terpaut gap yang cukup jauh dengan Pedrosa.
      Di 18 lap terakhir, terlihat Pedrosa mulai mendekati Lorenzo. Terjadi battle di posisi ini. Kemampuan engine Yamaha di wet race ini terlihat mumpuni. Honda terpantau sedikit kewalahan mengejarnya. Pedrosa masih mengunci posisi Lorenzo di depan, sambil menunggu timing yang tepat. Stoner sendiri sudah tak terlihat di belakang, rupanya Lorenzo dan Pedrosa mampu membuat gap dengan pebalap di posisi ketiga.
      Di 16 lap terakhir posisi di belakang Stoner diisi Dovi, kemudian Rossi dan Bradl kemudian Hayden. Dovi terlihat ngotot untuk mengejar Stoner di depannya.
      Di track lurus, Honda terlihat tidak seperti biasanya bila di sirkuit kering. Honda seperti tertinggal di kondisi wet race. Honda tampak kewalahan mengejar Lorenzo di depan.
      Di 12 lap terakhir posisinya masih sama, tidak ada yang berubah. Race masih terlihat monoton. Tidak ada intrik-intrik overtacking yang terjadi. Terlihat masing-masing pebalap bermain aman. Di sisi lain terpantau Spies kembali mengalami nasib nahas, dy mengalami crash, sepertinya mengerang kesakitan di atas gravel.
      Terpantau juga Dovi mengalami crash dan terpaksa out of race. Rossi sendiri pun sudah tak terpantau di standings race.
      Di sisa 11 lap terakhir, buah manis Pedrosa menguntit Lorenzo berakhir, Pedrosa berhasil merebut posisi satu dari Lorenzo. Kini Pedrosa berusaha membuat gap dengan Lorenzo.
      Posisi di belakang Stoner kini terisi Hayden. Carl sendiri terpantau mengalami crash. Tak lama di posisi Carl jatuh, Randy de Puniet pun crash dan tergusur ke gravel. Bradl pun terpantau terlempar ke gravel dan out of race.
      Posisi di belakang Stoner rupanya banyak berubah. Hayden mengamankan posisi keempat, disusul Bautista, kemudian Rossi.
      Pedrosa sendiri berhasil membuat gap dengan Lorenzo. Namun melihat banyak pebalap bergelimpangan, Pedrosa wajib waspada.
      Rossi terpantau battle dengan Bautista merebutkan posisi kelima. Sementara Rossi berada di depan disusul Bautista. Rossi pun berhasil menjauh dari Bautista.
      Terpantau pula Ivan Silva terpental dari tunggangannya ketika akan menikung. Cukup banyak pebalap yang out of race pada wet race Sepang ini. Pedrosa sendiri di dua lap terakhir berhasil menjauh dari Lorenzo yang kembali bermain aman. Soft kompon yang digunakan di ban belakang membuat Lorenzo kepayahan.
      Pada akhirnya situasi race tiba-tiba hujan deras, dengan sangat payah race kali ini di red flag di sisa beberapa lap saja. Mirip seperti race pada moto 2, yang berbeda hanya race motogp ini sisa lap masih banyak.
      Keputusan Rice Direction yang diambil adalah race akan dilakukan restart untuk 7 lap tersisa. Dengan posisi Pedrosa, Lorenzo, Stoner, Hayden, Rossi, Bautista. Terpantau hujan semakin lebat, visibility yang terlihat semakin kurang jelas.
      Akhirnya race diputuskan untuk untuk dihentikan, dan hasilnya adalah tetap di posisi Pedrosa, Lorenzo, Stoner. Peluang Pedrosa masih ada, berjuang terus Pedrosa, tunjukkan kemampuan mu. Buktikan Honda tak salah mempertahankan mu! Bravo Pedrosa!

      Hapus
  18. Menjelang motogp seri Australia, Philips Island :
    Kualifikasi motogp seri Aus telah usai digelar. Stoner akhirnya mampu merajai sesi kualifikasi. Hasilnya yg menurut sy sempurna, karena Free Practice 1 hingga 3 disapu bersih oleh Stoner.
    Di posisi kedua ditempati #99, dan ketiga oleh Pedrosa. Pedrosa sempat tampil apik di FP2. Overall hanya 3 nama inilah yang mendominasi sejak FP awal hingga kualifikasi.
    Stoner sendiri ingin memperoleh hasil bagus di kandang sebelum dirinya pensiun.
    Hasil race bisa dilihat esok. Sy berharap ada mukjijat terjadi di sini, sama ketika mukjijat ketika Hayden saat memperkuat Repsol Honda memperoleh gelar juara dunia tahun 2006. Semoga demikian. Bravo Honda!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara keseluruhan motogp seri ini sy tdk bs menonton. Sungguh menyayangkan. Tuntutan pekerjaan memaksa smw ini terjadi!

