Rilis Jarak (2)


Pada edisi yang pertama sudah disampaikan beberapa jarak dari lokasi-lokasi tertentu. Kini saya coba publikasikan lagi hasil hitungan jarak dari lokasi-lokai lain. Rute ini biasa saya gunakan untuk mengantar atau menjemput pacar saya yang berkantor di Pos Pengumben, Jakarta Barat. Secara umum rute untuk mengantar dan atau menjemput selalu via Kemang dan untuk pulangnya via Pasar Minggu.
Namun ada beberapa rute berangkat yang saya gunakan melalui jalan tikus, untuk menghindari kemacetan saat di Tanjung Barat, dan kemacetan saat di Jalan Panjang menuju Pos Pengumben. Jalan tikus yang di Tanjung Barat saya pakai jalan ... Dan untuk jalan tikus yang biasa saya pakai untuk menuju Pos Pengumben, yaitu Jl. H. Saleh I dan II, kedua jalan itu membawa saya menuju PT AMS tanpa harus bermacet-macet ria, namun mungkin jarak tempuhnya yang sedikit berbeda beberapa kilometer. Berikut ini perbandingannya serta beberapa rute jarak lainnya bisa dilihat di tabel di bawah ini :
Asal – Tujuan
Rute
Jarak
Nol – SPBU (samping LIA Margonda)
Via Margonda Raya (arah menuju Citayam)
2,3 km
Nol – Gg. Buntu
Via Margonda Raya (arah menuju Citayam)
4,6 km
Gg. Buntu – AMS
Depok-LA-TB-via jalan tikus-perempatan Ragunan-Buncit-Pejaten-Kemang-BM-SMA70/blkg Kejagung-tembus Simprug-Jalan Panjang-via H.Saleh I-AMS
31,1 km
AMS – Depok AksesUI (rentalan komputer)
AMS- via H.Saleh I- Jalan Panjang-Simprug-tembus Kemang-Pejaten-Pasar Minggu-TB-LA-Depok AksesUI (rentalan komputer)
26,2 km
Nol - AMS
Depok-LA-TB- via jalan tikus-perempatan Ragunan-Buncit-Pejaten-Kemang-BM-SMA70/blkg Kejagung-tembus Simprug- Jalan Panjang- via H.Saleh II-AMS
29,3 km
AMS – Nol
AMS-Pos Pengumben-Jalan Panjang-Simprug-tembus Kemang-Pejaten-Pasar Minggu-TB-LA-Nol
25,6 km
Nol – AMS
Depok-LA-TB-via jalan tikus-perempatan Ragunan-Buncit-Pejaten-Kemang-BM-SMA70/blkg Kejagung-tembus Simprug-Jalan Panjang-Pos Pengumben-AMS
28,2 km
Ket :
Nol = Titik berangkat dari H. Yahya Nuh “Yulimar”
Gg. Buntu = Jalan Margonda Raya No. 28A
TB = Tanjung Barat
LA = Lenteng Agung
BM = Blok M

Dari rilis jarak (1) dan (2) ada beberapa perbedaan yang jadi catatan saya. Misalnya, dari titik Nol menuju Gg. Buntu yaitu 4,6 km, ternyata jaraknya lebih dekat dibandingkan Gg. Buntu menuju titik Nol yaitu 5,6. Perbedaan ini terletak pada, saat dari Nol menuju Gg. Buntu, jalannya searah yakni menuju Citayam, baru nanti bertemu pertigaan setelah BRI Syariah Margonda baru putar arah balik. Namun sebaliknya dari Gg. Buntu menuju Nol putar baliknya cukup jauh, yakni di U-Turn Margonda Residence. Selisihnya hampir 1 km sendiri.
Kemudian untuk jarak dari titik Nol menuju AMS atau sebaliknya, dari tabel tersebut bisa dipilih jarak mana yang paling dekat. Kalau untuk rute berangkat dan sudah di Jalan Panjang, kalau menuju Pos Pengumben tidak macet, lebih baik langsung via Pos Pengumben saja, tidak usah via H. Saleh I/II. Begitu pun untuk jalur balik menuju titik nol. Mengenai jalan tikus H. Saleh, jarak terdekat bisa kita memilih H. Saleh I, karena kalau H. Saleh II kita harus dua kali berbelok.
Mengenai perbedaan penggunaan rute pulang atau berangkat, untuk rute pulang yang menggunakan rute perempatan ragunan-TB Simatupang-putar balik di Ranco baru kemudian masuk Tanjung Barat lalu Lenteng Agung, saya belum coba mencatatnya. Mungkin di edisi berikutnya. Tetapi untuk berangkat menuju AMS disarankan via perempatan Ragunan, Buncit, Pejaten untuk masuk ke Kemang karena kalau pun terjadi kemacetan masih wajar. Daripada kita memilih rute Pasar Minggu kemudian Pejaten baru masuk Kemang. Sekali lagi untuk jaraknya belum saya hitung lebih lanjut.
Pilihan jarak mana yang akan ditempuh, lebih jauh sedikit asalkan masih wajar masih jadi pilihan, daripada harus macet dengan kendaraan yang bergerak sejengkal-demi-jengkal, membuat mesin panas dan badan lebih terasa capek. Jalan tikus dipilih memang memberi jarak lebih jauh, namun kondisi kendaraan berjalan akan mengurangi panas mesin, karena angin mengalir, kemudian juga jalan tikus lebih memberi kesejukan daripada jalan biasa yang penuh kemacetan.
Sekian dulu postingannya, mungkin bagi yang membaca postingan pertama dan kedua ini pasti kebingungan. Maklum ini diposting dadakan, hasil di dapat langsung saya posting, mumpung ada waktu. Waktu untuk editingnya tidak ada, jadi data setengah jadi ini saya langsung postingkan saja. Mohon maaf juga, maklum masih amatir, karena masih proses belajar menulis, mengatur alur dsb, sambil menyelam minum air, sambil mencoba berlatih sambil belajar. Sampai bertemu di rilis jarak berikutnya. Cpr.

Posting Komentar

2 Komentar

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6