Nikmatnya Kelapa Muda


Es kelapa muda, uh, nikmatnya, apabila kita meminumnya disaat hari panas terik, saat benar-benar dahaga sedang menyerang. Rasa segar langsung terasa melewati kerongkongan kita hingga turun ke perut akhirnya menyebar ke seluruh tubuh, tubuh yang tadinya lemas karena dehidrasi seperti kembali segar dan bersemangat. Air kelapa murni memang dipercaya berkhasiat bagi tubuh. Malah sampai ada produk minuman ion yang menggunakan air kelapa sebagai bahannya bakunya.
Ada yang menarik yang baru saya ketahui tentang pohon kelapa. Ternyata dalam mitologi Hindu dan menurut Kitab Suci Weda, kelapa merupakan “pohon surgawi”. Konon Dewa Wisnu membawa pohon kelapa sebagai sumber kesehatan, ketenangan, panjang usia dan kedamaian. Dari mitologi itu kalau dari logika saya memang benar pohon kelapa memiliki itu semua. Kesehatan, buah kelapa memang punya khasiat tertentu bagi kesehatan. Ketenangan dan kedamaian, kita pun bisa merasakannya bila kita duduk di bawah pohon kelapa, benar-benar terasa tenang dan damai, apalagi di pinggir pantai. Tapi hati-hati, lihat dulu di pohonnya banyak buahnya atau tidak, jangan sampai buah kelapa jatuh menimpa kepala kita, kita tahu buahnya cukup keras bukan. Untuk panjang usia, mungkin karena filosofi batang kelapa yang memanjang, menandakan panjangnya umur.
Buah yang terlihat dan memang keras tapi di dalamnya mengandung air yang bisa memberi kesegaran sekaligus ion-ion alami yang dibutuhkan tubuh. Tidak hanya air yang bisa kita nikmati dari buah yang keras ini, tetapi ada daging buahnya yang bewarna putih. Lebih nikmat bila yang kita nikmati adalah kelapa muda, karena daging buahnya begitu lembut, menambah kesegaran ketika kita menyantap es kelapa muda.
Nikmatnya menikmati es kelapa muda bila kita konsumsi langsung langsung dari butir kelapa. Jadi butir kelapa yang masih muda dipilih lalu dibuka sedikit bagian atasnya, beri sedikit es batu, sedikit gula, lalu langsung kita santap. Rasanya nikmat sekali, ditemani sendok atau cuilan kulit kelapa untuk mengeruk daging kelapa muda tersebut. Kelapa muda per butir di sekitaran Margonda Depok dijual Rp 6.000,00. Bila kita ingin praktis, minum di plastik atau gelas, harganya sekitar Rp 3.000,00.
Di Flores, Nusa Tenggara Timur, kampung saya punya nenek. Di sana banyak terdapat pohon kelapa, karena memang di sana dekat dengan laut, tepatnya di pesisir. Jadi untuk menikmati kelapa muda segar bisa langsung dipetik dari pohonnya, dengan memanjat dulu tentunya. Orang di sana sudah mahir dalam memanjat pohon kelapa, pohon-pohon yang tinggi dapat dengan mudah dipanjatnya. Kelapanya tak kalah segar dari kelapa-kelapa yang ada di Pulau Jawa. Tanpa ditambah gula, air kelapanya sudah cukup manis, benar-benar segar, apalagi kita nikmati sembari ‘nge-bolang’, duduk di bawah pohon kelapa di pinggir pantai. Dengan meminumnya sambil menenggak langsung, mirip ‘pendekar mabuk’.
Kelapa tertentu punya khasiat obat ternyata, yaitu kelapa ijo. Biasanya dijual per butir Rp 7.000,00 – Rp 15.000,00. Itu kisaran harga saya peroleh sewaktu di Cirebon. Saya sudah pernah menyaksikan sendiri manfaat dari kelapa ijo. Kelapa ijo, terutama airnya, berkhasiat untuk menawarkan racun, mungkin lebih tepatnya menetralisir racun. Pengalaman yang saya tahu itu, ketika adik saya keracunan makanan dari sebuah warung tegal, dia kebetulan makan lauk bukur, sejenis kerang. Setelah dia makan, perutnya langsung sakit, dia sempet bolak-balik beberapa kali buang air besar, sampai dia lemas, ditambah perutnya mual-mual hingga muntah. Namun saat muntah tidak banyak yang bisa dikeluarkan. Karena bingung harus berbuat apa, terlintas air kelapa ijo bisa membantu saat sedang keracunan. Saya langsung mencari air kelapa hijau, kalau tidak salah butuh dua butir