Trip Mancing 19 Maret 2011, 15.00-21.30

Trip mancing kali ini merupakan trip pengganti, karena rencananya minggu ini akan trip ke laut dengan kapal, namun karena beberapa personel kondisi sedang tidak fit akhirnya ditunda untuk waktu yang belum bisa ditentukan, kemungkinan dua minggu lagi. Trip ini dipilih karena kebetulan langit sedang cerah dan bertepatan sedang akan pasang setinggi-tingginya karena tepat hari ini, malam akan terjadi fenomena alam supermoon. Namun ternyata fenomena ini terkesan biasa saja, tidak ada yang istimewanya. Laut yang diperkirakan pasang tinggi belum terlihat sampai pukul 21.30, malah sama saja seperti pasang-pasang sebelumnya, bahkan pasang kali ini lebih rendah dari pasang biasanya. Yang jelas fenomena supermoon yang sudah ditunggu sejak sore tidak memukau, biasa saja. Katanya sih puncaknya Minggu pukul 02.15. Tapi sekarang bukan tempatnya untuk membahas tentang fenomena yang tidak mengesankan ini.
Trip kali ini awalnya hanya diikuti saya dan Alpin. Kami berangkat pukul 14.00, suasana saat itu bisa dibilang cerah. Hanya langit dibagian tertentu arah gunung Ciremai terlihat mendung, namun langit di arah utara cerah-cerah saja, malah cenderung panas terik. Lokasinya seperti biasa break water pelabuhan Cirebon. Kami sampai di lokasi sekitar pukul 15.00, dan mulai melempar umpan. Tarikan ikan sih sepi-sepi saja, ikan yang didapat pun jarang-jarang. Ikan pertama berhasil strike oleh Alpin, petek kecil langsung dilepas kembali. Sekitar pukul 16.00, datang personel baru, Ari (wonder woman). Ari ini teman kami, meskipun dia cewe tapi mempunyai hobi yang sama yaitu senang mancing.
Kerapu hasil strike Ari
Kedatangan Ari membuat keberuntungan buat saya, ikan pertama saya berhasil strike, gelama jumbo, sama seperti yang Alpin dapatkan beberapa minggu lalu. Luar biasa senangnya. Mantab! Ari pun berhasil menaikkan kerapu. Berawal dari pemberatnya nyantel di karang terbawa kerapu yang bersembunyi, tetapi dengan sedikit keberuntungan kerapu bisa diangkat, strike, mantab! Tidak besar memang, namun ini ikan pertama buat Ari. Ari pun sempat strike satu ikan, entah ikan apa, namun karena terlalu bersemangat mengangkat ikan, ikan terlepas kembali.  Ari akhirnya menyudahi trip terlebih dahulu, karena hari sudah magrib dan dia cewe, tidak enak dengan orang-orang sekitar katanya.
Sembilang strike-nya Alpin. Cukup sulit juga melepas kail dari mulut ikan ini, sampai harus mematahkan 3 patilnya.
Trip tetap saya dan Alpin lanjutkan dan memang menjadi trip yang menyenangkan buat kami. Sekitar menjelang magrib, terlihat beberapa ekor ikan melompat-lompat di kejauhan, seakan-akan ikan ingin menunjukkan keeksisannya, melihat tingkah ikan itu semangat kami pun muncul untuk mendapatkannya. Alpin pun masih membuktikan keberuntungannya masih tajam. Target ikan yang selama ini dicanangkan akhirnya sedikit demi sedikti tercapai. Kali ini Alpin kembali berhasil strike gelama jumbo, lebih besar dari gelama yang diperoleh beberapa minggu sebelumnya. Dan yang paling mengesankan adalah strike sembilang, cukup besar, meskipun masih ada yang lebih besar lagi. Tapi ini sudah cukup memuaskan. Saya pun berhasil strike gelama jumbo, lebih besar dari gelama yang saya peroleh tadi.
Ini dia gelama dengan berbagai ukuran. Gelama yang paling kanan adalah hasil strike gelama jumbo saya. Kedua dari kanan gelama jumbo strike-nya Alpin
Tak hanya itu saja, ikan lainnya yang berhasil terpancing adalah seperti biasa petek dan gelama kecil. Untuk petek semuanya dilepas kembali karena terlalu kecil. Untuk gelama kecil kami angkut semua untuk diolah. Total ikan yang berhasil kami bawa pulang yaitu 18 ikan, dapat lihat hasil dokumentasinya. Di foto memang hanya 16 ikan, karena yang 2 ekor gelama kecil saya berikan untuk santapan ‘kura-kura brasil’ yang saya miliki. Semua hasil tangkapan saya bawa, karena seperti biasa Alpin tak pernah mau membawa ikan pulang ke rumah.
Hasil tangkapan kami! Mantab!
Sekali lagi, rasa puas benar-benar saya rasakan malam ini. Trip kami akhiri 21.30. Selama perjalanan pulang terlihat banyak pemancing yang memanfaatkan malam yang cerah ini untuk memancing, malah ada juga yang baru datang.  Saat kami pulang kondisi laut normal dalam arti tidak terlalu berombak dan angin pun berhembus sepoi-sepoi, terang bulan terganggu awan hitam yang seperti hendak mendung. Secara keseluruhan, trip kali ini, MANTAB! Sampai jumpa di trip selanjutnya, mudah-mudahan trip laut dengan kapal bisa segera terlaksana. Salam strike! Mantab! Cpr.