      Hasil moto2 yg sy peroleh adalah, kepastian gelar juara dunia Marc. Pada race seri ini Marc hanya menghuni podium ketiga. Podium pertama diisi Espargaro, West. Meski begitu, gelar juara dunia sudah cukup mengantar Marc untuk masuk gerbang kelas yg lbh tinggi, kelas para raja, motogp.

      Hasil motogp :
      Bwt sy hasil race ini sungguh buruk, mukjijat yg sy harapkan bagi Pedrosa tdk terjadi, malah nasib sial yg dhadapi Pedrosa. Kans untuk meraih title juara dunia pupus sudah. #99 berhasil mengunci title setelah Pedrosa crash ketika dy sedang memimpin di lap awal.
      Meski begitu hiburan untuk tim mampu diberikan oleh Stoner, yg sedari awal sdh menampilkan penampilan yg impresif. Stoner berhasil menang di seri ini, dan memastikan 6x menang di sirkuit ini. Stoner jd raja di sirkuit ini. Kemenangan ini juga dijadikan kado terakhir sebelum dirinya pensiun. Kemenangan yg menarik ketika dy bertanding di kandangnya sendiri, di depan publik pendukungnya.
      Di tempat ketiga disusul Carl, setelah bertarung sengit dg rekan setimnya Dovi. Rossi sendiri hanya berada di posisi ketujuh.
      Overall meski sy tdk menonton race kali ini, sy jujur kecewa, kecewa berat. Ketika title juara dunia tdk bisa diamankan Honda.
      Karena u/ musim depan kans Honda akan sdkt sulit. Why?
      Yamaha diperkuat pebalap dg mental juara. Sedangkan Honda bisa dikatakan 50:50. Marc sendiri memang impresif di moto2, tetapi entah di motogp, kita belum tau seperti apa. Kemudian, Pedrosa, selalu krg beruntung, yg sllu menempatkan dirinya menjadi nomor dua. Pedrosa pun kerap telat panas. Terbukti di musim ini, ketika musim hampir berakhir, jiwa petarungnya baru muncul diakhir. Sehingga ketika 2x nasib sial menghantui, apa yg dy peroleh seakan-akan sia-sia belaka. SanMarino dan Philps Island adalah nasib sial bagi Pedrosa musim ini. Semoga musim depan bisa berubah.
      Kuda hitam skr tinggal ditunjukan oleh Dovi nanti bersama tim baru, Ducati Pabrikan. Dan Spies yg bergabung bersama Pramac Ducati. Sy berharap mereka bisa berhasil di tim baru.

      Hapus
  19. Seri terakhir motogp sebentar lagi akan digelar, seri terakhir di musim 2012.
    Seri ini akan digelar di Spanyol, Ricardo Tormo, Valencia. Pemastian gelar juara dunia sudah dipastikan. Kali ini race akan jadi ajang pembuktian bagi Pedrosa, Stoner sebagai kado terakhir perpisahan sebelum pensiun dan JL pembuktiannya atas gelar juara dunia yang telah diraih.
    Selama sesi percobaan free practice 1 2, trio motogp ini tidak banyak mengambil peran. Kondisi sikruit yang hujan dan lembab membuat semuanya lain. Pada FP3 barulah trio motogp unjuk gigi dan Pedrosa memimpin kala itu.
    Hingga pada sesi kualifikasi Pedrosa punya kecepatan baik dan diakhir menit kualifikasi Pedorsa meraih pole dari tangan JL.
    Stoner sendiri berada di posisi 3 start. Stoner sendiri tidak berada di performa terbaiknya, kendala setingan motor membuatnya sedikit frustasi.
    Mengenai nanti sore jalannya race bagaimana? Kita tunggu sj.
    Sy berharap duo Honda bisa terdepan, di 1 dan 2. Bravo Honda!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hasil race motogp Valencia baru bisa saya posting. Hasilnya buat saya adalah kegembiraan di sesi penutup seri 2012. Why? Karena di seri terakhir ini HRC mampu menutup hasil dengan baik, meskipun tidak berhasil memboyong gelar juara dunia pada pebalapnya.
      Namun di seri pamungkas ini Pedrosa berhasil menduduki podium pertama dan mengumpulkan kemenangan terbanyak, yakni sebanyak 7 kali naik podium puncak. Kemudian di Stoner bisa menutup karirnya di seri terakhir di posisi ketiga dan posisi yang sama di klasemen pebalap.
      Yang memuaskan bagi saya ketika Lorenzo gagal finish akibat crash. Lorenzo gagal melakukan selebrasi atas juara dunianya di Valencia, di kandangnya.
      itu saja yang bisa saya rangkum. Saya tidak mecatat jalannya race karena saya terlalu gembira saat Lorenzo jatuh mencium aspal.
      Sampai jumpa di seri 2013 musim berikutnya. Mudah-mudahan postingan macam ini akan berlanjut di musim depan, dan Honda Repsol mampu memboyong gelar juara dunia dan juara konstruktor. Bravo Honda Repsol!!!!!!!!!

      Hapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6