Mensiasati Cetak Foto Murah Meriah


Bagi mahasiswa atau pengangguran (pencari kerja), pas foto memang jadi kebutuhan utama. Nah, pas foto yang sering dibutuhkan biasanya ukuran 2x3, 3x4 atau 4x6. Itu foto ukuran standar yang biasa dijadikan syarat sesuatu. Seperti untuk syarat buat kartu perpustakaan ya pakai pas foto, untuk syarat buat surat tertentu ya butuh pas foto, kemudian untuk syarat melamar kerja harus menyediakan pas foto dsb.
Kita tahu, kalau harus cetak foto di studio pasti memakan waktu relatif lama, sudah begitu harganya sudah pasti mahal. Memang untuk kualitas lebih baik, kertas fotonya pun berkualitas dan cetakan warnanya pun baik serta tahan lama. Untuk waktu cetakan, memang sekarang sudah banyak studio yang punya pelayanan prima, cetak atau afdruk foto bisa ditunggu ± 30 menit.
Bagi mahasiswa atau pencari kerja, urusan mahal pasti jadi kendala. Maklum kondisi keuangannya serba terbatas, oleh karena itu harus sedikit kreatif menyikapi hal ini. Untuk mencetak pas foto saya ada tips yang bisa saya bagikan, kita gunakan cara ini. 
Kita cari kertas foto glossy, ukuran HVS atau kwarto, cari saja yang kertasnya berkualitas baik, paling harganya Rp 1.500,00 – Rp 2.500,00 per lembar, yang jelas masih sangat terjangkau. Lalu cari rentalan prin-prinan yang sudah kita percaya, kualitas cetaknya baik, terutama untuk cetakan warna. Kalau sudah deal dengan tempat rentalan dimana akan mencetak, sebelumnya kita tanya dulu, biaya cetaknya berapa. Biasanya itu berkisar Rp 2.000,00 – Rp 6.000,00. Saya sampaikan kira-kira harga batas bawah dan batas atas.

Ilustrasi foto cetak di rentalan, kombinasi ukuran 2x3, 3x4 dan 4x6
Pengalaman saya di daerah Depok, di sekitaran kampus Gunadarma, kena biaya Rp 5.000,00 itu sudah termasuk kertas foto ukuran kwarto. Sudah termasuk murah itu. Kalau di Kota Cirebon, tepatnya di Kurnia, Perumnas Rp 6.000,00. Nah satu lembar kertas itu, untuk ukuran 3x4 bisa diisi foto yang akan dicetak matrik 5x5, sedangkan untuk yang ukuran 4x6 bisa diisi foto yang akan dicetak matrik 4x4. Jadi total untuk ukuran 3x4 bisa jadi pas foto 25 biji dan ukuran 4x6 bisa jadi 16 biji. Cukup murah bukan. Bila kita mencetak di studio harganya Rp 1.250,00 per biji, untuk ukuran masing-masing sama harganya.
Mencetak di rentalan
Mencetak di studio
Ukuran 3x4

Ukuran 3x4

Jadi cetak 25 biji
Rp 5.000
@Rp 1.250 x 25 biji
Rp 31.250




Ukuran 4x6

Ukuran 4x6

Jadi cetak 16 biji
Rp 5.000
@Rp 1.250 x 16 biji
Rp 20.000
TOTAL
Rp 10.000
TOTAL
Rp 51.250
Selisihnya Rp 41.250
Dari tabel di atas, perbedaan biayanya terlihat bukan? Selisihnya lumayan besar, lebih baik uang sebesar itu kita gunakan untuk hal lain yang lebih penting. Nah, ini cara mengirit ala mahasiswa atau pengangguran. Stok foto berlimpah tanpa harus kehilangan banyak uang.
Kualitas dari cetakan di rentalan tidak jauh berbeda. Kita tahu, printer jaman sekarang sudah cukup canggih. Kualitas cetakan untuk foto benar-benar diperhatikan, oleh karena itu tidak kalah dengan hasil cetakan studio. Namun untuk ketahanan cetakan, memang untuk cetak di studio masih lebih baik.
Cari yang saya sampaikan di atas bisa jadi pilihan untuk mengurangi biaya. Namun bila untuk foto-foto resmi, seperti untuk ijasah dan surat penting lainnya, disarankan gunakan cetakan dari studio, untuk kualitas yang lebih terjamin dan tahan lama. Selamat mencoba, ini hanya saran saja. Berbagi pengalaman bagi yang punya dana minim tapi butuh cetak pas foto. Cpr.

Posting Komentar

0 Komentar