kelapa. Air kelapa butir pertama, diminumkan pada adik saya, tak lama berselang, adik saya kembali muntah, tapi kini berbeda, muntahannya mengeluarkan  semua makanan yang tadi dimakan di warung tegal. Bukur yang menjadi dugaan penyebab keracunan pun dipaksa keluar. Air kelapa butir pertama habis, dilanjutkan butir kedua, setelah meminumnya tak lama berselang adik saya muntah kembali, namun kali ini yang dimuntahkan hanya air dan sisa-sisa nasi yang dimakan tadi. Sampai akhirnya rasa ingin muntah tak lagi datang. Setelah itu, kondisi adik saya kembali membaik, perutnya tak lagi berkontraksi dan akhirnya berangsur-angsur normal. Itulah manfaat air kelapa ijo yang saya bisa lihat langsung. Mantab!
Kelapa ijo memang jenis kelapa yang berkhasiat dibandingkan kelapa umumnya, oleh karena itu harga kelapa ini lebih mahal. Kelapa ijo merupakan salah satu jenis dari berbagai spesies pada pohon kelapa. Secara fisik sangat sulit untuk membedakan antara kelapa hijau dengan kelapa ijo. Tapi setelah dibelah, baru terlihat perbedaannya, kelapa ijo jika dikupas, seratnya berwarna merah. Rasa airnya rada pahit, tidak seperti kelapa hijau biasa yang segar kendati tidak dicampur gula. Dengan informasi ini bisa jadi panduan, agar tidak ditipu sama penjual kelapa.
Manfaat kelapa ijo tak hanya sebagai penawar racun, namun juga bisa untuk panas dalam, sembelit, demam berdarah, cacingan, disentri. Bila digunakan untuk membasuh muka, juga bisa menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit muka, mengencangkan kulit, dan bila digunakan untuk keramas bisa mencegah timbulnya uban. Bila untuk perawatan rambut, biasanya dibuat kopyor terlebih dahulu. Tante saya dari Flores, NTT biasa menggunakannya untuk keramas, namun baunya setelah keramas dengan kelapa kopyor itu bau rambut jadi tidak sedap, mending kalau buat keramas sesekali, kalau untuk sehari-hari jangan deh, mengganggu orang sekitar kita,  ya maklum itu cara tradisional merawat rambut.
Sebagai tambahan informasi untuk postingan ini, saya juga cari informasi mengenai manfaat kelapa, biasa, saya cari melalui google dan menemukan banyak informasi. Ternyata air kelapa ini juga berfungsi sebagai diuretik atau memperlancar air kencing; kemudian bila air kelapa dicampur air jeruk sitrun lalu kemudian diminum akan membantu mengurangi dehidrasi; lalu kemudian air kelapa yang dicampurkan dengan bubuk kunyit dan air kapur sirih dapat menghilangkan rasa panas akibat terbakar; kemudian dapat juga dikonsumsi dalam penyembuhan sakit demam berdarah, caranya dengan mencampurkan air kelapa muda dengan air perasan jeruk nipis, sedikit garam dan madu, diminumkan sehari tiga kali; mencuci muka dengan air kelapa secara rutin setiap hari dapat menyembuhkan atau melenyapkan jerawat, noda-noda hitam, kerutan pada wajah yang datang lebih dini, kulit mengering, dan wajah akan menjadi tampak berseri; campuran air kelapa dengan sedikit madu membentu merangsang pusat-pusat seksual tubuh dan meniadakan akibat buruk gairah seksual berlebih. Ada pula tradisi turun-temurun, bila ibu hamil memperbanyak minum air kelapa muda, terutama dari kelapa ijo, maka air ketuban akan bersih dan bayi yang dilahirkan juga bersih kulitnya, lebat rambutnya dan bening matanya.
Masih banyak lagi informasi yang bisa diperoleh mengenai kelapa, anda bisa juga mengunjungi link terkait di bawah ini, yang juga jadi sumber informasi di postingan saya ini. Cpr.

Sumber terkait :
majalahkesehatan.com – 5 Khasiat Air Kelapa Muda Bagi Ibu Hamil, 6 November 2009 diakses tanggal 21 Mei 2011

Posting Komentar

1 Komentar

  1. D warung es kelapa margonda, sebelum tugu jam, kiri jalan klo dri arah ITC skr harganya sudah naik, skr berkisar Rp 7.000 - Rp 8.000 sebutir.

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6